Memilih kabel data yang bagus

Seperti halnya kabel HDMI yang cukup banyak jenis, untuk memilih kabel data yang bagus agar tidak merusak hp karena kualitas kabel jelek bisa akibatkan konsleting dan terbakar komponennya, anda harus memperhatikan beberapa hal. Kabel data dewasa ini sangat banyak diproduksi oleh pabrikan lokal karena penggunaan kabel data sangat tinggi selain dipergunakan saat melakukan charging maupun untuk mengkopi data dari laptop ke hp. Sekilas bentuk kabel data tidak ada bedanya dari berbagai merk. Pada saat kita membeli di konter seluler, sering kita hanya mencoba menghubungkan hp dengan power bank untuk melakukan testing. Sejauh bisa melakukan proses charging, langsung kita beli. Ternyata, ada beberapa kasus terjadinya hp terbakar dan kecelakaan kecil karena kabel data yang kurang bagus. Nah, agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya anda mulai belajar bagaimana memilih kabel data yang bagus agar terhindar dari kecelakaan terhadap hp anda.

Apa fungsi kabel data untuk hp?

Kabel data (bahasa Inggris: Data Cable) adalah perangkat keras yang merupakan sarana sebagai penghubung antara ponsel dengan computer agar bisa berkomunikasi lewat port COM. Seperti halnya kabel printer, penghubung printer dengan computer sebagai sarana komunikasi antar dua perangkat keras. Dengan kata lain, apa yang bisa dilakukan oleh data cable tergantung dari softwarenya.
Umumnya,kabel data digunakan untuk menservice ponsel seperti buka phonelock, ganti nomor IMEI, upgrade software ponsel, dan lain-lain. Sementara pada ponsel cerdas smart phone, kabel data digunakan untuk keperluan akses mobile internet seperti koneksi dari notebook ke Internet, hingga kirim fax. Para pemakai yang gemar otak-atik ponsel malah sering kirim SMS lewat computer, tune up hingga menjejali ponsel dengan aplikasi lewat pemanfaatan kabel data. Fungsi kabel data ini, tidak terbatas karena kemampuan serta kinerjanya selalu berhubungan dengan perangkat lunak (software).

Kabel data juga bisa dijelaskan sebagai penerjemah antara ponsel dan computer. Mulai dari koneksi Internet, fax hingga melakukan organisasi isi dari SIM Card anda, ataupun fitur ponsel. Salah satu fungsinya antara lain pengisian nada dering pada ponsel yang memiliki fitur tersebut, upgrade versi, ganti bahasa, dan banyak lagi yang lainnya. Bisa disimpulkan bahwa kemampuan kabel data juga sangat tergantung pada softwarenya.

Artikel terkait :   Cara menggunakan wifi id gratis

Apa saja jenis kabel data yang digunakan untuk perangkat hp?

Kabel data, salah satu alat untuk sinkronisasi handphone ke komputer atau laptop kita. Kabel data ini sangat berguna untuk transfer file baik gambar, dokumen ataupun video dari handphone ke laptop/komputer atau sebaliknya. Mungkin sudah kita semua sudah banyak yang mengenal macam-mcam kabel data untuk handphone.Untuk mengingat saja, berikut ini adalah macam-macam kabel yang berhubungan dengan perangkat komputer, dalam menunjung kegiatan berkomputer.

Kabel Data DKU-5 – Kabel jenis ini biasanya disertakan dalam paket penjualan. meski punya colokan USB, sebenarnya kabel ini merupakan kabel serial dengan kecepatan rata-rata 20 kbps, walau di setingan kompi dibuat hingga 115 kbps atau 230 kbps. lumayan cepat untuk jika untuk transfer file, tapi kurang ngegigit jika di jadikan modem.

Kabel data DKU-2 – Kabel jenis ini biasanya disertakan dalam paket penjualan. berbeda dengan DKU-5 yang membutuhkan konversi serial ketika dihubungkan ke PC, DKU-2 mampu langsung di baca oleh port USB karena berjenis POP-Port. namun, karena masih menggunakan USB versi 1.0, maka kecepatannya pun masih berkisar antara 1,5 hingga 12 Mbps.

Kabel data CA-42 – Merupakan kabel data generasi baru dari DKU-5, meskipun sama-sama serial, kabel data CA-42 memiliki beberapa kelebihan diantaranya: lebih hemat energi, kemampuan plug and play.

Kabel data CA-53 – Merupakan kabel data generasi baru dari DKU-2, merupakan kabel true USB dengan dukungan USB versi terbaru (ver 2.0). Kabel ini hanya mampu membaca MMC dalam ponsel, tetapi jika mini USB type DKE-2 termasuk kabel data.

Kabel data DCA-510 – Kabel ini sudah menggunakan konektor serial, transfer data dapat dilakukan dalam kecepatan 115 kbps- 460 kbps. kemampuan yang dimiliki hampir sama dengan kabel data DCA-500, namun kabel ini dapat berfungsi sebagai charge juga. (kabel buatan pihak ketiga yang hampir sama adalah MA-8720p)

Artikel terkait :   Laptop mati sendiri tanpa peringatan

Apa sebab kabel data tidak dapat terbaca oleh komputer?

Seringkali terjadi masalah apabila kita akan menyambungkan gadget baik itu HP, iPad, mpg box, maupun perangkat lainnya ke komputer. Kadang penyebab kabel data tidak terbaca baik dari hand phone maupun tidak terdeteksi oleh komputer merupakan masalah yang sulit untuk dipecahkan. Karena struktur kabel USB ini agak riskan untuk mengalami kerusakan, kadang umur pemakaian kabel ini tidak lama apalagi jika sering dipasang- lepas dari komputer satu pindah ke komputer lainnya.

Kalau masalah kabel data bawan HP Nokia, Samsung, atau HP China yang tidak terbaca mungkin masih dapat diakali dengan melepas memory card dan menghubungkan memori menggunakan slot card reader. Namun kalau kita ingin memasangkan HP sebagai modem dengan kabel USB, tentuharus memikirkan bagaimana caranya kabel tersebut tidak rusak danmasih dapat dibaca dengan baik oleh perangkat laptop ataupun komputer.

Hal-hal yang menyebabkan muncul pesan ‘USB Devide Not Recognized’ dilayar kompuuter biasanya karena driver software dari perangkatelektronik tersebut belum terinstal, atau terjadi masalah pada kabel data itu sendiri.

Kadang bagian dalam kabel sudah putus sehingga tidak dapat terkoneksi dengan komputer, atau penyebab lainnya adalah pada port USB dari motherboard PC yang rusak. Hal ini memerlukan pengetesan khusus misalnya dengan menggunakan kabel USB lain yang masih bagus.

Atau kerusakan dapat pula terjadi pada perangkat gadget itu sendiri, yaitu pada slot USB yang ada dibagian dalam bisa saja sudah pecah atau tidak tersambung dengan baik. Diperlukan keahlian khusus kalau ingin membuka gadget anda, tentunya dengan membawanya ke tangan teknisi yang ahli.

Leave a Reply