Memilih router wifi yang bagus

Ingin memiliki jaringan wifi sendiri? tetapi harus tepat memilih router wifi yang bagus sesuai kebutuhan kita dan murah. Di pasaran banyak sekali jenis dan merk wifi router yang bisa kita beli dan pasang dirumah dengan mudah. Harga yang mahal bukan menjadi acuan saat membeli karena tentu fasilitas dan fitur router wifi cukup banyak dan kita tidak bisa asal membeli karena harganya saja. Karena ada beberapa seri dan merk wifi router yang sangat komplit fiturnya tetapi cukup ribet saat melakukan instalasi dan malah tidak terpakai. Nah, ada beberapa jenis dan fitur dari wifi router yang perlu kita kenal agar kita bisa memilih router wifi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Nah, dalam artikel tips teknologi kali ini kami akan mengulas mengenai ilmu sekitar router wifi.

memilih-router-wifiApa kegunaan router wifi dirumah?

Fungsi router. Router memiliki fungsi utama untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung serta melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.

Pada saat ini, perangkat router sudah lebih canggih dan modern. Untuk mendistribusikan IP address kepada setiap komputer pada suatu jaringan, fungsi router tidak saja hanya dapat menghubungkan dengan sambungan kabel LAN, melainkan dapat dengan teknologi wireless. Dengan demikian, router pada saat ini dapat disambungkan pada setiap komputer, laptop, gadget, smartphone yang berada pada jangkauan router tersebut. Cukup dengan memanfaatkan sebuah gelombang radio yang dipancarkan oleh router. Itulah fungsi router.

Dengan router wifi, 1 koneksi bisa dipakai bersama

Kepemilikan terhadap lebih dari satu perangkat sudah merupakan pemandangan umum di masyarakat kita dewasa ini. Satu rumah bisa memiliki banyak perangkat. Baik itu laptop, tablet atau ponsel pintar. Penggunaan router wifi dapat menghemat biaya koneksi. Tidak perlu lagi membeli paket data terpisah-pisah untuk masing-masing perangkat. Setiap perangkat yang memiliki koneksi WiFi bisa terkoneksi ke router wifi dan menikmati koneksi internet bersama-sama. Jika anda orang yang mobile pun, paling tidak anda bisa mengambil paket internet yang berbiaya murah saja.

Ada berapa jenis router wifi yang ada dipasaran?

Artikel terkait :   Gaya foto selfie banyak di like

Produk router untuk consumer rumahan biasanya dikemas dalam dua jenis, router yang berdiri sendiri atau router yang dikemas satu packet dengan modem baik ADSL maupun Cable. Tplink sejauh ini tidak memproduksi modem untuk Cable broadband kecuali DSL modem saja. Lain halnya dengan Linksys, Netgear, D-link atau Motorola yang memproduksi kedua jenis DSL dan Cable modem dalam jajaran produk modem mereka.

Router juga mempunyai dua macam model, yaitu router yang dikemas dengan beberapa port switch saja, atau router yang dikemas dengan beberapa port switch plus wireless access point. Nah Tplink mempunyai jajaran produk ADSL modem, ADSL modem plus router, ADSL modem plus router dan wireless access point, dan wireless router (tanpa modem).

Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli?

Ketika Anda memilih modem wireless router, Anda akan melihat tiga digit angka yang terpampang di kemasan yang menunjukkan kecepatan. Beberapa tahun yang lalu, 300 Mbps adalah kecepatan standar dari WiFi router. Hal tersebut mengartikan bahwa pengujian dalam situasi terbaik dan tanpa gangguan, modem wireless router dapat mencapai kecepatan hingga 300 Mbps. Saat ini, 450 Mbps atau bahkan 900 Mbps. Kecepatan hingga 900 Mbps bisa Anda temukan pada modem wireless router dual-band terbaru di pasaran.

