Memilih smartwatch murah dibawah 1 juta

Anda suka traveling?. Selalu terhubung dengan rekan melalui sosial media?. Tidak mau repot?. Pilih aja smartwatch. Bagaimana memilih smartwatch murah di bawah 1 juta dengan kemampuan yang mumpuni untuk dibawa kemana saja?. Tentu semua smartwatch tahan banting dan anti air yang selalu diusung oleh pabrik pembuatnya. Merk yang ada dipasaran juga sangat beragam dengan menawarkan berbagai seri serta harga yang cukup menggiurkan. Seperti halnya memilih hp android, untuk memilih smartwatch juga harus memperhatikan spesifikasi serta tools yang disediakan saat beroperasi. Smartwatch memiliki peran yang hampir sama dengan hp, maka disebut smart. Nah, bagaimana kita memilih smartwatch yang murah agar tidak sekedar murahan dengan harga di bawah 1 juta?. Dalam artikel tips teknologi berikut, kami akan paparkan mengenai teknologi smartwatch bagi anda semua.

Mengapa kita perlu memiliki smartwatch?

Smartwatch merupakan penunjang perangkat smartphone agar dapat memberikan pengalaman lebih dalam menggunakan perangkat seluler. Jika smartwatch digunakan dengan sebaik-baiknya maka potensi menggunakan smartphone akan dapat berkurang dengan diganti dengan sebuah smartwatch.

Serupa dengan sebuah smartphone, smartwatch dapat digunakan layaknya smartphone untuk menerima notifikasi, pesan dan dapat membalas pesan secara singkat, digunakan mengontrol musik melalui beragam aplikasi yang ada didalamnya.

Aplikasi yang tersedia pada perangkat smartwatch masih minim ketimbang sebuah smartphone ini dikarenakan usia masih sangat baru berbeda dengan smartphone yang sudah ada sejak lama. Dengan keterbatasan tersebut bukan berarti kita tidak bisa menggunakan untuk hal-hal yang menarik bukan.

Apakah memakai sistem operasi yang sama dengan hp android?

Pada generasi awal smartwatch, banyak dari perangkat ini yang hadir dengan sistem operasi Android standard. Hanya saja memang ada beberapa modifikasi di dalamnya. Namun kini Google memiliki sistem operasi khusus yang tersedia untuk perangkat wearable devices. Sistem operasi tersebut disebut dengan Android Wear. Ini adalah hal berikutnya yang perlu Anda tahu sebelum membeli smartwatch.

Sesuai dengan namanya, varian Android ini memang khusus dihadirkan untuk perangkat wearable. Karena hadir dengan sistem operasi yang berbeda, tentu saja banyak perbedaan yang ada dalam sistem operasi ini jika dibandingkan dengan sistem operasi smartphone. Tidak hanya dari sisi interface-nya saja, sistemnya juga cukup berbeda. Itu karena keterbatasan interaksi yang dimiliki oleh smartwatch. Secara singkat, interface Android Wear terlihat lebih sederhana dengan sedikit tombol navigasi.

Artikel terkait :   Memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca

Apa saja yang perlu diperhatikan saat akan membeli smartwatch?

Kemunculan smartwatch alias jam pintar membuat pergelangan tangan Anda terlihat “lebih seksi” dimata publik. Smartwatches mengubah bagian tubuh yang sering luput dari perhatian jadi lebih diperhatikan. Tak pelak smart watch menjadi area baru persaingan sejumlah vendor gadget kelas dunia, setelah sebelumnya bersaing keras di smartphone.

Nama-nama besar seperti Samsung, LG, Apple, dll menciptakan smartwatch canggih yang mampu memberikan notifikasi, alerts, aplikasi dll langsung ke pergelangan tangan Anda. Meskipun fitur dan desain smartwatch bervariasi namun daya tarik gadget tersebut tetap sama yaitu kemudahan, kepraktisan dan hemat waktu.

Jika Anda ingin mengecek email yang masuk misalnya, tinggal melihat ke pergelangan tangan, tak perlu lagi merogoh kantong dulu untuk mengambil smartphone. Atau jika Anda sering berada di tempat yang bising, Anda tidak akan melewatkan sebuah panggilan hanya karena smartphone ditaruh di tas atau saku.

