Khasiat terong untuk penderita anemia

Sedikit yang tahu khasiat terong untuk penderita anemia sebagai pengobatan alternatif yang sehat serta alami. Sebagai obat tradisional yang kaya nutrisi untuk hidup sehat. Terong termasuk keluarga sayuran yang bentuknya bulat lonjong berwarna ungu. Sering dimasak untuk sayur lodeh dengan bumbu dapur serta sedikit santan. Beberapa orang menganggap terong membuat impotensi, tetapi itu tidak terbukti menurut beberapa penelitian. Malah, sebenarnya khasiat terong memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Khasiat terong ternyata sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penderita anemia dengan cara alami. Bagaimana mungkin ?. berikut ulasan tips bermanfaat sayuran terong untuk penderita anemia.

Apa itu anemia ?

Penyakit anemia atau orang sering menyebutnya kurang darah yaitu penyakit dimana jumlah hemoglobin atau sel darah merah jumlahnya di bawah normal. Hemoglobin tersebut memiliki peran yang sangat penting didalam tubuh manusia.  Karena berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Akibat dari penyakit anemia, maka akan menghambat sistem transportasi sel darah merah ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan penderita kekurangan oksigen untuk menghasilkan energi. Maka tidak heran apabila seseorang yang menderita anemia akan merasa cepat lelah, terlihat pucat dan terlihat gelisah. Bahkan ada beberapa penderita anemia yang mengalami sesak nafas. Biasanya penderita penyakit ini akan ditandai ciri-ciri tubuhnya terlihat pucat seperti pada bagian kelopak mata dan lidah.

Penyakit anemia dan penyebabnya biasanya terjadi karena kekurangan zat besi, mengalami pendarahan, kekurangan vitamin B12, gangguan pada sumsum tulang, kekurangan asam folat bahkan bisa terjadi karena faktor genetik. Apabila seseorang memiliki riwayat hidup dari keluarga yang menderita anemia, maka ada kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama.

Artikel terkait :   Cara mengatasi tenggorokan serak

Khasiat tanaman terong

Terong merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang banyak disukai namun adapula yang tidak suka karena faktor tertentu. Terong berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat. Tanaman terong ini adalah tumbuhan yang di tanam oleh petani secara tahunan, dalam kata lain ini berarti petani menanam terong dalam jangka waktu 1 tahun sekali. Bagi orang yang tidak suka dengan terong ungu ini sangat untuk disayangkan karena mengingat kandungan gizi yang sangat banyak diantaranya mengandung serat, kalsium, vitamin k, mineral, serta bioflavonoid.

Dalam beberapa penelitian terong dianggap sebagai sayuran yang memiliki kadar air yang baik untuk mengontrol kalori. Hal ini membuat terung sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang yang ingin mengurangi berat badan. Spons tekstur terung yang membuat karakteristik nya berbeda dengan sayuran lain, maka salah satu harus mengkonsumsi dalam bentuk alami sebanyak mungkin.

Selain itu kandungan terung memiliki peranan dalam perawatan jantung. Studi penelitian menunjukkan bahwa terong bermanfaat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Tapi anda harus memasak terong dengan cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Hindari menggoreng terong karena akan mengandung banyak lemak yang masuk tubuh anda. Sebaliknya panggang di 400 derajat untuk mendapat kesehatan yang optimal.

Salah satu kandungan dalam tanaman terong yang bermanfaat untuk menyembuhkan anemia adalah phycocyanian. Kandungan phycocyanian yang terdapat di dalam terong merupakan protein komplek yang berfungsi untuk memproduksi sel darah putih dan merah, mencegah dan melawan sel kanker, menstimulasi kerja sel batang di dalam sumsum belakang dan dapat menyembuhkan pendarahan.  Selain itu, phycocyanian juga memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk penangkal radikal bebas.

Artikel terkait :   Mengapa tubuh sering merasa lelah?

Nah, dari ulasan tadi dapat kita simpulkan bahwa kandungan gizi tanaman terong yang bermanfaat untuk menyembuhkan anemia dengan mengkonsumsi secara rutin.

Leave a Reply