Membersihkan laptop agar tidak cepat panas

Tips teknologi – Bagi anda yang sering mengalami laptop cepat panas saat dihidupkan, tentu memahami bahwa penyebab laptop cepat panas karena sirkulasi udara dalam headsink serta kebersihan laptop. Laptop memang memiliki beberapa bagian yang menjadi sumber panas, lalu bagaimana cara membersihkan laptop agar tidak cepat panas terutama bagian headsink serta sumber panas yang berada dalam bodi laptop?. Tips teknologi akan memberikan langkah-langkah yang mudah agar anda tidak salah dalam melakukan tahap ini.

Memang, walau terdengar sederhana dan gampang, cara membersihkan laptop secara tepat penting diketahui karena apa pun bisa terjadi ketika berurusan dengan peralatan elektronik. Sebagian besar di antara kita jarang terpikir untuk membersihkan laptop, padahal hal ini seharusnya dilakukan secara rutin. Salah satu yang perlu anda perhatikan juga bnagian layar laptop, terutama jenis layar sentuh, adalah magnet bagi debu dan noda. Setiap kali mengetik, jari-jari kita mentransfer noda lemak dan kuman yang tidak kasatmata ke keyboard. Idealnya, Anda perlu membersihkan laptop paling tidak seminggu sekali guna menjaganya selalu higienis.

Artikel terkait : Penyebab laptop cepat panas

Cara membersihkan laptop – Keyboard
Bila Anda ingin membersihkan keyboard laptop, sebaiknya Anda memeriksa petunjuk manual Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang biasanya disertakan dalam dus pembelian laptop atau notebook untuk melihat apakah memang ada instruksi yang spesifik untuk membersihkan keyboard laptop dari produsen laptop yang Anda miliki.

Apakah Anda pernah bertanya-tanya kenapa tombol keyboard Anda lengket dan sulit ditekan? Bisa jadi hal ini karena Anda pernah menjatuhkan remah-remah makanan di atas laptop! Kalau Anda sedang mencari tahu cara membersihkan keyboard secara mudah tanpa risiko mengganggu program komputer atau menghapus dokumen yang tersimpan di laptop, langkah pertama adalah matikan laptopnya! Selanjutnya,

Artikel terkait :   Perlukah memasang antivirus untuk smartphone

– Balik laptop secara hati-hati dan goyang perlahan-lahan untuk menjatuhkan remah-remah yang tersangkut.
– Ambil sekaleng udara bertekanan untuk meniup sisa-sisa kotoran yang masih terjebak di keyboard. Lakukan ini per baris atau per area.
– Gunakan kapas yang dibasahi cairan alkohol pembersih untuk mengangkat noda lemak dan kuman yang tidak kasatmata dari permukaan keyboard. Cairannya akan cepat menguap.

Selain itu, saat anda membersihkan laptop bagian keyboard ini, keyboard laptop bukan seperti keyboard desktop, tombol keyboard laptop dan netbook menjadi satu komponen. Oleh karena itu saya menyarankan untuk membersihkan menggunakan kain lembab. Anda juga dapat gunakan udara bertekananan untuk menyemprot semua debu, kotoran, atau rambut dari di-antara tombol. Anda juga dapat menggunakan penyedot debu kecil untuk menghisap dan menghapus setiap kotoran dan debu.

Cara membersihkan laptop – Layar
Kotoran, debu, dan sidik jari dapat menyebabkan layar komputer laptop anda akan sulit untuk dibaca dan tentu saja tidak bagus. Membersihkan layar atau LCD Laptop memerlukan prosedur pembersih khusus karena tidak seperti monitor CRT atau dekstop, layar laptop tidak terbuat dari kaca padat. Membersihkan layar laptop tidak memerlukan banyak peralatan khusus, cukup kain mikrofiber yang agak lembap. Mengingat air dan listrik tidak boleh dipertemukan, pastikan bahwa laptop Anda tidak tersambung ke sumber listrik dan dalam keadaan mati.

Dalam membersihkan dengan LCD Spray, setiap cairan pembersih tidak langsung pada layar. Jangan juga menggunakan handuk kertas pada layar LCD. Gunakan kapas lembut dalam membersihkan LCD. Anda dapat menggunakan alkohol untuk kain dan usap layar dengan kain lembab jika ada zat yang tidak bisa dihilangkan dengan kapas. Dengan sedikit air, basahi kainnya, bukan layarnya langsung! Peras, lalu perlahan-lahan gunakan kain tersebut untuk menyeka noda yang menempel. Kalau Anda masih ragu-ragu, cek buku manualnya atau konsultasikan dengan toko tempat Anda membeli laptop tersebut. Beberapa toko juga menjual produk khusus membersihkan LCD laptop yang dapat Anda coba.

Artikel terkait :   Harga hp android murah berkualitas

membersihkan laptopDari cara yang baik untuk membersihkan laptop agar tidak cepat panas diatas, lakukan secara rutin agar kondisi laptop dapat terjaga. Membersihkan keyboard dan layar laptop merupakan perawatan komputer yang paling standar. Mouse, port eksternal, ventilasi kipas, dan komponen-komponen internal laptop juga perlu dibersikan. Jangan lupa untuk selalu mengonsultasikannya dengan teknisi profesional jika Anda ragu-ragu.

Leave a Reply