Memilih jasa pengiriman barang untuk bisnis

Jika anda memiliki bisnis dropship atau reseller, saat anda memilih jasa pengiriman barang yang dipercaya dan selalu tepat waktu adalah salah satu hal penting. Percuma anda dapat menyakinkan pelanggan bawah barang yang dipesan akan datang tepat waktu ditanggan mereka jika jasa pengiriman barang yang anda pilih tidak memiliki riwayat selalu tepat waktu. Kita tahu bahwa banyak jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia dengan berbagai fasilitas dan kesiapan armada mereka untuk menjangkau seluruh pelosok. Nah, bagaimana menentukan jasa pengiriman barang yang tepat untuk bisnis anda?. Apa saja yang layak kita nilai dari mereka untuk bisa memilih salah satu dari mereka?.

jasa-pengiriman-barangMengapa harus selektif dalam memilih jasa pengiriman barang?

Perusahaan jasa ekspedisi kargo itu sendiri adalah layanan yang dipercaya untuk mengirimkan barang dari satu tempat ke tempat tujuan lain sehingga barang atau produk yang dipesan atau diminta dapat dikirim ke tempat tujuan. Karena usaha dalam hal ekspedisi kargo tersebut semakin banyak setiap tahunnya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak Anda diinginkan, anda wajib mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih perusahaan pengiriman barang.

Sekarang ini perusahaan jasa pengiriman barang sudah banyak yang kita temukan di setiap sudut-sudut kota, dengan berbagai macam merek dan layanan yang diunggulkan dari masing-masing perusahaan tersebut. Dengan pengembangan layanan kargo yang pesat ini, adalah mungkin bagi orang-orang bodoh yang melakukan penipuan dengan kedok jasa pengiriman barang.

Dalam berbisnis online pengiriman barang merupakan hal yang penting, karena barang bisa sampai pada pembeli harus diantar dengan kesepakatan yang dibuat, baik jasa kurir ataupun COD. Bila usaha online shop kita sudah besar maka kita juga harus mempunyai kurir pribadi yang bisa mengantarkan barang kita sampai pada pelanggan, ini yang dilakukan Bhineka.com yang memiliki hampir 40 armada pengiriman barang.

Apa saja yang perlu diperhatikan dari pemberi jasa pengiriman barang?

Untuk memilih jasa pengiriman yang baik ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar barang kita sampai dengan selamat kepada pembeli, berikut cara memilih jasa pengiriman barang :

Services Area
Kita harus tahu jangkauan dari area jasa ekspedisi yang akan kita gunakan, apa mereka bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia atau tidak. Karena orang yang bertransaksi dalam bisnis online bisa saja berasal dari daerah yang mungkin kita sendiri belum pernah mendengarnya.

Artikel terkait :   Cara menjadi dropship online shop

Selain itu juga kita harus tahu apakah jasa layanan yang mereka sediakan meng-cover untuk jasa pengiriman keluar negeri, karena bukan tidak mungkin bila ada yang memesan barang kita dari luar negeri.

Handling Barang
Handling barang yang dilakukan penyedia jasa layanan juga perlu dipertimbangkan, karena kita tidak mau kalau barang yang kita jual sampai rusak ketika sampai pada pembeli. Penyedia jasa yang baik biasanya tahu barang apa yang dikirimkan, jadi mereka tidak asal lempar ataupun banting untuk menghindari kerusakan pada barang.

Tapi kadang juga sering terjadi kerusakan pada pembungkus paket yang dikirimkan, jadi kita harus perhatikan keamanan barang yang akan kita kirim dengan memaksimalkan pengepakan, ini mengantisipasi dari hal-hal yang bisa merusak barang kiriman kita saat di tangani pihak ekspedisi.

Lama Pengiriman
Semua pelanggan yang sudah membayar produk idamannya tentu akan tidak sabar menunggu produk tersebut sampai di tangannya. Ini menjadi tugas utama kita dalam memilih jasa pengiriman yang cepat dan tepat. Jasa pengiriman yang bisa diandalkan biasanya memiliki sistem pengiriman yang terorganisir dengan baik sehingga keterlambatan pengiriman barang bisa diminimalkan.

Lamanya pengiriman barang juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jasa pengiriman, karena beda jasa layanan beda juga lamanya pengiriman. Tapi kebanyakan masing-masing jasa pengiriman memiliki jenis paket pengiriman, seperti YES pada JNE ada juga layanan seperti itu di jasa penyedia layanan lainnya seperti ONS di TIKI, dan Paket Kilat pada Pos Indonesia.

Tarif
Setiap penyedia layanan pengiriman memasang harga berbeda-beda tergantung pada layanan yang dipilih. Tapi kebanyakan setiap layanan harganya tidak jauh berbeda dari layanan sejenis yang ditawarkan penyedia jasa pengiriman lainnya. Jadi masalah tarif bisa dibicarakan dengan pembeli mau menggunakan yang murah atau mahal.

Sebaiknya pilih jasa pengiriman barang yang memiliki standar ongkos kirim yang jelas, rinci, dan stabil. Hal ini akan jauh memudahkan Anda menghitung biaya ongkos kirim yang akan dibayarkan konsumen. Biasanya, jasa pengiriman barang yang sudah professional memiliki fitur menghitung ongkos kirim di website mereka sehingga Anda tak akan salah memberikan beban biaya ke konsumen baik dengan cara penghitungan per kilometer atau berdasarkan bobot barang yang akan dikirim.

Artikel terkait :   Kunci sukses usaha laundry

Customer Services
Kita juga harus melihat apakah customer services jasa pengiriman yang akan kita gunakan selalu stand by 24 jam karena bisa saja pembeli kita komplain saat tengah malam jadi kita harus memilih jasa pengiriman yang customer services selalu siap melayani ketika kita mencari info status barang kiriman kita.

Mudahnya Melakukan Tracking
Selalu saja ada pelanggan yang tidak sabaran dan ingin mengetahui dimana produk pesanannya berada. Nah, dalam menghadapi pelanggan yang tidak sabaran dan merepotkan, kita bisa mengandalkan sistem tracking yang dimiliki oleh suatu jasa pengiriman. Berikan nomor resi pengiriman pada si pelanggan supaya dia merasa puas dan bisa memantau sendiri paket pesanan yang sudah ia bayarkan pada kita.

Jaminan Keamanan Barang yang Dikirimkan
Kadangkala bisnis online tidak selalu mengirimkan produk-produk biasa seperti baju, sepatu atau produk fashion lainnya. Bisnis online juga seringkali menjual produk-produk lain seperti perhiasan, gadget dan makanan. Produk-produk khusus tersebut membutuhkan penanganan yang lebih teliti dan aman saat berada dalam proses pengiriman.

Jadi, mengirimkan barang-barang yang rentan rusak atau hilang harus dilakukan melalui jasa pengiriman yang terpercaya. Karena biasanya jasa pengiriman yang baik akan memberikan jaminan asuransi atas peristiwa kerusakan atau kehilangan barang yang dikirimkan.

Yang terpenting dari hal-hal tersebut adalah untuk memantau terus jasa ekspedisi kargo tersebut, sehingga ketika Anda mengirim barang menggunakan perusahaan jasa tersebut akan sampai ke tempat tujuan yang dituju, dan diterima dalam kondisi yang baik. Jadi dalam memilih perusahaan jasa pengiriman Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini sehingga barang anda akan dikirim ke tujuan dan dapat diterima dengan kondisi baik oleh si penerima barang.