Lutut sering sakit ini obatnya

Sakit lutut apa obatnya?. Jika anda sering sakit lutut sebelah kiri, jangan kawatir. Lutut sering sakit ada obat dan penanganan secara tradisional dengan bahan yang mudah anda dapat. Penyebab sakit lutut sebelah kiri sering disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi untuk pertumbuhan sendi yang tidak diimbangi. Banyak yang menganggap sebagai radang sendi atau arthritis, dan ini bisa terjadi pada semua orang, baik pria maupun wanita sejalan dengan bertambahnya usia. Keluhan lutut sering sakit ini semakin meningkat frekuensinya jika anda tidak segera melakukan perawatan maupun pengobatan yang dianjurkan. Jika anda menginginkan perawatan sendiri, beberapa bahan yang mudah disekitar kita menjadi alternatif. Apa saja itu? mari kita simak dalam tulisan ini.

Nyeri sendi dapat muncul dari struktur di atau dekat dengan sendi yang terlibat atau dapat muncul dari lokasi lain. Ada beberapa proses yang dapat menyebabkan nyeri sendi sakit secara umum yaitu inflamasi (proses radang) di struktur-struktur yang berkaitan dengan sendi. Proses-proses yang berbeda itu bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit radang sendi.

Gout terjadi karena penumpukan kristal seperti yang sudah disinggung sebelumnya sedangkan Rematik terjadi karena radang di lapisan membran sendi (sinovial) dan pada umumnya, adalah sebuah bentuk penyakit autoimun. Walau sama-sama bentuk dari radang sendi (arthritis), penanganan nyeri yang mirip satu sama lain tidak berarti kita dapat sembarang membeli obat.

Banyak orang yang menyimpulkan bahwa radang sendi karena asam urat sehingga mencoba-coba untuk membeli obat penurun asam urat. Padahal harus disadari bahwa setiap obat memiliki efek sampingnya tersendiri. Penanganan sumber masalah yang tidak tepat malah akan menyebabkan kerusakan sendi berlangsung terus menerus. Oleh karena itu, bila anda mengalami nyeri sendi, sadari bahwa setiap nyeri sendi tidak sama penyebabnya. Ada ratusan jenis radang sendi yang dapat terjadi. Periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat yaa sobat!

Apa saja penyebab lutut sering sakit / nyeri?

Sakit lutut mengacu pada nyeri yang terjadi di dalam dan sekitar sendi lutut Anda. Penyebab sakit lutut dapat karena masalah dengan sendi lutut sendiri, atau penyebab lutut sakit juga di pengaruhi oleh kondisi jaringan lunak, pengapuran sendi lutut, penyakit radang sendi lutut atau tendon yang mengelilingi lutut.

Artikel terkait :   Mengobati nyeri lutut secara tradisional

Tingkat keparahan sakit di lutut sangat bervariasi. Beberapa orang yang sakit sendi lutut dapat merasa hanya seperti sedikit sengatan, sementara orang yang lain dapat mengalami sakit persendian lutut terasa sangat nyeri yang dapat melemahkan yang mengganggu kegiatan mereka sehari-hari. Dalam kebanyakan kasus, tindakan perawatan diri yang baik dapat membantu Anda mengatasi sakit lutut kaki.

Sakit tulang lutut yang datang perlahan-lahan, atau sebagai hasil dari cedera lutut karena aktivitas yang berat dari biasanya dapat diobati di rumah. Sakit lutut kaki yang terjadi dari cedera yang relatif kecil biasanya dapat diamati setelah satu atau dua hari untuk melihat apakah langkah-langkah perawatan diri akan membantu mengatasi nyeri sendi lutut.

Bagaimana mengurangi rasa sakit lutut?

Penyakit lutut jangka panjang dari arthritis sering dapat diatasi dengan penurunan berat badan dan latihan untuk memperkuat otot-otot di sekitar sendi. Pilihan perawatan diri lainnya termasuk:

Istirahat – Hindari aktivitas yang lebih berat atau menyakitkan, tapi tetap aktif. Cobalah kegiatan alternatif yang menyebabkan ketidaknyamanan berkurang – berenang bukan jogging, bersepeda bukan tenis. Untuk cedera lutut akut, Anda mungkin harus menjauhi kegiatan tersebut atau bahkan menggunakan kruk untuk waktu yang singkat

Es – Gunakan es di lutut Anda selama 15 sampai 20 menit beberapa kali setiap hari. Gunakan es batu yang dibungkus handuk.

