Manfaat Seledri untuk perkembangan bayi

Manfaat Seledri memang memiliki khasiat untuk perkembangan bayi dalam rahim?. Dari nilai gizi untuk pola hidup sehat, seledri banyak nutrisi sehat yang bermanfaat serta kandungan antioksidan akan membuang radikal bebas. Perkembangan bayi dalam rahim memerlukan perhatian dari sang ibu, terutama pada masa bulan-bulan pertama dimana bayi membutuhkan kecukupan gizi untuk proses pertumbuhan organ penting. Selama perkembangan dalam rahim dapat terpantau dengan baik serta mendapatkan asupan gizi seimbang yang mengutamakan nutrisi alami seperti manfaat seledri, dipercaya perkembangan bayi dalam rahim akan normal dan sehat.

Makanan-Ibu-HamilApa saja kebutuhan gizi saat ibu hamil ?

Nutrisi dan gizi yang baik ketika kehamilan berlangsung sangat membantu ibu hamil dan janin dalam menjalani hari-hari kehamilannya. Tentunya ibu hamil dan janin akan tetap sehat. Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sepeti kebutuhan akan kalsium, zat besi serta asam folat. Ibu hamil haruslah di beri dorongan agar mengkonsumsi makanan yang baik nan bergizi, ditambah kontrol terhadap kenaian berat badannya selama kehamilan berlangsung. Kenaikan berat badan yang ideal berkisar antar 12-15 kilogram.

Agar perkembangan janin berjalan dengan baik, dan ibu hamil dapat menjalani hari-hari kehamilannya dengan sehat, makan konsumsi ibu hamil harus mengandung gizi sebagai berikut:

Kalori. Selama kehamilan konsumsi kalori haruslah bertambah dikisaran 300-400 kkal perharinya. Kalori yang di dapat haruslah berasal dari sumber makanan yang bervariasi, dimana pola makan 4 sehat 5 sempurna harus sebagai acuannya. Baiknya, 55% kalori di peroleh dari umbi-umbian serta nasi sebagi sumber karbohidrat, lemak baik nabati maupun hewani sebanyak 35%, 10% dari protein dan sayuran serta buahan bisa melengkapi.

Asama Folat. Janin sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak guna pembentukan sel dan sistem syaraf. Selama trimester pertama janin akan membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram per harinya. Jika janin mengalami kekurangan akan asam folat, maka hal ini akan membuat perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan dapat membuat janin terlahir dengan kelainan seperti mengalami anenchephaly (tanpa batok kepala), mengalami bibir sumbing dan menderita spina bifda (kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung). Asam folat yang bisa di dapat pada buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau.

Artikel terkait :   Pola hidup sehat menjaga kesehatan ginjal

Protein. Selain menjadi sumber bagi kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel merupakan salah satu fungsi protein. Protein dibutuhkan oleh ibu hamil dengan jumlah sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging dan tahu.

Kalsium. Berfungsi dalam pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan ada kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Kenapa hal ini bisa terjadi? karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari tulang ibunya. Susu dan produk olahan lainnya merupakan sumber kalsium yang baik, selain kalsium, susu memiliki kandungan vitamin lain yang dibutuhkan ibu hamil, seerti vitamin A, Vitamin D, Vitamin B2 vitamin B3 dan vitamin C. Selain dari susu, kacang-kacangan dan sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang baik juga.

Zat Besi. Berfungsi di dalam pembentukan darah terutama membentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi resiko ibu hamil terkena anemia. Zat besi akan diperlukan pada saat kehamilan memasuki usia 20 minggu. Kebutuhan akan zat besi sebanyak 30 mg per harinya. Zat besi dapat diperoleh pada hati, daging atau ikan.

Selain itu juga beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan janin untuk berkembang seperti vitamin A, C dan D. Semua dapat anda lengkap dengna asupan dari sayuran segar yang mengandung vitamin tersebut dalam komposisi yang lebih lengkap seperti seledri.

Apa manfaat seledri untuk ibu hamil?

Seledri ini bukan hanya di kenal sebagai jenis sayuran yang bisa memberikan aroma pada masakan, namun jenis sayuran ini juga dikenal dengan manfaat daun seledri yang memiliki banyak keuntungan. Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat seledri untuk kesehatan, terutama kesehatan ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Sayuran seledri merupakan salah satu sumber Vitamin A dan juga sumber zat besi yang memang sangat di butuhkan oleh ibu hamil guna membantu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.
  2. banyak diantaranya berbagai jenis sayuran yang memang akan kehilangan vitamin setelah di masak, namun berbeda dengan seledri, seledri ini tidak akan kehilangan kandungan vitaminnya setelah di masak, setidaknya seledri masih memiliki 80% vitamin walaupun sudah di masak.
  3. Biasanya jenis sayuran seledri ini sangat di manfaatkan oleh para atlet, karena kandungan nutrisi yang ada di dalam sayuran seledri bisa mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang. Nah, sama halnya dengan ibu hamil, ibu hamil juga bisa menggunakan sayuran seledri guna mengganti cairan elektrolit yang ada di dalam tubuh.
  4. Jika ibu hamil meras gerah yang dikarenakan sinar matahari, maka ibu hamil bisa mendinginkan tubuh dengan menggunakan jus seledri. Karena jus seledri juga bermanfaat untuk menghilangkan dahaga juga bisa menyegarkan tubuh.
  5. Seledri juga bisa membantu ibu hamil untuk mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan yang manis, serta sejumlah makanan yang bisa membuat berat badan ibu hamil menjadi bertambah.
    Seledri juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, serta menjaga agar keadaan ginjal ibu hamil tetap berfungsi dengan baik dan bekerja dengan semestinya.
  6. Seledri juga bermanfaat untuk pencegahan terjadinya pembentukan batu di bagian kantung empedu, bahkan bisa membantu Anda untuk menghindari sembelit yang kerap terjadi pada ibu hamil.
  7. Seledri juga baik untuk di konsumsi ibu hamil karena berfungsi untuk menghindari Anda dari penyakit kanker perut.
  8. Seledri juga memiliki manfaat untuk menenangkan sistem saraf, bahkan bisa mengontrol tekanan darah tinggi.
  9. Bukan hanya daun dan batang seledri yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, nyatanya akar seledri juga sangatlah efektif guna mengembalikan nafsu makan ibu hamil yang hilang.
Artikel terkait :   Cara menghilangkan bekas luka diwajah

Nah, itulah beberapa manfaat seledri bagi perkembanan bayi saat dalam kandungan yang harus di ketahui. Walaupun seledri ini kecil, namun nyatanya seledri ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan tubuh ibu hamil.

@Tips bermanfaat #2016

Leave a Reply