Memilih paket internet berlangganan

Indihome menawarkan paket tv kabel dan internet berlangganan, lebih dari paket indovision yang hanya menyasar siaran tv. Untuk memilih paket internet berlangganan untuk seluruh anggota keluarga, ada baiknya anda mempertimbangkan aktifitas yang ingin dipakai berdasarkan paket yang ditawarkan. Jika kita perhatikan, dari setiap perangkat gadget dewasa ini sudah diperlengkapi dengan sarana koneksi data, baik melalui layanan operator seluler maupun koneksi wifi. Saat semua anggota keluarga berada di rumah, sangat bermanfaat dan menjadi solusi untuk lebih efisien dengan berbagi koneksi internet. Pada artikel tentang teknologi kali ini, kita akan membahas mengenai pemilihan jenis paket internet yang cocok untuk mengakomodasi kebutuhan koneksi internet bagi anda dan keluarga. Apa saja yang perlu kita pertimbangkan untuk menentukan paket berlangganan apa yang kita pilih?. Mari kita simak artikel ebrikut ini.

Mengapa paket internet dibeda-bedakan?

Ketika kita akan menggunakan internet untuk browsing , chatting, blogging, dll kita sering dihadapkan pada situsai sulit. Kita tahu Jika kita tidak menggunakan paket data yang efektif, pulsa akan cepat sekali habis dalam hitungan menit. Ini berlaku juga untuk internet menggunakan PC atau laptop. Untuk mengakses internet sendiri kita dihadapkan pada dua pilihan , antara paket kuota dan paket unlimited. Paket yang mana yang akan kita pilih?

Apa itu paket internet unlimited?

Meskipun dinamakan paket “unlimited” yang berarti “tidak terbatas”, namun ternyata pilihan paket ini tetap memiliki batasan-batasan tertentu jika ingin menikmatinya. Terbatasnya kecepatan adalah salah satu kekurangan dari pilihan paket ini. Ya meskipun tidak ada batasan pada besaran bandwidth data, namun keterbatasan terletak pada kecepatan sehingga untuk mengakses suatu halaman web atau lainnya dibutuhkan waktu yang lebih lama. Maka tidak heran jika banyak pengguna paket data unlimited mengeluhkan lambat atau lemotnya kecepatan yang disajikan.

Apa itu paket internet berbasis kuota?

Meski dibatasi dengan kuota atau istilah awamnya “dijatah” (diberikan jatah tertentu), ternyata pilihan paket yang satu ini juga tidak sedikit. Hal ini karena harga yang ditawarkan relatif lebih murah sehingga dianggap sebagai pilihan yang cocok untuk menghemat biaya khususnya untuk masalah internet. Keunggulan dari paket jenis ini adalah kecepatan akses data yang dapat dinikmati tidaklah dibatasi seperti pada paket unlimited sehingga pengguna dapat mengakses internet dengan lebih cepat.

Artikel terkait :   Cara menonton film 3D yang terbelah

Namun jika kita telah menggunakan keseluruhan jatah atau kuota yang ditentukan, maka kita akan dikenakan biaya tambahan yang besarnya bervariasi untuk tiap provider penyedia service internet. Selain cepat, kuota yang ditawarkan pun biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan “jatah” FUP pada paket internet unlimited.

Sebenarnya untuk menentukan mana yang bagus antara paket unlimited atau paket kuota tidak terlalu sulit. Kita harus mempertimbangkan beberapa hal diantaranya adalah :

  • Seberapa besar kebutuhan anda akan internet? atau apa tujuan anda menggunakan internet?
  • Seberapa besar kemampuan finansial anda?
  • Apakah paket yang anda pilih nanti akan efektif?

Mana yang lebih bagus antara unlimited dan berbasis kuota?

Poin pertama diatas menjelaskan seberapa besar sih tingkat kebutuhan internet anda?. Ini juga berhubungan dengan seberapa tinggi intensitas anda memakai internet? Jika anda menggunakan internet hanya untuk membuka sekedar browsing atau membuka situs social media seperti facebook, twiter, dll , maka anda cukup menggunakan paket kuota. Bahkan terkadang banyak operator dan provider yang menjadikan situs social media tersebut sebagai bonus dalam paketnya.

