Manfaat lamtoro gung untuk diabetes

Petai cina atau lamtoro gung dikenal untuk berbagai lalapan. Manfaat lamtoro gung untuk diabetes disukai vegetarian yang kaya antioksidan alami. Tanaman yang masuk dalam kelas kacang-kacangan ini banyak dikonsumsi sebagai bahan masakan botok dan lalapan yang biasa dicampur dengan parutan kelapa. Tidak sedikit wanita yang menyukai rasanya saat dikunyah. Rasanya yang khas ternyata memiliki khasiat tinggi mencegah sel kanker tumbuh serta memiliki serat tinggi untuk membantu metabolisme tubuh. Bagi beberapa penderita diabetes juga sering mengunyah biji lamtoro mentah dipercaya menurunkan kadar gula darah. Tanaman lamtoro gung ini mudah tumbuh dan menjadi tanaman tumpang sari di pedesaan. Apa saja sebenarnya manfaat lamtoro gung?. Bagaimana penjelasan ahli gizi makanan tentang khasiat lamtoro gung?. Mari kita simak artikel kesehatan berikut.

botok-mlandingSeperti apa tanaman lamtoro gung itu?

Lamtoro, Petai Cina, atua Petai Selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan) yang seringkali digunakan untuk penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika Tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun masuk ke Jawa utnuk kepentingan pertanian dan kehutanan, kemudian menyebar ke pulau-pulai lain di seluruh indonesia. Oleh sebab itu, di Malaysia sendiri tanaman ini dinamakan Petai Jawa.

Tumbuhan ini dikenal pula dengan aneka sebutan yang lain seperti pĕlĕnding, peuteuy sélong (Sunda); kemlandingan, mètir, lamtoro dan lamtoro gung (=lamtoro besar; untuk varietas yang bertubuh lebih besar) (Jawa); serta kalandhingan (Madura).

Rasa buah tanaman lamtoro ini agak pahit dan bersifat netral. Ada beberapa kandungan kimia yang terdapat dalam lamtoro atau petai cina ini, antara lain : kalsium, lemak, fosfor, besi. protein, serta vitamin A, B1, dan C. Sementara dalam biji lamtoro terkandungan mimosin, leukanin, protein, dan leukanol.

Artikel terkait :   Efek kebanyakan makan sate kambing

Benarkah juga baik untuk penderita diabetes?

Diabetes atau penyakit kencing manis adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong sulit dalam proses penyembuhannya. Untuk menurunkan kadar gula darah secara alami kita dapat menggunakan biji lamtoro untuk memulihkan kinerja pankreas untuk menghasilakan hormon insulin yang berperan dalam menstabilkan kadar gula dalam darah. Gunakan 5 gram bubuk biji tumbuhan lamtoro diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum hangat-hangat 1/2 jam sebelum makan. Lakukan 2 kali sehari.

Apakah baik juga untuk melawan sel kanker ?

Biji petai cina bisa diekstrak untuk dijadikan sebagai penangkal radikal bebas dan mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Cara mengonsumsinya anda bisa dengan menyeduh atau memakan langsung. Petai cina enak jika dijadikan lalapan atau dimasak sebagai sayur. Jadi sangat mudah jika ingin mengambil manfaat dari petai cina.

Apa saja manfaat lamtoro gung?

Tanaman lamtoro (Leucaena leucocephala), merupakan pasangan dari kaliandra (Calliandra calothyrsus). Kalau kaliandra hanya bisa tumbuh baik di dataran menengah sampai tinggi, maka lamtoro justru menginginkan dataran menengah sampai rendah. Hingga lamtoro cocok untuk menghijaukan kawasan dataran rendah, sementara kaliandra cocoknya untuk menghijaukan dataran tinggi. Perbedaan yang juga cukup mencolok, buah dan biji lamtoro merupakan sayuran, sementara buah dan biji kaliandra tidak bisa dimakan. Lamtoro berbatang tunggal, kaliandra tumbuh membentuk rumpun yang sangat rapat.

Lamtoro atau petai cina ini mempunyai banyak manfaat yang perlu kita ketahui khususnya untuk membantu kita dalam pengobatan secara alamiah. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita ambil manfaat petai cina antaranya:

Tanaman petai cina membantu kesehatan kulit : untuk masalah kecantikan atau kesehatan kulit yang perlu kita manfaatkan di di sini adalah daun dari pohon petai cina karena mempunyai kandungan enzim alami yang berguna untuk memicu pembentukan kolagen di dalam sel-sel kulit, dan membantu menyegarkan kulit, menjaga kelembaban.

Artikel terkait :   Gejala asam urat atau awal kelumpuhan?

Petai cina untuk membantu penyakit kulit psoriasis: Nah selain darimenjaga kesehatan kulit petai cina juga dapat membantu penderita penyakit kulit psoriasis, penyakit ini sebenarnya tidak menular namun jika di biarkan dapat menular atau menjalar ke seluruh tubuh anda sendiri dengan sangat cepat. Penyakit kulit psioriasis ini cukup menyiksa karena berasa gatal, kemerahan, kasar dan kering di kulit anda.

Petai cina untuk obat cacingan : Petai cina mengandung senyawa yang dapat membunuh cacing, peyakit cacingan biasanya menyerang anak-anak dan orang dewasa, Silakan anda makan petai cina secra rutin, petai cina ini sudah sejak lama di jadikan obat cacingan bahkan pengobatan secara tradisional cina dan mancanegara.

Tumbuhan petai cina sebagai obat pencegah kanker : Dengan cara mengkonsumsi petai cina secara rutin, dan anda sudah bisa di katakan melakukan pencegahan kanker karena kandungan dari petai cina yang baik dan di jadikan penagkal radikal bebas.

Tumbuhan petai cina untuk membantu rasa nyeri : rasa nyeri atau analgesik dapat teratasi dengan memanfaatkan kulit dari petai cina.caranya dengan mengerat bagian kulitnya di cuci kemudian di parut dan di rebus, kemudian di saring, settelah dingin, air di minum secara rutin. Untuk wanita yang sedang haid pun bisa mengkonsumsinya. cara seperti ini pun sering kali di gunakan oleh negara-negara lain.

Leave a Reply