Membuat label undangan dengan excel

Desain serta bentuk undangan pernikahan begitu beragam serta unik. Untuk melengkapinya dengan membuat label undangan dengan excel serta word dari stiker, dan mencetaknya dengan printer cukup praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama. Hanya saja, tidak semua orang memahami cara membuat label undangan. Ada yang memilih menggunakan word karena familier dengan operasional pengolah kata ini. Tetapi ada yang memanfaatkan penataan kolom dan baris dari excel dengan menempatkan setiap data nama dan alamat yang ditempatkan di kover kartu undangan. Mengapa mereka lebih nyaman dengan mempergunakan excel?. Bagaimana memanfaatkannya agar penampilan kartu undangan lebih rapi?. Dalam artikel tips teknologi kali ini, kami akan membahas mengenai cara membuat label undangan dengan excel.

Walaupun di internet sendiri sudah banyak tersedia penjelasan mengenai tutorial cara mencetak label undangan. Akibatnya mereka terpaksa mencetak label sticker dengan cara manual, yaitu dengan cara membuat template kotak-kotak pada Microsoft word lalu memasukkan data nama-nama yang akan di undang beserta jabatan atau alamat tempat tinggalnya kemudian mencetaknya satu-satu.

Tentunya hal ini akan sangat melelahkan, membosankan dan juga bisa beresiko seperti salah cetak karena tertukar nama dan alamatnya, cetakan miring tidak rapi, dan bahkan ada juga yang belum tercetak karena terlewatkan. Dan Bagi yang tidak mau repot sebenarnya anda bisa minta bantuan ke rental komputer yang melayani jasa pengetikan untuk mencetak label sticker undangan. Anda tinggal memberikan list saja nama-nama tamu undangan anda.

Mengapa harus dengan excel?.

Hal yang paling ribet saat mengadakan undangan adalah cara membuat nama label undangan pernikahan, khitanan atau lainnya. Jika tamu yang diundang jumlahnya hanya puluhan mungkin tidak melelahkan ditulis dengan tangan secara manual namun jika yang diundang jumlahnya ratusan bahkan ribuan, ini membutuhkan cara khusus. salah satunya adalah cara membuat label undangan excel ke word.

Sebenarnya ada beberapa cara membuat label undangan. Kita dapat mencoba cara membuat mail merge word. Cara ini sudah sangat populer bagi siapa saja yang ingin membuat surat undangan kepada banyak orang dengan isi yang sama. cara membuat label undangan di ms word ini tidak membutuhkan keahlian khusus karena dengan mengikuti tutorial yang ada siapa saja dapat melakukannya.

Artikel terkait :   HP lengkap harga murah kaya fitur

Apa itu mail merge?

Mail Merge adalah fitur aplikasi word processing yang digunakan untuk memproduksi banyak dokumen dalam satu template. Isi dokumen tersebut diambil dari sumber data terstruktur (database). Dalam Microsoft Word, fitur mail merge dapat digunakan untuk membuat label yang berisi nama dan alamat penerima surat.

Dengan mail merge, seseorang tidak perlu membuat label surat dengan template yang sama berulang-ulang, melainkan cukup memasukkan data nama dan alamat penerima surat yang diimpor dari database.

Bagaimana membuat mail merge dengan excel?

Mail merge bisa diartikan sebagai penggabungan dua dokumen menjadi satu dokumen atau dalam pengertian yang lebih luas mail merge merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft Word untuk membuat surat dalam jumlah besar. Nah, untuk mempersiapkan database dengan melalui program excel dilakukan dengan beberapa langkah berikut :

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu kita masuk ke Ms. Excel, setelah itu kita beri namaSheet yang akan kita gunakan sebagai tempat penyimpanan data.
  2. Setelah kita memberi nama sheet sesuai dengan langkah di atas, lalu kita buat tabel yang kita inginkan sesuai dengan kebutuhan. Misalkan, kolom nama, alamat dan kota.
  3. Setelah membuat tabel dan data telah di isi sesuai dengan data yang anda butuhkan, maka simpan file Ms. Excel tadi sesuai dengan nama file yang di inginkan.

Dari data yang bisa kita isikan secara lengkap mengenai nama, alamat, kota maka akan kita hubungkan dengan word sebagai format bentuk label kartu undangan yang akan kita tempel di kartu undangan.

Bagaimana memasukkan data mail merge ke word?

Label undangan ini adalah media untuk mempermudah menulis nama dan alamat penerima undangan sehingga dengan adanya format halaman label ini anda bisa lebih cepat dan lebih rapi karena sudah di setting jarak antara nama satu dengan lainnya. Label akan di setting berdasarkan ukuran per label / kotak sesuai dengan kertas yang sobat pakai untuk mencetak kertas misal letter, legal, A3, A4 atau kertas khusus untuk membuat nama undangan.

Artikel terkait :   Membersihkan laptop agar tidak cepat panas

Untuk pembuatan format di word, bagian ini anda harus menentukan page setup untuk bentuk stiker yang anda miliki yang dapat anda beli di toko buku. Banyak ukuran serta model yang dapat disesuakan dengan area yang tersedia di kartu undangan. Untuk tahapan memasukkan data mail merge yang sudah terisi dengan lengkap beserta data di excel seperti diatas, maka langkah yang perlu anda lakukan adalah :

  1. Setelah format telah selesai kita buat, pada Ms. Word kita pilih menuMailings >> Start Mail Merge >>Step by Step Mail Merge Wizard. Lalu akan muncul menu disamping kanan Ms. Word, Selanjutnya pada menu Select Document Type, pilih Letters >> Next:Starting Document.
  2. Selanjutnya pada menu Select starting document, pilihUse the current document >> Next:Select Recipients.
    Pada menu Select recipients, pilih Use an existing list, selanjutnya pilih file Ms. Excel yang disimpan tadi pada menu Browse, pada saat kita membuka file Ms. Excel yang telah kita simpan tadi, akan mucul sheet yang ada pada file Ms. Excel tadi.
  3. Selanjutnya kita pilih sheet yang telah kita berinama tadi tempat data tersimpan. Setelah dipilih, lalu lanjutkan dengan memilih Next: Write your letter.
  4. Selanjutnya untuk memasukan data pada format yang telah kita buat tadi pada Ms. Word,arahkan kursor pada format yang telah kita buat sesuai dengan jenis data yang akan kita tampilkan, lalu kita pilih tab Insert Merge Field. Pada tab ini akan muncul kolom-kolom yang telah kita buat pada Ms. Excel tadi.
  5. Lalu pilih kolom-kolom tadi sesuai dengan format yang telah kita buat pada Ms. Word agar data yang telah kita buat pada Ms. Excel dapat ditampilkan pada Ms. Word.

Untuk menampilkan data, pilih menu Preview Results, maka akan tampil data yang ada pada Ms. Excel tadi. untuk melihat data selanjutnya, dapat dilakukan dengan cara menekan tombol anak panah disamping menu Preview result sesuai dengan nomor yang kita inputkan sebelumnya pada Ms. Excel.

Leave a Reply