Khasiat petai cina atasi diabetes

Tips bermanfaat – Jika anda menyukai makanan pedas dengan sajian sambal pete, ternyata khasiat petai baik untuk atasi diabetes. Ada juga yang membuat sajian dengan sambal udang yang dicampur dengan petai cina, selain nikmat dan menggugah selera, kandungan antioksidan dalam petai cina akan membuang radikal bebas dalam darah yang akan melancarkan metabolisme tubuh. Yang pada akhirnya banyak timbunan kotoran dalam tubuh dapat terurai dengan baik dan mempengaruhi kinerja ginjal.

petai-cinaTanaman yang tidak asing bagi kita orang Indonesia, terutama ibu-ibu yang menyukai sayuran botok, petai cina (Leucaena leucocephala) adalah tumbuhan yang memiliki batang pohon keras dan berukuran tidak besar. Daunnya majemuk terurai dalam tangkai berbilah ganda. Bunganya berjambul warna putih sering disebut cengkaruk. Buahnya mirip dengan buah petai (Parkia speciosa) tetapi ukurannya jauh lebih kecil dan berpenampang lebih tipis. Buah petai cina termasuk buah polong, berisi biji-biji kecil yang jumlahnya cukup banyak. Tanaman yang dalam bahasa Jawa juga disebut mlanding ini, oleh para petani di pedesaan sering ditanam sebagai tanaman pagar, pupuk hijau dan lain sebagainya.

Artikel terkait : Manfaat petai cina untuk berbagai penyakit

Beragam suku dan bahasa menjadikan banyak sekali penyebutan nama terhadap tumbuhan ini. Lamtoro, petai cina, pete china, peuteuy selong, kemlandingan, kamalandingan atau melandingan dan mungkin masih banyak lagi. Petai cina adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun dimasukkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan. Bahkan di beberapa negara, pohon petai cina dijadikan salah satu tanaman obat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Artikel terkait :   Bahaya sengatan ubur-ubur

KANDUNGAN PETAI CINA
Petai cina mengandung kalsium, lemak, fosfor, zat besi, protein serta vitamin A, B1 dan C. Sementara bijinya mengandung mimosin, leukanin, protein dan leukanol. Efek farmakologisnya memiliki rasa agak pahit dan bersifat netral. Tanaman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya sebagai obat kencing manis, obat cacing, peluruh urine, obat patah tulang, obat luka terpukul, obat sulit tidur atau insomnia, obat bengkak, obat radang ginjal dan obat disentri. Sedangkan akarnya dapat dimanfaatkan sebagai peluruh haid.

Dari hasil analisa laboratoritum menyatakan bahwa dalam daun petai cina terdapat zat saponin, alkaloid, flovanoid, tanin dan polifenol. Saponin merupakan salah satu senyawa yang mampu memacu pembentukan kolagen, yaitu protein struktur yang berperan dalam proses penyembuhan luka sekaligus mempunyai kemampuan sebagai pembersih sehingga efektif untuk penyembuh luka terbuka.

Selain itu, kandungan senyawa lain seperti tanin adalah polifenol tanaman yang berfungsi mengikat dan mengendapkan protein. Dalam dunia pengobatan, tanin berfungsi untuk mengobati diare, menghentikan pendarahan, dan mengobati ambeien. Fitokimia polifenol banyak terdapat pada buah–buahan dan sayur–sayuran hijau, penelitian pada hewan dan manusia menunjukan bahwa polifenol dapat mengatur kadar gula darah seperti antikanker, antioksidan, dan antimikroba.

PETAI CINA UNTUK ANTI DIABETES
Mengkonsumsi teratur petai cina nyatanya dapat menormalkan manfaat pankreas yang membuahkan hormon insulin. Seperti di ketahui, hormon insulin inilah yang menormalkan kandungan gula darah dalam tubuh pasien penyakit diabetes. Adapun langkah membuat obat penyakit diabetes dari petai cina yaitu seperti berikut :

Ambillah buah petai cina seperlunya lalu digoreng tanpa ada minyak. Setelah itu, tumbuk halus petai cina itu sampai halus berupa bubuk. Seduh 1 atau 2 sendok bubuk petai cina itu serta seduh dengan air panas seperti bikin kopi.
Mengkonsumsi teratur 1 gelas /hari bakal bikin kandungan gula darah pasien penyakit diabetes bakal normal. Dianjurkan untuk olahraga dan terus menjaga asupan makan yang memiliki kandungan gula serta makanan/minuman manis lainnya untuk tetap melindungi kadar gula darah terus normal.

Artikel terkait :   Cara menanam daun seledri di rumah sendiri

Khasiat petai cina untuk atasi penyakit diabetes dapat anda rasakan dengan konsumsi secara rutin. Tentu lakukan pengecekan secara rutin pula kandungan gula darah anda seperti biasa agar dapat mengetahui kondisi tubuh anda.

One Comment

Leave a Reply