Memilih kosmetik untuk kulit sensitif

Saat akan memakai kosmetik, ada juga yang memakai bedak sebagai bahan dasar untuk kenyamanan. Memilih kosmetik untuk kulit sensitif perlu mengetahui kandungan yang menjadi bahan dasar agar tidak mengakibatkan kulit mengalami iritasi. Efek yang terjadi pada kulit yang sensitif sangat beragam, kebanyakan mengalami ruam atau merah-merah pada permukaan kulit atau juga terasa gatal. Untuk anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya jangan selalu berganti-ganti kosmetik yang belum tentu cocok dengan kondisi kulit anda. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai pemilihan kosmetik yang sesuai dengan kulit sensitif.

memilih-kosmetikBagaimana mengetahui jenis kulit sensitif?

Memahami jenis kulit Anda merupakan langkah awal yang baik untuk memilih perawatan kulit. Tidak banyak orang yang menyadari atau ragu menentukan jenis kulit yang mereka miliki. Serta tak jarang pula Anda sulit mengidentifikasi apakah kulit Anda berjenis sensitif atau tidak.

Kulit sensitif sesungguhnya bukanlah istilah medis. Istilah ini datang dari mereka yang memiliki masalah atau reaksi alergi terhadap produk kecantikan tertentu, makanan tertentu, dan juga zat pembersih rumah tangga tertentu. Reaksi alergi ini dapat berupa rasa menyengat, terbakar, kemerahan, dan luka. Terkadang, orang juga mengklaim kulit mereka sensitif hanya berdasarkan rasa tidak nyaman dari penggunaan produk tertentu, bahkan meski tak tampak reaksi alergi terhadapnya.

Memang, sebagian ahli mengatakan bahwa kulit sensitif lebih banyak ditemui pada orang-orang di Eropa Utara, seperti Skotlandia, Irlandia, dan Iceland dibandingkan dengan negara-negara lain. Selain itu, faktor paparan yang berlebihan seperti sinar matahari, angin, suhu juga dapat menimbulkan reaksi alergi dan merusak kulit.

Jadi, bila ingin tahu kulit kita termasuk jenis “kulit sensitif” atau tidak, sebaiknya langsung datang ke dermatologist atau dokter kulit. Karena para ahli di bidang ini akan mencari beberapa ciri untuk mendiagnosa apakah kulit kita termasuk sensitif atau bukan.

Anda sebenarnya tidak perlu khawatir. Anda bisa mengurangi dan menjaga kulit sensitif jika dengan menemukan perawatan kulit yang lembut dan tepat dan menggunakan bahan-bahan lembut dalam kosmetik.

Apa yang memicu kulit menjadi sensitif?

Artikel terkait :   Perawatan kecantikan rambut dengan daun seledri

Penyebab kulit wajah menjadi sensitif berbeda-beda pada setiap orang, tapi umumnya terjadi pada wanita yang sering menggunakan perawatan peeling atau dengan metode pengelupasan kulit wajah. Wanita dengan riwayat alergi atau penyakit genetis/keturunan alergi kulit juga umumnya memiliki kulit wajah sensitif. Saya sarankan jangan gonta-ganti produk kecantikan karena akibatnya akan sangat fatal pada kulit wajah sensitif.

Orang dengan kulit sensitif harus ekstra hati-hati terhadap beberapa pemakaian parfum, paraben, pewarna bibir dan beberapa produk kosmetika lainnya. Kulit sensitif umumnya memiliki struktur kulit yang sangat tipis dan mudah teriritasi.

Meskipun kulit wajah sangat sensitif, Anda tetap dianjurkan membersihkan wajah sebelum beranjak tidur. Gunakan produk perawatan wajah yang mampu menyeimbangkan pH (potensial Hidrogen atau derajat keasaman kulit) yang memiliki fungsi membersihkan, melembabkan, dan sekaligus melindungi kulit wajah sensitif Anda. Saat melakukannya, Anda perlu berhati-hati, perlahan-lahan agar tidak membuat kulit tergores oelh kuku atau lainnya.

Bagaimana memilih kosmetik untuk kulit sensitif?

