Memasang charger hp di mobil berbahaya

Apakah anda sering kehabisan daya saat diperjalanan?. Benarkah memasang charger hp di mobil berbahaya dan bisa merusak hp hingga terbakar circuitnya?. Apakah anda selama ini tidak menyadari akan hal itu?. Tapi yang utama, bagaimana sebenarnya proses charrging hp di mobil. Ada banyak orang melakukan proses charging hp mereka saat berkendara keluar kota atau saat kondisi sedang macet. Alternatif saat tidak ada lagi cadangan daya di power bank, pastilah kita berpindah ke colokan usb yang terpasang di bagian dasboard mobil. Beberapa orang melakukan testing terhadap beberapa kondisi hp yang sering dilakukan proses charging di mobil yang tengah menyala di jalan. ALhasil, apapun itu dalam artikel tips teknologi berikut akan kami bahas untuk anda. Apakah berbahaya memasang charging hp di mobil?.

memasang-charger-mobilBagi yang sering mondar-mandir, biasanya sedia charger untuk baterai handphone di mobil. Uniknya, selalu muncul mitos kalau charger mobil kurang baik dibanding charger rumah. Pernahkah Anda berdebat mengenai hal ini dengan rekan atau kenalan Anda? Bisa jadi karena tegangan dalam kelistrikan mobil bisa turun-naik. Kejadian ini bisa saja terjadi saat mobil berjalan karena terjadi recharging dari alternator ke aki.

Kenapa Charging HP di dalam Mobil Berbahaya?

Daya yang didapat dari pemantik api (lighter) efek paling ringan adalah memperpendek usia baterai pada hp. Kenapa? Ini karena tegangan listrik dari mobil kurang stabil yang disebabkan karena putaran mesin mobil naik turun, terlepas dari Aksesoris yang digunakan Asli atau palsu fungsinya sebenarnya sama yaitu untuk mengisi baterai, yang membedakan adalah sumber arus untuk melakukan charging.

Jika kita menggunakan charger rumah arus arus bolak balik (AC/ alternating current) 220 volt, tetapi jika menggunakan car charger menyesuaikan kelistrikan mobil yang pakai arus searah (DC/ direct current) 12 volt. Kejadian cepat mengembungnya Baterai Smartphone Anda bisa saja terjadi saat mobil berjalan karena terjadi recharging dari alternator ke aki.

Atau juga karena hidup-matinya kelistrikan dalam menyalurkan arus listrik ke komponen-komponen sistem kelistrikan seperti lampu penerangan mobil, pendingin AC, audio, dan lainnya. Kondisi tersebut dapat berpengaruh pada tegangan output alternator. Dampak selanjutnya yaitu selain baterai hp dapat menjadi menggembung atau gemuk dan yang paling ekstrem yaitu meledak. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan bukan?

Artikel terkait :   Lupa cabut charger hp bisa terbakar

Lalu, bagaimana solusinya agar proses aman untuk charging hp di mobil?

Banyak orang bertanya, dimanakah kita dapat menemukan charger mobil yang mudah untuk digunakan dan aman. Berikut kami berikan beberapa merek charger mobil yang berkualitas tinggi dan sudah banyak digunakan orang di seluruh dunia:

1. Charger Mobil Terbaik Belkin
Belkin adalah produsen pertama dari pihak ketiga yang menghasilkan lightning-kompatibel charger mobil untuk iPhone dan iPad. Alat ini digunakan untuk mengisi ulang baterai internal dari perangkat handset atau gadget portabel seperti MP3/MP4 Player, iPhone, iPod, handphone, kamera digital, PSP dan NDS.

