Khasiat pisang untuk kesehatan alami

Semua orang mengenal baik buah pisang, terutama untuk meningkatkan stamina bagi orang aktif yang membutuhkan banyak nutrisi penghasil kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Khasiat pisang untuk kesehatan alami adalah fakta dimana banyak manfaat telah dirasakan oleh banyak orang yang mengkonsumsi secara rutin. Selain itu, sudah banyak yang membahas dan berjuta manfaat yang kita dapat peroleh dengan hanya mengkonsumsi secara langsung, walau berbagai olahan dapat kita sajikan dalam sajian makan setiap hari. Ada pula yang memanfaatkan buah pisang untuk kecantikan.

Menurut beberapa penbelitian yang dilakukan oleh ahli gizi makanan dan minuman, buah pisang mengandung banyak senyawa kalium yang baik untuk kesehatan alami tubuh. Pisang dapat memberikan hingga 25% kebutuhan harian kalium pada tubuh. Kalium adalah elektrolit yang membantu otot dari kram selama dan setelah latihan. Kalium juga memainkan peran penting dalam otak dan fungsi saraf, mempertahankan tekanan darah dan fungsi jantung.

Selain itu, khasiat buah pisang untuk kesehatan alami ini juga memiliki efek antacid untuk melindungi tubuh dari penyakit radang perut (gastritis), juga mengandung senyawa protease inhibitor yang melindungi perut dari bakteri jahat yang menyebabkan gangguan pencernaan. Pisang juga merangsang proliferasi sel yang mengentalkan mukosa lambung dan dapat pula bermanfaat sebagai pencegah asam lambung. Hal ini banyak dimanfaatkan untuk beberapa orang yang memiliki masalah lambung, atau dalam masa penyembuhan setelah sakit.

Selain itu, pisang dapat pula membantu membuat pencernaan menjadi lebih sehat karena kaya akan serat yang larut. Secara khusus, manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh dapat kita kelompokkan menjadi beberapa bagian besar, antara lain:

Khasiat pisang –  untuk Jantung dan Saraf
Pisang sangat tinggi kalium yang merupakan unsur penting untuk menjaga jantung dan sistem saraf. Kalium penting untuk memperbaiki kontraksi otot dan memainkan peranan penting dalam memompa jantung normal secara teratur, pencernaan dan gerakan otot. Beberapa studi menemukan bahwa asupan kalium yang rendah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan peningkatan risiko stroke. Sebagian besar dari kita tidak mendapatkan cukup kalium dalam diet sehari-hari, karena itu mengkonsumi buah pisang adalah solusinya.

Artikel terkait :   Telapak tangan berkeringat dingin?

Khasiat pisang – Untuk Kesehatan Ginjal dan Tulang
Kandungan potassuim yang tinggi dalam pisang sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan tulang. Asupan potassium yang cukup dapat membantu menekan ekskresi kalsium dalam urin dan meminimalkan risiko batu ginjal. Karena menekan ekskresi kalsium, potassium tentunya akan meminimalkan hilangnya kalsium dari tubuh kita yang pada gilirannya, mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

Khasiat pisang – Sebagai Obat Penenang Ringan
Triptofan ternyata juga ditemukan dalam pisang. Ini adalah salah satu dari 20 asam amino yang merupakan penyusun protein. Triptofan akan membantu tubuh memproduksi serotonin yang berfungsi memberikan efek menenangkan pada otak. Serotonin bertindak seperti penenang ringan, menciptakan suasana yang stabil. Penting diketahui bahwa tubuh kita tidak menghasilkantriptofan secara alami. Satu-satunya cara untuk mendapatkan asupan triptofan adalan dengan mengkonsumsi buah pisang.

Khasiat pisang – Untuk Darah
Pisang adalah salah satu sumber utama vitamin B6. Vitamin B6 memainkan peran penting dalam mengubah triptofan menjadi serotonin dan juga membantu membuat unsur penting dari darah yaitu hemoglobin. Vitamin B6 juga penting untuk memproduksi antibodi dan memelihara respon imun yang sehat. Selain membantu mengkonversi karbohidrat menjadi glukosa yang memungkinkan kita untuk menjaga tingkat gula darah yang tepat, pisang juga dapat memenuhi 1/5 dari kebutuhan harian vitamin B6 tubuh kita.

Khasiat pisang – Sumber Serat
Serat yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan laxation dan kontraksi usus halus. Diet kaya serat juga mampu menurunkan resiko penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2. Dengan mengkonsumsi pisang, kebutuhan tubuh akan serat sudah bisa terpenuhi secara normal.

Khasiat pisang – Sumber energi tinggi
Karena kandungan vitamin dan mineral yang melimpah, pisang termasuk mampu menyediakan energi yang sangat baik bagi tubuh. Nutrisi tinggi dalam pisang seperti karbohidrat, kalsium, zink, magnesium, fosfor, vitamin C dan juga vitamin B6 akan memberikan banyak efek positif bagi tubuh secara keseluruhan.

Pisang juga mengandung serat tinggi, sehingga membuat tubuh ‘kenyang’ lebih lama. Satu atau dua buah pisang lebih baik untuk mengisi kembali energi tubuh. Itu lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman berkafein atau makanan ringan yang manis. Itulah mengapa pisang sering dimasukkan dalam menu program diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun diet untuk mengontrol diabetes dan hipertensi.

Artikel terkait :   Mengenal penyakit parkinson

Khasiat pisang – Sistem saraf dan jantung
Kalium sangat penting bagi sistem saraf dan konstraksi otot, serta sangat penting bagi sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan sistem pengendali detak jantung. Kekurangan kalium dalam darah (hipokalemia) dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi jantung, tepatnya pada irama detak jantung.

Khasiat pisang – Diet
seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa pisang sangat baik dikonsumsi saat sedang melakukan diet. Pisang bebas akan lemak dan kolesterol, namun kaya akan serat. Buah ini merupakan asupan paling disarankan sebagai “makanan porsi kecil dengan nutrisi tinggi”, yang diberikan untuk orang yang harus menurunkan berat badan secara ekstrim, atau karena sakit dan kesulitan untuk makan secara normal.

Khasiat pisang – Kesehatan pencernaan
Pisang dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat diare atau konstipasi (susah buang air besar). Kandungan kalium tinggi yang terdapat pada buah pisang mampu mengisi kembali cairan elektrolit dalam tubuh yang sangat mudah habis saat terkena diare, serta mencegah dehidrasi. Selain itu, pisang dapat mengatasi masalah susah buang air besar dan memperlancar kembali saluran percernaan melalui pektin (pectin).

Khasiat pisang – Menurunkan tekanan darah
Kandugan kalium yang tinggi yang terdapat pada pisang mampu menurunkan level tekanan darah seseorang, sekaligus memperkecil resiko penyakit jantung dan stroke.

Khasiat pisang – Kesehatan tulang
Kalium yang terdapat pada pisang, selain membentu menurunkan tekanan darah, juga mampu menjaga kesehatan tulang secara umum. Kandungan Fructooligosaccharide (FOS) sangat membantu dalam proses penyerapan nutrisi, terutama kalsium. Penyerapan kalsium yang baik akan memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Khasiat buah pisang untuk kesehatan alami sangat mudah kita temui dengan melihat fakta yang terkandung dalam setiap asupan yang kita peroleh dari buah pisang. Terapkan dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan anda. Selamat mencoba

Leave a Reply