Manfaat budidaya kroto untuk kesehatan

Memang untuk budidaya kroto atau ternak kroto sekarang banyak diminati oleh berbagai kalangan hingga menghasilkan omzet lumayan banyak. Budidaya kroto diincar banyak orang karena peluang uaha ini sangat menjanjikan. Bagi para penghobi burung kicauan, telur semut rangrang ini sudah tidak asing lagi, karena mereka selalu menyediakannya untuk pakan burung kesayangannya. Kroto merupakan barang langka yang sangat istimewa, sehingga harganya mahal, apalagi pada saat-saat tertentu, harga kroto sangatlah fantastis. Selain untuk usaha, apakah kroto memiliki manfaat untuk kesehatan?.

budidaya-krotoSebagai penghasil kroto, banyak diantara kita yang masih belum menyadari bahawa semut rangrang itu ternyata memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Bahkan banyak yang menganggap hewan kecil ini hanyalah hewan yang mengganggu saja hingga akhirnya dibunuh. Semut yang merupakan serangga Eusosial ini dikenal dengan koloni dan sarangnya yang teratur yang terdiri dari ribuan ekor per koloni. Koloni semut kadang dikatakan suatu Superorganisme karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Perlu diketahui, sebenarnya hewan semut dapat menjaga kebun kita dari serangan hama dan penyakit, karena sifat semut yang agresif dan dikenal pemberani meskipun tubuhnya jauh lebih kecil dari musuhnya sehingga semut berani memangsa hama yang dapat merusak tanaman ataupun yang menyebarkan penyakit pada tanaman.

MANFAAT KROTO UNTUK KESEHATAN
Masyarakat di kota subang banyak bercerita tentang pengalaman mereka mengkonsumsi telur kroto. Ada di antara mereka mengkonsumsi sebagai lauk makan yang bisa dibilang eksklusif karena rasa nya yang enak dan dapat memulihkan tenaga setelah seharian bekerja, mereka mengolahnya dengan dipepes, dibuat sup, diolah menjadi botok dan campuran dengan bahan masakan lain. Ada juga yang mengkonsumsi dengan tujuan menambah stamina. Bahkan ada yang mengkonsumsi sebagai obat sesak napas atau asma, mereka mengolahnya dengan cara mengambil 1 – 2 sendok makan kroto, lalu direbus sampai kroto matang dan larut dengan air, kemudian didiamkan sampai tidak terlalu panas kemudian diminum.

Artikel terkait :   Mengetahui penyebab diare anak dan mencegahnya

Selain dalam negeri, ternyata negara lain pun banyak yang menggunakannya untuk dikonsumsi, seperti masyarakat Thailand dan Filipina yang mempercayai kroto sebagai produk pangan ”ajaib”.

Berbagai khasiat yang dipercaya oleh masyarakat di berbagai tempat masih berdasarkan pada pengalaman dari orang tua orang tua jaman dulu, bisa dibilang turun temurun namun pengujian secara ilmiah masih belum jelas. Semua opini tersebut, masih membutuhkan pengembangan dan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran nya. Kami pun dulu pernah punya pengalaman mendapat pesanan dari luar negeri, yaitu Jerman, mereka memesan untuk keperluan penelitian.

Dari hasil penelitian dikatakan kandungan protein dalam kroto memang sangat tinggi. Hal inilah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama terapi kesehatan yang membutuhkan asupan protein tinggi dalam tubuh. Untuk takaran tertentu memang dapat menimbulkan alergi. Paling tidak, dengan artikel ini kita dapat berbagi mengenai manfaat kroto untuk kesehatan, terutama bagi sebagian orang yang sedang dalam terapi kesehatan.

Leave a Reply