Untuk menunjang kebutuhan anda tersebut, kami rasa paket internet berbasis kuota 2GB atau 4 GB sudah cukup untuk sebulan. Biasanya paket kuota semacam ini dipatok dengan harga 30 ribu – 100 ribu, tergantung provider masing-masing. Semakin kecil kuota maka semakin murah pula harganya dan jangan lupa sesuaikan juga dengan kemampuan dompet anda supaya lebih efektif.

Bagi anda yang merasa tidak puas dengan paket kuota karena dibatasi penggunaannya ada baiknya menggunakan paket unlimited. Biasanya orang-orang yang menggunakan paket ini adalah mereka yang sangat tinggi intensitasnya dalam penggunaan internet. Mereka biasanya menggunakan internet untuk segala hal dari mulai browsing, social media, ngeblog ataupun download.

Sedikit masalah ketika menggunakan paket unlimited, ketika jatah FUP habis, maka kecepatan internet akan berkurang tetapi kita tetap masih bisa menggunakan internet sepuasnya. Berdasarkan pengalaman kami sendiri kecepatan awal dengan kecepatan ketika batas FUP habis, tidak berbeda jauh. Justru kadang-kadang bisa lebih cepat pada saat-saat tertentu.

Apa harus memakai router untuk dapat memiliki jaringan wifi dirumah?

Walau memang untuk perangkat router sebagai pemancar koneksi internet yang nantinya akan diterima oleh setiap perangkat gadget di sekitarnya, ini sudah disediakan oleh penyedia layanan seperti pihak telkom saat melakukan proses instalasi speedy dirumah. Perangkat ini disewakan oleh speedy juga, selama kita berlangganan maka router akan dipinjamkan dari pihak speedy ke pelanggan.

Artikel terkait :   Kamera hasil terbaik dengan kamera apa?

Bagaimana cara berlangganan speedy di rumah?

Berikut ini kami jelaskan langkah-langkah cara mendaftar Speedy dirumah dan memasang jaringan speedy dirumah sendiri :

1. Persiapkan fotocopy ktp yang akan digunakan untuk mendaftar dan tentukan paket internet yang ingin digunakan. Misalkan paket kecepatan 512Kb/Second paket ini merupakan paket termurah, ada juga paket 1 MB/Second dan juga ada yang 2MB/Second, untuk informasi lebih lengkap bisa Anda lihat di situs resminya di IndiHome.co.id

2. Silahkan datang ke kantor telkom yang dekat dengan rumah Anda, untuk mendaftar dan mengecek ketersediaan Speedy yang dapat dipasang dirumah kita. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi paket internet Anda, yaitu kecepatan dan biaya yang diberikan untuk memansang Speedy, biasanya di semua wilayah sama namun alangkah baiknya jika ditanyakan terlebih dahulu.

3. Jika sudah memilih paket internet speedy yang diinginkan, maka silahkan mengisi formulir pendaftaran paket internet Anda dan menyerahkan fotocopy KTP serta memilih paket internet yang telah disetujui. Waktu mendaftar kita tidak akan dimintai biaya apapun, namun kita akan dimintai pembiayaan sebesari kurang lebih 300rb dengan perincian untuk pemasangan, modem speedy dan paket internet selama satu bulan dan biayapun dibayar mulai bulan depan.

4. Petugas Telkom akan memberikan informasi kapankah si petugas akan datang ke rumah untuk memasang jaringan speedy di tempat kita. Dan ketika petugas dari Telkom telah tiba dan semua perangkat yang dibutuhkan telah terinstall, maka mintalah kepada petugas telkom tersebut untuk mengaktifkan jaringan Wifi dirumah Anda agar Anda dapat memulai dan semua perangkat yang dibutuhkan telah terinstall, maka mintalah kepada petugas telkom tersebut untuk mengaktifkan jaringan Wifi dirumah Anda agar Anda dapat memulai

Bagaimana dengan cara pembayaran paket internet speedy?

Untuk pembayaran tagihan internet speedy dengan pasca bayar ini Anda bisa menggunakan metode internet banking, misalkan menggunakan BeA. Dan bisa juga melalui ATM atau alternetif yang lain yaitu langsung datang ke kantor telkom terdekat untuk membayar tagihan internet speedy Anda. Sangat mudah bukan, cukup membawa fotocopy ktp udah bisa buat daftar dan memasang Wifi Speedy di rumah.

Leave a Reply