Jika Anda adalah pemilik kulit wajah sensitif, satu hal yang harus sangat Anda perhatikan untuk menghindari timbulnya masalah pada kulit adalah pemilihan kosmetik. Sebab, jika Anda salah menggunakan kosmetik, kulit Anda pasti akan langsung bereaksi. Padahal, ketika kulit wajah sensitif telanjur mengalami masalah akibat penggunaan kosmetik, untuk memulihkan memerlukan upaya yang serius dan waktu. Jadi, lebih baik mencegah sebelum masalah timbul.

Berikut adalah tips memilih kosmetik untuk kulit wajah sensitif guna mencegah atau memperkecil risiko timbulnya masalah pada kulit wajah.

  • Pilihlah produk-produk khusus untuk kulit wajah sensitif. Informasi mengenai hal ini bisa Anda dapatkan dari label yang memuat keterangan for sensitive skin. Atau, kosmetik yang hipoalergenik untuk mencegah timbulnya reaksi alergi atau iritasi pada kulit.
  • Lakukan tes untuk memastikan kosmetik yang hendak Anda pilih aman digunakan untuk kulit wajah sensitif. Oleskan sedikit kosmetik tersebut pada dagu bagian bawah. Lalu, tunggu selama beberapa menit. Apabila kulit kemudian terasa panas, gatal, atau perih, berarti produk tersebut tidak aman untuk kulit sensitif Anda.
  • Hindari memilih kosmetik yang banyak menggunakan pewangi karena dapat menimbulkan masalah pada kulit yang sensitif.
  • Pilihlah pembersih wajah yang lembut yang tidak mengandung sabun.
  • Pilihlah penyegar yang tidak mengandung alkohol. Kandungan alkohol akan memicu reaksi pada kulit sensitif.
  • Penggunaan scrub dengan bulir-bulir harus dihindari.
  • Pilihlah pelembap yang ringan.
  • Gunakan bedak tabur dan hindari penggunaan bedak padat.
  • Pilih produk kosmetik dengan pH sekitar 4,5.
Artikel terkait :   Kulit mudah merah ketika digaruk

Pemilihan kosmetik untuk kulit wajah sensitif memang harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Kosmetik yang tidak tepat akan memicu timbulnya rekasi alergi atau iritas. Sebaliknya, penggunaan kosmetik yang tepat dan aman akan menghindarkan kulit wajah sensitif dari berbagai masalah.

Bagaimana merawat kulit sensitif?

Kulit wajah sensitif rentan terhadap kekeringan yang membuatnya semakin sensitif. Oleh karena itu sangat penting menghidrasi/mencukupi cairan kulit Anda. Minumlah delapan gelas air atau lebih. Gunakan pula pelembab ringan yang mengandung hypoallergenic (sejenis susu protein yang meminimalisasi menculnya alergi kulit) untuk mengembalikan kelembaban kulit serta menghalangi lemak.

Buah, sayur dan makanan yang kaya akan air akan memperbaiki ketidakseimbangan produksi cairan pada kulit wajah sensitif. Perbanyak konsumsi makanan apapun yang mengandung banyak vitamin, mineral dan air karena dapat melembabkan kulit wajah dan mengembalikan kesehatan kulit wajah sensitif. Di sisi lain, Anda perlu menghindari makanan pedas, meminum alkohol atau kafein/coffee.

Batasi kontak langsung kulit sensitif dengan sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit sensitif menjadi merah dan terbakar dengan mudah. Hindari keluar ruangan saat sinar matahari sedang terik-teriknya. Jika terpaksa, maka gunakan tabir surya (sunscreen) pada wajah, bibir dan tubuh. Bila perlu gunakan kacamata, payung dan topi untuk melindungi kulit sensitif Anda dari sinar matahari langsung.

Lindungi kulit setiap saat meskipun berada di dalam ruangan, kulit tetap membutuhkan perlindungan. Jika Anda berada di ruangan ber-AC dalam waktu lama, gunakanlah pelembab. Tipis saja, penggunaan produk kecantikan yang berlebihan justru bisa menjadi bumerang bagi kulit sensitif. Hal ini baik untuk mencegah kulit sensitif mengering karena perubahan suhu yang ekstrim.

Leave a Reply