Kecepatan modem wireless router tidak berbanding lurus dengan kecepatan koneksi data internet Anda, karena koneksi kecepatan internet Anda bergantung pada provider di mana Anda berlangganan data internet. Modem wireless router berkecepatan 900 Mbps tidak akan lebih cepat dari modem wireless router berkecepatan 300 Mbps apabila Anda berlangganan layanan data internet dengan kecepatan maksimal 512 Kbps.

Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk dalam memilih modem wireless router, yaitu dengan menyesuaikan layanan data internet yang Anda gunakan.

Kecepatan modem wireless router akan berbanding lurus dengan performa jaringan internal Anda. Contoh sharing file atau streaming video antar gadget di dalam rumah akan lebih cepat pada modem wireless router berkecepatan 900 Mbps daripada 300 Mbps.

Sebagian besar modem wireless router terbaru saat ini mendukung tingkat keamanan tertinggi WiFi, yaitu WPA2. Jadi, jika Anda mencari modem wireless router baru, pastikan produk terebut mendukung WPA2. Jika Anda menggunakan modem wireless router tersebut untuk digunakan pada jaringan nirkabel rumah bersama dengan anak Anda, mungkin Anda layak mempertimbangkan sebuah produk dengan fitur keamanan parental controls.

Artikel terkait :   Paket internet 4G telkomsel murah

Bagian apa yang perlu diperkatikan?

Antena
Antena berfungsi sebagai media penguat sinyal dari jaringan. Sama halnya pada Wifi Router ini, antenna disini berfungsi untuk menguatkan sinyal dari Wifi Router yang Anda miliki. Tips memilih Wifi Router yang memiliki antena yang lebih dari satu memang salah satu solusi jika, rumah atau ruangan yang Anda gunakan untuk sharing jaringan cukup luas. Apalagi jika, rumah Anda tersebut memiliki banyak penghalang misalnya, Anda ingin mengakses jaringan dengan berbeda ruangan dengan tempat Wifi Router Anda terpasang.

Dual-band
Dual-band yang dimaksud disini sama halnya pada sebuah ponsel yang memiliki dual SIM. Tapi, pada wifi router cara kerja Dual-band yaitu dengan pembagian rentang frekuensi. Pilihlah Wifi router yang dapat bekerja pada dua frekuensi berbeda. Atau Wifi router yang bisa digunakan dengan kabel LAN dan Wifi.

Port Konektor
Pilih Wifi Router yang sesuai dengan port yang Anda gunakan pada komputer atau laptop Anda. Namun, Wifi Router terbaru sekarang sudah ada yang support dengan USB port. Tapi, belum semua Wifi router ini dapat support dengan port USB komputer, hanya beberapa saja. Untuk mengetahui kompatibiltas dari setiap Wifi Router, Anda dapat mengecek pada situs resmi dari vendornya.

Kemanan
Kemanan jaringan memang sangatlah penting, agar user lainnya tidak mengakses jaringan dan mengganggu konektivitas jaringan Anda. Dari semua jenis sistem keamanan yang ditawarkan pada Wifi Router seperti WEP, WPA, dan WPA2, hanya WPA2 yang memiliki sistem koneksi jaringan paling aman. Dan, semua jenis Wifi Router terbaru saat ini sudah memiliki fitur kemanan ini. Dan, salah satu yang harus Anda perhatikan pada fitur Wifi Router adalah “Parental Control”. Fungsi dari parental control ini adalah untuk memblok jaringan atau IP dari sebuah situs yang tidak Anda inginkan untuk dilihat oleh anak cucu Anda, ketika terhubung ke Internet.

Kecepatan akses
Setiap Wifi Router memiliki kecepatan akses internet jika Anda memang menggunakannya untuk terhubung ke Internet. Namun, sebesar apapun kecepatan Wifi Router Anda tidak akan mempengaruhi kecepatan akses internet Anda. Karena, kecepatan internet hanya dikontrol oleh ISP masing-masing.