Demikian pula jika Anda ingin mengontrol kesehatan dan kebugaran, maka di pasaran banyak tersedia smartwatches dengan fitur fitness, misalnya fitur pedometer untuk memantau denyut jantung. Ini merupakan kemajuan signifikan yang membuat garis batas antara alat pelacak kebugaran (fitness trackers) dan smartwatch jadi semakin kabur.

Lalu bagaimana cara memilih smartwatch yang bagus dan cocok dengan kebutuhan dan budget Anda ? Nah, berikut adalah panduan singkatnya.

1. Tampilan Desain
Beberapa smartphone hadir dengan konsep desain yang berbeda satu sama lainnya. Ini akan cukup membingungkan karena itu, pilihlah smartphone desain yang sesuai dengan selera Anda. Jika Anda menyukai desain futuristik, Anda bisa memilih produk Galaxy Gear S dari Samsung. Jika Anda ingin desain klasik, Anda bisa memilih Moto 360. Namun, jika Anda ingin desain smartphone yang elegan, Asus Zenwatch bisa jadi pilihan Anda. Ingin yang lebih bergaya dan fashionable, maka Apple Watch dari Apple bisa jadi pilihan Anda.

2. Sistem Operasi dan Kompabilitas
Pemilihan jam tangan pintar juga harus disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. Mengapa? Karena pada umumnya, jam tangan pintar bukanlah produk yang berdiri sendiri. Artinya, jam tangan pintar dirancang agar terhubung dengan perangkat utama, yakni Smartphone. Jika perangkat smartphone Anda bersistem operasi Android, maka tentunya jam tangan dengan OS Anroid Wear bisa jadi pilihan. Jika Anda memilih iPhone, maka smartwatch pilihan Anda haruslah Apple Watch. Namun, ada juga bebrapa jam tangan pintar dengan OS Android yang memiliki kompabilitas dengan iOS. Anda perlu mengecek hal ini sebelum Anda membeli jam tangan pintar.

Artikel terkait :   Menghilangkan iklan di hp android

3. Layar yang Digunakan
Smartwatch umumnya menggunakan layar atau display dengan ukuran 2 inch kebawah. Jika Anda berjari besar, maka sangat disarankan untuk memilih jam tangan pintar dengan layar yang sangat besar. Jika jari Anda bisa menyesuaikan dengan layar yang lebih kecil, maka tidak masalah jika Anda memilih smartwatch dengan layar yang lebih kecil. Oh yah, tidak semua smartwatch juga memiliki layar atau display yang sama. Ada beberapa smartwatch yang memiliki bentuk layar hitam putih atau sering disebut E paper. Tapi smartphone banyak yang hadir dengan tampilan berwarna yang lebih enak dimata. Tapi, kelebihand ari layar hitam putih adalah ketahanan baterainya yang lebih awet. Jika Anda butuh smartwatch yang tahan lama, maka smartwatch tipe ini bisa jadi alternatif.

4. Fitur Yang Dihadirkan
Pada umumnya, smartwatch memiliki fitur notifikasi. Beberapa smartwatch juga hadir dengan fitur media sosial. Anda harus pandai dalam hal ini. Artinya, Anda harus memilih smartwatch dengan fitur yang sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda sering berolahraga, maka Anda harus mencari smartwatch dengan fitur kebugaran seperti membaca jumlah kalori yang terbakar, mengetahui jumlah detakan jantung permenitnya, dan sebagainya. . Jika Anda seorang petualang, Anda bisa mencari smartwatch dengan fitur GPS. Jika Anda penikmat musik, maka Anda bisa cari smartwatch yang mendukung fitur pemutar musik dan MP3.

5. Penyesuaian dengan Dana
Ini yang penting, dana. Betapapun Anda menginginkan smartwatch dengan fitur atau aspek lainnya yang sudah sesuai, Anda harus mempertimbangkan masalah dana. Jika dana Anda terbatas, Anda tidak perlu membeli smartwatch dari produsen ternama. Saat ini, banyak smartwatch dari produsen lokal ataupun dari produsen Tiongkok yang tidak kalah kualitasnya dibanderol dengan harga murah. Jika Anda memiliki dana yang cukup lebih, maka tentu Anda bisa memilih smartwatch dari produsen ternama. Jika dana tidak jadi masalah, tidak ada salah untuk Anda membeli perangkat jam tangan pintar seperti Apple Watch maupun Samsung Galaxy Gear.

Leave a Reply