Manfaat gula jawa untuk kesehatan

Manfaat gula jawa atau gula aren untuk kesehatan tubuh kita sangat besar dengan bahan alami dari tanaman nira yang tidak ditemukan di tanaman tebu sebagai tanaman produksi gula pasir. Awal mula gula jawa diproduksi adalah timbulnya kebutuhan untuk menciptakan rasa manis pada makanan dari bahan alami yang kaya nutrisi, terutama tidak menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Bahan alami dari tanaman nira, yang mudah ditemukan di pelosok pulau jawa, membuat produksi gula jawa ini sampai sekarang masih bertahan.

Sampai saat ini gula jawa masih banyak digunakan khususnya masyarakat jawa sebagai bumbu masak karena memiliki aroma dan rasa yang khas karamel palm. Disamping itu, gula jawa juga digunakan untuk pemanis minuman, bahan pembuat kecap, bahan pembuat dodol, dan pembuat kue serta bahan penambah cita rasa pada makanan. Selain gula jawa dalam setengah tempurung kelapa dan bulat silindris, adapula dalam bentuk gula semut.

Gula jawa yang dikonsumsi dengan jumlah yang benar dapat tingkatkan vitalitas serta kesehatan badan kita. Hal semacam ini mengisyaratkan bahwa kita tak perlu sangsi dalam konsumsi makanan atau minuman yang memakai gula jawa juga sebagai salah satu bahan dasarnya. Terasa yang manis serta gurih bisa tingkatkan selera makan, bahkan juga nyatanya lebih sehat karena nutrisi yang dikandungnya.

MANFAAT GULA JAWA UNTUK KESEHATAN
Menurut pakar penyembuhan dari negeri China, gula jawa diakui mempunyai beragam manfaat dalam kesehatan. Mereka menuturkan bahwa gula jawa mempunyai karakter hangat serta mempunyai rasa manis alami. Di dalamnya terdapat unsur yang berbentuk memperkuat limpa, menaikkan darah, meredakan nyeri, membuat lancar peredaran darah serta menghangatkan lambung.

Gula jawa sangatlah baik untuk kaun lansia yang alami serapan mikronutrien serta multivitamin yang rendah. Gula jawa dapat juga memberi faedah positif pada wanita yang baru melahirkan atau mempunyai siklus menstruasi yg tidak teratur. Tetapi pada intinya gula jawa bisa dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Mengkonsumsi gula jawa ini dengan ukuran yang cocok bisa menolong anda melindungi kesehatan serta keadaan sempurna badan anda.

Dalam gula jawa dipercaya mengandung beberapa nutrisi dan vitamin baik yang diperlukan tubuh. Dan inilah beberapa manfaat dari gula jawa untuk kesehatan.

Manfaat gula jawa – Mencegah Anemia
Sebagai sumber zat besi yang baik, gula jawa sangat dipercaya mampu mengatasi masalah kurang darah ataupun anemia. Konsumsi gula jawa setidaknya 1 gram setiap hari bisa bantu Anda dapatkan tubuh sehat serta jauh dari masalah anemia.

Manfaat gula jawa – Mencegah Asma
Beberapa study menyarankan agar penderita asma mengkonsumsi gula jawa alami untuk mengatasi sakitnya. Sifat anti alergi yang ada pada gula jawa menjadi salah satu dasar kenapa gula tradisional ini dikatakan bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit asma.

Manfaat gula jawa – Mencegah dan Mengobati Jerawat
Anda memiliki masalah jerawat membandel yang sukar untuk di atasi? Jika iya, cobalah untuk memanfaatkan gula jawa sebagai masker ataupun mengkonsumsinya secara teratur setiap hari. Beberapa nutrisi yang terkandung pada gula jawa sangat dipercaya mampu mengatasi dan mencegah munculnya jerawat di wajah ataupun tubuh.

Manfaat gula jawa – Meredakan Nyeri Saat Menstruasi
Masalah bulanan yang sering kali dialami oleh wanita adalah nyeri saat datang bulan. Untuk meredakan nyeri ini, Anda bisa memanfaatkan gula jawa. Makan sedikit gula jawa utuh lalu istirahatlah. Perlahan, nyeri karena menstruasi akan berkurang. Agar nyeri lebih cepat reda, Anda bisa membuat ramuan dari gula jawa dan kunyit. Parut kunyit 2 rimpang, peras dan campur dengan satu gelas air. Masak air bersama 20 gram gula jawa hingga mendidih. Tunggu pati kunyit mengendap lalu minum ramuan kunyit ini.

Manfaat gula jawa – Mengatasi Masalah Pencernaan
Untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat, cobalah ganti gula pasir pada minuman sehari-hari Anda dengan gula jawa. Cara ini akan membantu Anda dapatkan sistem pencernaan yang sehat serta terawat.

Manfaat gula jawa – Merawat kecantikan kulit
Gula yang satu ini juga baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Pakai masker gula jawa karena bisa menyingkirkan jerawat dan membuat kulit halus jika dijadikan scrub karena mengangkat sel-sel mati. Tidak heran jika banyak tempat perawatan tubuh juga menambahkan gula jawa untuk mengangkat kotoran di kulit. Gula merah bisa juga ditambahkan dengan kunyit untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Manfaat gula jawa – Memberikan energi tubuh
Karena gula merah merupakan karbohidrat, akan sangat baik memberikan energi, apalagi untuk pasien yang masih lemas atau baru saja sembuh dari penyakit. Glukosa pada gula merah cukup mudah dicerna dan tidak menyulitkan penderita untuk mengonsumsinya.

Manfaat gula jawa – Mendinginkan sakit perut
Sakit perut bisa sangat mengganggu dan jika Anda ingin meredakan nyeri sakit perut atau sakit pencernaan lainnya seperti diare, kembung atau masuk angin, maka ambil saja gula merah. Cukup ambil satu ruas ibu jari dan seduh dengan air hangat. Minum begitu saja. Ini akan meringankan nyeri dan membersihkan saluran pencernaan. Hangatnya gula merah dan air akan membuat perut mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perut dan melegakan perut kembung atau masuk angin. Nyeri diare juga bisa lebih ringan. Gula merah juga bisa dijadikan obat untuk keracunan makanan.

Dari sekian banyak manfaat gula jawa, semakin anda banyak memanfaatkan bahan alami tanpa efek samping seperti pada gula jawa, tentu kesehatan tubuh anda akan terjaga dengan baik.

Leave a Reply