Kompresi – Bungkus perban elastis sekitar lutut Anda untuk membantu mengendalikan pembengkakan. Gunakan perban yang pas di sekitar lutut Anda, tetapi jangan terlalu ketat karena menyebabkan rasa sakit.

Pengangkatan – Baringi lutut Anda yang bersandar pada bantal dapat membantu mengontrol persendian sakit dan pembengkakan.

Bagaimana pengobatan sakit pada lutut?

Meskipun gangguan pada sendi yang mengakibatkan rasa nyeri pada lutut ini, tidak masuk dalam penyakit yang sering menimbulkan kematian, tapi akan menghambat kebebasan penderita dalam bergerak termasuk kebugaran akan terasa terganggu sehingga mudah memicu munculnya berbagai keluhan lain

Jika anda mengalami sakit sendi pada bagian lutut dan berbagai cara telah dilakukan namun tidak menampakkan hasil memuaskan berikut ini makanan dan cara mudah mengurangi serta mengatasi sakit lutut yang bisa dilakukan

Komsumsi Ikan Laut – Dari banyak hasil studi bahwa rasa sakit akibat terjadinya radang sendi dapat dihilangkan dengan cara konsumsi ikan atau minyak ikan, seperti ikan salmon atau ikan mackarel sejenis ikan tengiri.Olehkarena itu sebaiknya bagi anda yang mengalami neyeri lutut disarankan makan jenis ikan tersebut atau minyak ikan dalam bentuk kapasul

Artikel terkait :   Kandungan gizi toge untuk kesehatan wanita

Dalam sebuah hasil studi terbaru bahwa kandungan asam lemak omega-3 pada ikan mampu menghambat masuknya zat kimia yang dapat menimbulkan peradangan osteoarthritis

Banyak Konsumsi Buah – Timbulnya luka pada sumsum tulang menjadi salah penyebab semakin memburuknya osteoarthritis, banyak konsumsi buah-buahan dapat mengurangi kemungkinan luka sumsum tulang, hal itu telah dibuktikan dari sebuah hasil studi terhadap 290 orang yang sudah dewasa di Australia, bahwa konsumsi buah dapat mengurangi resiko luka pada sumsum tulang

Disamping itu buah-buhan sangat berguna pada tulang lutut dan dapat melindungi sendi karena adanya kandungan vitamin C seperti jeruk, mangga, anggur, kiwi dan pepaya atau bisa buah lain yang memiliki kandungan vitamin C

Konsumsi Kacang Kedelai – Makan kacang kedelai dapat mengatasi rasa nyeri pada lutut, hal itu dibuktikan terhadap 40 orang relawan dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Oklahoma State University, Bahwa konsumsi minuman yang terbuat dari bubuk kedelai yang mengandung protein 40 gr dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit lutut

Para relawan tersebut menkonsumsi kedelai setiap hari, selama 3 bulan dan hasilnya menunjukkan bahwa rasa sakit mulai berkurang sehingga penggunaan obat untuk mengurangi rasa sakit dapat dikurangi.

Konsumsi Makanan Berkalsium – Makanan yang memiliki kandungan kalsium terbukti dapat mencegah dan meringankan rasa neyeri pada lutut misalnya susu, yoghurt, bayam, buncis dan lan-lain

Selain beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi dan mengurangi rasa sakit, terapi atau olahraga ringan juga perlu dilakukan untuk melatih otot-otot agar dapat kembali berfungsi dengan baik terutama pada paha belakang, betis dan pinggul dengan cara melakukan gerakan squat (jongkok – berdiri)

Dalam melakukan gerakan ini banyak melibatkan otot-otot sekaligus dapat memicu keluarnya hormon pertumbuhan, karena itu sebaiknya dilakukan setiap hari secara rutin agar daya otot dapat kembali bertambah, namun jika sudah terlanjur mengalami rasa nyeri sebaiknya dilakukan secara berlahan.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply