Memilih antivirus terbaik untuk android

Jangan asal install antivirus, karena banyak yang palsu dan abal-abal. Lalu bagaimana memilih antivirus terbaik dan asli untuk hp android?. Saat kita membuka di playstore, begitu banyak antivirus yang tersedia, tetapi tidak semua merupakan antivirus yang benar-benar bisa menjalankan fungsinya untuk mencegah virus masuk. Ada banyak antivirus yang malah menjadi ‘virus’ karena menampilkan iklan yang sering membuat hp jadi lemot serta hank. Memang untuk beberapa antivirus yang asli, selalu menyertakan fungsi update dari vendornya dan menyesuaikan versi android bawaan. Apa saja yang menjadi pertimbangan kita untuk memilih antivirus terbaik sebagai senjata bagi hp android melawan virus?. Mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa itu virus android? memang perlu diwaspadai?

Virus Android adalah istilah yang disajikan untuk mencoba menggambarkan aplikasi berbahaya yang mampu mempengaruhi ponsel Android. Kita harus memperingatkan Anda bahwa jumlah virus tersebut telah meningkat secara terus-menerus, dan sekarang diyakini bahwa satu dari sepuluh aplikasi yang sekarang gratis dan banyak yang baru bisa dikategorikan berbahaya karena mulai secara terselubung memasukkan pesan iklan disetiap aplikasi mereka yang membuat hp android dipaksa untuk menampilkan iklan.

Bagaimana pengguna hp android mudah dijebak install antivirus palsu?

Banyaknya pengguna sistem operasi android membuat developer aplikasi juga ikut bersaing untuk mengeluarkan program andalannya. Namun tidak jarang dalam melakukan promosi, mereka menggunakan hal – hal yang tidak sepatutnya dilakukan. Salah satunya adalah memasang iklan bahwa seolah – olah handphone android terkena virus.

Kami sering mengunjungi beberapa situs, kemudian muncul peringatan “Handphone anda terinfeksi virus“, “awas, android anda terinfeksi trojan” dan sebagainya. Peringatan seperti ini sebenarnya hanya akal – akalan developer untuk mengelabuhi user agar mendownload aplikasi mereka. Konsepnya, user dibikin panik dengan memunculkan peringatan tersebut. Selanjutnya mereka menawarkan aplikasi yang mampu membersihkan virus.

Dari sini sudah bisa ditebak, user yang panik akan langsung mendownload aplikasi tersebut. Dan jika aplikasinya berhasil di download, maka mereka akan mendapatkan komisi dari proses downloading tersebut.

Artikel terkait :   Cara agar memori android tidak penuh

Meskipun banyak yang melakukan tehnik ini, bukan berarti virus di android itu tidak ada. Virus di android itu ada. Biasanya virus ini dimasukkan dalam aplikasi yang menarik, kemudian aplikasi tersebut disebarkan. Konsepnya seperti trojan. Jadi kalau aplikasi sudah di download, virus akan memisahkan diri kemudian melakukan tugasnya.

Apa sih tugas antivirus di hp android? Apa bedanya dengan antivirus di PC?

Antivirus Android, seperti halnya yang terdapat di PC, akan berusaha untuk menemukan adanya malware pada hp android anda. Tidak seperti antivirus yang berbasis PC, hal yang bisa dilakukan oleh antivirus Android terbaik sekalipun hanya terbatas untuk menemukan aplikasi yang menjadi biang keroknya dan membiarkanmu untuk mencopot pemasangan aplikasinya sendiri.

Jadi, tidak akan secara otomatis membersihkan atau men-desinfektan malware yang terdeteksi. Dan ujung-ujungnya, semua antivirus mobile yang bagus rata-rata memiliki fungsi yang hampir sama, yakni : mereka hanya berusaha mendeteksi malware pada file dan aplikasi yang kamu miliki. Meski begitu, kualitas dari setiap aplikasi antivirus dibedakan oleh seberapa banyak malware yang bisa mereka deteksi, dan fitur-fitur apa yang mereka banggakan.

Bagaimana memilih antivirus dan memastikan itu asli dan bukan abal-abal?

Di aplikasi Google Playstore, seorang pengguna Android akan dengan mudah menemukan banyak aplikasi anti-virus Android, dan masing-masing memberikan banyak keunggulan, kekurangan, maupun kelengkapan fitur. Hal yang bagus dari semuanya adalah: kebanyakan anti-virus Android bisa diunduh dengan gratis. Kendati demikian, persoalan pentingnya adalah: dari sekian banyak aplikasi anti-virus yang tersedia, mana yang bisa dianggap terbaik?

1. Download hanya dari PlayStore
Sebaiknya hanya download antivirus android melalui Play Store saja dan jangan mendownload antivirus apk di sembarangan website karena belum tentu aman bahkan mungkin malah sudah disusupi berbagai macam malware atau spyware yang justru akan menginfeksi android yang kita gunakan. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengunduh aplikasi dari Playstore saja, untuk alasan keamanan. Selain itu, pilih saja antivirus android dari perusahaan pembuat antivirus terkenal yang telah lama berpengalaman di dunia security.

Artikel terkait :   Memilih paket internet berlangganan

2. Perhatikan kapasitas RAM
Bila Anda memiliki spek ponsel yang rendah, sebaiknya berpikir untuk memasang anti-virus yang tidak membutuhkan resource yang banyak untuk menjalankannya. Bila memiliki kapasitas RAM kecil, sebaiknya pilih aplikasi anti-virus yang databasenya kecil. Jauhi anti-virus yang bekerja secara realtime, terutama bila sebuah smartphone memiliki RAM kecil. Ini tentu berhubungan dengan kemampuan hp android yang anda miliki agar tidak terbebani dengan kinerjanya karena terpasang antivirus. Anti-virus yang ringan dan tidak memakan banyak sumber daya tentu adalah pilihan terbaik. Jangan sampai membuat smartphone Anda menjadi lelet setelah memasang anti-virus tertentu.

3. Utamakan fitur deteksi Malware
Kebanyakan anti-virus menawarkan kemampuan premium dan lengkap. Ini merupakan hal bagus, namun Anda harus memilih, terutama bila sumber daya smarphone terbatas. Sebaiknya pilih anti-virus yang memiliki kemampuan menganalisis malware dengan baik. Ini merupakan fitur penting yang harus ada di dalam sebuah anti-virus Android.

4. Cari antivirus yang ringan
Anti-virus yang ringan dan tidak memakan banyak sumber daya tentu adalah pilihan terbaik. Jangan sampai membuat smartphone Anda menjadi lelet setelah memasang anti-virus tertentu.

Antivirus ringan tidak berarti lebih buruk daripada antivirus berat. Oleh sebab itu anda perlu melakukan pengetesan secara langsung untuk mengetahui antivirus mana yang paling baik dari segi kinerja dan konsumsi waktu. Berikutnya anda juga harus melihat seberapa detil laporan scan yang diberikan oleh antivirus tersebut. Setiap antivirus memiliki cara berbeda dalam menampilkan hasil pemindaian virus. Dari sana anda bisa mengetahui antivirus mana yang memang kompeten dalam memeriksa virus dan mana yang mendeteksi terlalu umum.

Memang banyak dari kita yang tidak terlalu mempedulikan soal laporan. Namun ini penting terutama jika anda ingin mengetahui jenis virus apa yang telah menginfeksi komputer anda. Setiap antivirus memiliki database virus yang berbeda-beda. Semakin luas database-nya, semakin banyak pula virus bisa dideteksi dan dibersihkan. Ini akan memberikan perlindungan terbaik kepada hp android anda.

Leave a Reply