Manfaat beras merah untuk ibu hamil

Seperti halnya beras kencur, manfaat beras merah untuk ibu hamil dipercaya memberikan asupan gizi tinggi alami selama kehamilan muda. Nutrisi penting untuk perkembangan bayi serta kebutuhan makanan berserat untuk menjaga imun tubuh diperlukan agar kondisi kesehatan selama kehamilan dapat terjaga. Pada masa kehamilan, sang ibu harus sangat selektif terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi, apalagi jika sedang mengalami kondisi kesehatan badan yang menurun, tidak sambarangan minum obat. Setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh, dapat mempengaruhi kondisi pertumbuhan dan perkembangan bayi, sehingga baik adanya buat ibu hamil untuk menjaga kondisi dengan makanan serta nutrisi yang alami seperti beras merah. Apa saja manfaat beras merah untuk ibu hamil?. Mari kita bahas dalam artikel berikut ini.

beras-merahApa bedanya beras merah dengan beras pad umumnya?

Sebenarnya antara beras merah dan beras putih biasa tidak terlalu berbeda jauh. Perbedaan keduanya terletak pada pemrosesan dan kandungan nutrisinya. Jika lapisan terluar atau kulit ari/ sekam dari biji padi dikupas maka hasilnya adalah beras merah. Namun jika lapisan dalam atau kulit padi juga dikupas, maka hasilnya adalah beras putih biasa.Beberapa jenis vitamin dan mineral akan hilang dalam proses penggilingan butir padi. Akibatnya, beberapa nutrisi yang hilang seperti vitamin B1, B3, dan besi seringkali ditambahkan kembali pada beras putih sehingga berlabel “diperkaya” (enriched). Sementara pada beras merah, satu jenis mineral yang tidak perlu ditambahkan adalah magnesium.

Secara umum nasi (beras putih) adalah sangat baik bagi kesehatan, karena ia merupakan sumber asam amino, karohidrat kompleks, vitamin B dan serat. Karena serat dan karbohidrat kompleks inilah yang membuat kita lebih lama merasa lapar kembali. Namun, beras hasil proses tradisional jauh lebih baik daripada beras poles putih. Hal ini karena beras yang diproses tradisional tidak benar-benar membersihkan lapisan dedak, dimana yang paling tinggi mengandung serat dan vitamin B.

Beras merah atau beras putih sebenarnya adalah dalam satu varietas, namun secara kasat mata bisa dibedakan dari warna beras merah yang agak gelap kecoklatan. Secara harga, beras merah tentu lebih tinggi karena ia merupakan beras dari jenis padi yang tidak banyak dibudidayakan. Bagaimana soal gizi?

Artikel terkait :   Membersihkan karang gigi secara alami

Meskipun beras merah kurang nyaman dimakan maupun pada sata memasaknya. Beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya, serta kurang nyaman jika dimakan karena lebih keras/pera daripada beras putih. Hal itulah mungkin yang membuat beras merah kurang banyak diminati oleh masyarakat sebagai makanan sehari-hari.

Secara gizi beras merah lebih unggul daripada beras putih, karena ia mengandung zat yang dikenal dengan sebutan antosianin. Senyawa yang terdapat pada lapisan warna merah pada jenis beras ini, dan bermanfaat sebagai zat antioksidan, antikanker, anti glisemik tinggi yang artinya baik untuk diabates, serta anti hipertensi.

Apa manfaat untuk ibu hamil?

Beras merah memiliki kandungan mangan atau zat besi, dimana zat yang satu menjadi salah satu komponen penting bagi tubuh yang bukan hanya sekedar untuk energi, tetapi juga menjadi antioksidan. Kandungan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Serta adanya zinc dapat mengimbangi zat besi tersebut untuk mencegah kerusakan sel-sl pada tubuh akibat dari radikal bebas, yang pada biasanya bisa terjadi ketika pembentukan energi.

Beras merah yang kaya akan serat dan nutrisi lebih ini mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Dimana pada kesehatan tubuh ini bisa terjaga oleh komponen tersebut tanpa harus bersusah payah. Karena beras merah ini dapat berperan sebagai suatu bahan treatment yang mudah dan alami. Karena masing-masing kandungan nutrisi yang ada mampu memberikan peran dan khasiat nyata bagi tubuh.

Kandungan serat dari beras merah memang cukup tinggi, bahkan jauh lebih banyak daripada yang dimiliki oleh beras putih. Dengan serat ini mampu memberikan khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Selain itu, tersimpan pula karbohidrat yang kompleks sebagai zat yang baik pula untuk kesehatan.

Kandungan apa yang cukup tinggi dalam beras merah untuk ibu hamil?

Selain protein dan karbohidrat, beras merah juga memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi. Fungsi mangan sendiri yaitu membantu produksi energi dari protein dan karbohidrat, serta membantu pembuatan asam lemak yang penting bagi sistem saraf. Selain itu mangan juga berfungsi untuk membantu pembentukan kolesterol baik.

Artikel terkait :   Ciri obat pelangsing berbahaya

Kandungan mineral lain yang terdapat dalam beras merah adalah magnesium. Mineral ini memiliki fungsi sebagai enzim yang mengatur penggunaan insulin yang sangat erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan hypomagnesema dengan gejala denyut jantung tidak teratur, insomnia, lemah otot, kejang kaki, serta telapak kaki dan tangan gemetar. Kebutuhan magnesium untuk orang dewasa pria 350 mg per hari dan untuk dewasa wanita 300 mg.

Apakah baik juga untuk program diet?

Manfaat beras merah juga bisa dirasakan oleh para wanita. Terutama mereka yang sedang menjalani program diet. Karena kandungan serat pangan yang tinggi, perut menjadi kenyang lebih lama. Konsumsi 6 cangkir beras merah per minggu sangat baik untuk wanita pascamenopouse untuk mencegah penyakit seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gejala penyakit jantung.

Bahwasannya kolesterol jahat ini mampu menjadikan beberapa resiko lain yang dapat merusak dan mengganggu sistem kerja dari tubuh. Namun dengan mengkonsumsi beras merah ini, kadar kolesterol jahat tersebut bisa dikurangi. Bahkan menambahkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, beras merah sangat baik untuk dikonsumsi sebagai menu makanan pokok sebagai penyeimbang dan pengurang kolesterol jahat di dalam tubuh.

Seringkali pada program diet ini seseorang merasa lapar dan sangat lapar. Akan tetapi, bila terus makan tanpa terkontrol dapat menghambat kesuksesan dari program tersebut. Untuk itu Anda bisa mengkonsumsi sebagai menu yang sehat untuk diet karena dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Adanya kandungan karbohidrat kompleks ini mampu menjadikan rasa kenyang. Selain itu, beras merah ini aman bagi diet diabetes karena dapat mengatur kadar gula. Dengan kata lain, mengkonsumsi beras merah dapat dijadikan sebagai treatment yang mudah serta menciptakan ragam khasiat lebih pada tubuh.

Leave a Reply