Biasanya charger ini menggunakan tegangan 5 Volt (biasanya terdapat di port USB komputer atau notebook). Belkin Car Charger (atau lebih dikenal sebagai Belkin Petir Car Charger), dapat Anda beli di Dimensidata.com. Dimensidata.com merupakan salah satu toko online yang menjual charger mobil merek Belkin dengan garansi resmi dan harga murah

2. Charger Mobil Terbaik Griffin
Griffin PoweJolt SE dengan konektor lightning adalah salah satu charger mobil untuk semua perangkat lightning seperti iPhone 5, iPad Mini, Tablet dan semua smartphone. Sebuah kabel melingkar seperti diatas itu lebih benar untuk charger mobil anda. Dan seperti kebanyakan mobil charger lain, itu cukup kuat untuk charge device Anda dengan cepat. Griffin Car Charger, dapat Anda beli di Dimensidata.com. Dimensidata.com merupakan salah satu toko online yang menjual charger mobil merek Griffin dengan garansi resmi dan harga murah

3. Griffin Lightning Connector Cables
Griffin juga mempunyai kabel konektor (USB-to-lightning) terbaik. Ini kompatibel dengan hampir semua charger mobil yang memiliki port USB. Sesuai budget, jangan membeli produk termurah di pasar karena kemungkinan produk tersebut menggunakan bahan berkualitas rendah, sementara produk yang paling mahal juga tidak menjamin kualitas terbaik.

4. Just WirelessJust-Wireless-Car-Charger
Just Wireless dilengkapi dengan beberapa charger mobil untuk iPhone 5/iPad 4th gen/iPad Mini. Salah satunya adalah charger mobil biasa dikoneksikan secara wireless dan terhubung langsung ke device Anda melalui port lightning. Ada hal lain yang harus diperhatikan, patut diperhitungkan juga lama waktu pengisian, besar daya yang dihasilkan dan Produk yang disarankan.

Artikel terkait :   Membuat blog di youtube banyak like

Bagaimana agar proses charging di mobil yang aman ?

Setiap orang memiliki rutinitas yang menyita waktu sehingga terkadang kita menyepelekan hal-hal yang remeh temeh. Salah satunya mengisi kembali baterai handphone atau gadget yang sudah lowbat. Solusi yang diberikan, seperti menggunakan powerbank sebagai back-up pengisi baterai. Cara ini praktis karena bisa dibawa kemana-mana.

Tapi, pemakaian powerbank terkadang masih dirasa kurang apalagi saat daya listriknya habis. Jika hal itu yang terjadi maka salah satu solusinya, yakni memanfaatkan lighter (pemantik rokok) yang ada di mobil untuk mengisi daya baterai handphone kita. Cara ini memang boleh, tapi dapat merusak baterai handphone kita karena voltase arus dc dari mobil yang berubah-ubah tak menentu. Namun jika dalam keadaan darurat, sekali-kali boleh-boleh saja mengcharge handphone di mobil. Berikut ini saran-saran mengcharge handphone di mobil.

1. Boleh dilakukan saat darurat saja.
Lakukanlah pengisian daya di mobil jika benar-benar terjadi dalam keadaan darurat saja. Disarankan matikan handphone saat dicharge.

2. Pilih charger mobil yang berkualitas.
Kamu tentu tidak mau handphone atau malah mobil kamu jadi korslet kan. Jadi, jangan langsung tergiur jika ada harga car charger dengan harga terlalu miring. Pilihlah car charger yang memiliki garansi yang lama. Garansi bisa kamu jadikan sebagai patokan kualitas barang yang akan kamu beli.

3. Cabut pengisian bila handphone atau charger kamu mendadak panas.
Lebih baik jauhkan handphone dari sinar matahari langsung atau sumber panas yang berlebihan saat menaruh handphone. Kondisi handphone atau charger panas dapat merusak komponen tersebut.

4. Jangan menelepon atau menerima panggilan telepon saat handphone sedang di isi.
Jangan operasikan handphone saat sedang di charge di mobil. Hal ini juga berlaku saat kamu sedang mengcharge menggunakan sumber listrik yang aman untuk menghindari baterai menggembung.