Memilih modem wifi yang bagus

Mengoptimalkan koneksi internet dirumah, dengan memilih modem wifi yang bagus untuk komputer dan laptop dirumah bisa disesuaikan dengan jenis koneksi yang dipakai. Alasan memakai modem wifi biasanya karena laptop atau komputer tidak memiliki perangkat penerima sinyal wifi, terlebih lagi agar tidak repot dengan urusan kabel jaringan yang tidak semua orang memahami cara instalasi jaringan komputer. Berbagai merk modem dapat dipilih sesuai kantong, tentu setiap merk memiliki karakteristik yang berbeda. Saat anda akan memilih modem wifi yang akan anda pakai di laptop atau komputer rumah agar dapat menangkap sinyal wifi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak menyesal setelah membelinya. Rata-rata harga wifi modem rumahan tidaklah begitu mahal dan cocok dikantong. Mari dalam artikel tips teknologi kali ini akan membahas mengenai cara memilih modem wifi yang bagus untuk dipakai di rumah.

Apa fungsi dari modem?

Modem merupakan sebuah alat yang fungsi utamanya adalah menyambungkan komputer atau PC ke internet dengan kata lain tanpa adanya modem komputer tidak dapat tersambung ke internet. Modem menjadi salah satu perangkat komputer yang mempunyai peranan penting dalam Sejarah Perkembangan Komputer di dunia karena tanpa alat ini komputer tidak akan dapat tersambung ke internet, namun dengan terus berkembanganya teknologi belakangan ini nampaknya fungsi modem mulai tersisih oleh kehadiran wifi.

Modem merupakan kepanjangan dari modulator-demodulator. Modulater ialah bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan sedangkan pengertian demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (data atau pesan) dari sinyal pembawa yang di terima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. modem sendiri adalah penggabungan dari modulator dan demodulator yang artinya adalah alat komunikasi dua arah.

Artikel terkait :   Harga paket internet speedy 2016

Mengapa kita butuh modem wifi?

Paling tidak ada yang bisa kita hemat ketika menggunakan Wi-Fi dirumah, yaitu beli pulsa data internet jadi berkurang karena semua device menggunakan satu koneksi internet yang sama. Terutama bagi istri yang di rumah dan device kita sendiri saat bekerja di rumah, juga anak-anak jika sudah bisa main internet. Jika sebelumnya setiap device kita harus membeli pulsa data internet, sekarang cukup satu saja yaitu di modem yang terpasang di Wi-Fi router.

Selain itu, salah satu penggunaan pulsa terbanyak adalah untuk keperluan internet. Tentunya untuk keperluan yang satu ini tidak bisa terlepas dari yang namanya Modem atau penerima sinyal internet yang nantinya akan diteruskan ke perangkat kamu. Modem yang paling praktis sekaligus popular saat ini adalah Modem WiFi, yakni perpaduan antara modem dengan kemampuan WiFI dalam memancarkan sinyal internet. Kepopulerannya melonjak dikarenakan praktis dan mudahnya modem ini untuk dibawa kemanapun. Selain itu, modem ini juga lebih user-friendly karena dapat dipergunakan di berbagai macam perangkat yang memiliki koneksi berupa WiFi.

Apa saja yang menjadi pertimbangan saat memilih modem wifi?

Kecepatan download dan upload
Kecepatan download adalah kecepatan dalam menampilkan isi website pada browser saat anda melakukan kunjungan ke sebuah alamat website di internet, atau saat men-download file dari website di internet. Kecepatan upload adalah kecepatan saat anda mengirim atau menaruh data file ke sebuah website di internet.

Kecepatan upload biasanya jauh lebih rendah dari kecepatan download, hal ini disebabkan pada sisi user atau klien, aktivitas download jauh lebih sering dan jumlah lalu lintas data yang lewat juga besar, sedangkan aktivitas upload pada sisi user sangat jarang dengan jumlah data yang kecil.

Artikel terkait :   Suara speaker hp kecil walau sudah ganti

Kecepatan internet via modem bolt sebenarnya ditentukan oleh beberapa faktor antara lain kualitas sinyal yang diterima perangkat, kemampuan perangkat dan kondisi alamat tujuan website itu sendiri.

Antenna ekternal
Meskipun kecil, perangkat modem mifi bolt bisa ditambahkan antenna external yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sinyal yang diterima oleh perangkat. Dengan kualitas sinyal yang baik maka koneksi pun menjadi cepat.

Kapasitas battery dan daya tahan battery
Kapasitas battery diketahui dengan melihat nilai kapasitas battery yang tertera pada spesifikasi perangkat, biasanya ditentukan dalam satuan mAH. Semakin besar nilai mAH maka semakin lama daya tahan pemakaian perangkat saat beroperasi dengan hanya menggunakan battery.

Daya tahan battery juga ditentukan oleh tangkapan sinyal yang diterima oleh perangkat, jika sinyal yang diterima oleh perangkat tidak maksimal maka perangkat akan menambahkan kekuatan atau daya tangkapnya agar sinyal yang bisa didapat menjadi maksimal.

Peningkatan daya tangkap sinyal dari perangkat tentunya akan membutuhkan tambahan daya listrik yang yang disedot dari battery, kondisi ini menyebabkan daya listrik yang tersimpan pada battery menjadi cepat terkuras.

Leave a Reply