Mempercepat koneksi wifi rumah

Setelah memasang koneksi wifi, dengan memilih paket bulanan yang sesuai, berikutnya adalah mempercepat koneksi wifi rumah agar proses upload dan download dapat berjalan dengan lancar. Bagi pengguna jaringan internet, banyak yang kurang paham cara melakukan pengecekan kecepatan akses internet mereka. Hingga sering menjadi bulan-bulanan sales operator yang menawarkan harga tinggi hanya untuk mendapatkan kelancaran koneksi internet mereka. Sebenarnya, paket koneksi internet sudah menjadi bagian yang standar mengenai kecepatan dan biaya bulanan. Yang perlu kita lakukan pahami adalah seberapa besar kuota serta kecepatan akses yang bisa kita peroleh dari operator jaringan. Untuk mempercepat koneksi wifi rumah bisa dipengaruhi juga oleh perangkat yang terpasang dirumah serta penempatan modem wifi yang salah. Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian agar koneksi internet di rumah tidak mengalami penurunan oleh karena kesalahan dalam pemasangan jaringan internet dirumah. Pada artikel tips teknologi kali ini akan mambahas bagaimana sebaiknya untuk dapat mempercepat koneksi internet rumah tanpa perlu menambah biaya bulanan.

Perlukan kita mengecek kecepatan internet yang diberikan oleh operator?

Apa untungnya kalau mengetahui kecepatan internet yang kita miliki? Tentu sangat banyak. Dengan mengetahuinya, paling tidak Anda bisa memastikan apa yang membuat internet di rumah Anda menjadi lambat. Jadi kalau setelah dicek atau dites ternyata koneksinya normal, maka bisa jadi ada hal lain yang membuat internet Anda menjadi lambat. Misalnya komputer yang bervirus dll.

Tapi kalau setelah dicek ternyata kecepatannya memang kurang, ya Anda bisa komplain kepada jasa profider internet tempat Anda berlangganan. Selain itu, ini untuk memastikan apakah kecepatan internet di rumah Anda yang Anda pesan dari profider internet sesuai dengan yang mereka janjikan atau tidak. Bisa jadi mereka bilang Anda akan mendapat koneksi dengan kecepatan 512 Kbps. Tapi setelah Anda cek, ternyata kurang jauh dari itu.. Contoh 100 Kbps dll. Nah, kalau Anda tidak ingin dirugikan, mungkin Anda bisa mengajukan komplain bukan? Namun sebelum itu, ya Anda harus bisa membuktikannya dulu.

Kecepatan Akses Internet tentunya sangat bergantung pada kecepatan yang ditawarkan oleh ISP, untuk itu kita harus pintar-pintar memilih mana ISP yang menyediakan akses internet Tercepat dan Termurah, artikel tersebut berisi Daftar Lengkapt Paket Internet tiap ISP, yang bisa Anda gunakan untuk membandingkan satu dengan yang lain, untuk melihat IPS mana yang menawarkan Paket Internet Terbaik soal Harga.

Artikel terkait :   Apa penyebab hp kena virus?

Bagaimana cara mengetahaui kecepatan internet dengan mudah?

Penasaran, situs apa saja yang saya maksud ? Speedtest.net bisa dibilang adalah induk dari segala website yang menyediakan fitur pengecekkan kecepatan akses internet. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat speedtest.net ini sudah berdiri sejak lama.

Yang terbaik dan paling saya suka dari situs ini adalah pada tampilan Websitenya yang sangat modern dan terkesan proffesional, selain desain keakuratan data juga menjadi alasan utama kenapa saya meletakkan speedtest.net diurutan pertama.

Apa saya yang dapat membuat koneksi internet menjadi lambat ?

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat koneksi internet di rumah menjadi tidak optimal, apa saja ?. Berikut beberapa penyebabnya :

Kerusakan Peralatan Jaringan
Ketika router, modem atau kabel gagal bekerja, mereka biasanya tidak akan mendukung koneksi. Untuk memecahkan masalah peralatan yang berpotensi rusak, menata kembali dan mengulang konfigurasi Anda saat bereksperimen dengan konfigurasi yang berbeda. Coba mengabaikan router, menukar kabel dan mengubah adapter jaringan untuk mengisolasi kinerja lambat oleh komponen tertentu dari sistem.

Penyedia Layanan Internet
Kecepatan Internet akhirnya tergantung pada penyedia layanan. ISP Anda dapat mengubah konfigurasi jaringan mereka, atau ISP anda mengalami gangguan atau kerusakan, yang secara tidak sengaja menyebabkan koneksi Internet Anda berjalan lambat. ISP juga mungkin sengaja memasang filter atau kontrol di jaringan yang dapat menurunkan kinerja Anda. Jangan ragu untuk menghubungi operator selular Anda jika Anda mencurigai mereka bertanggung jawab terhadap koneksi internet yang lambat.

Interferensi Sinyal Nirkabel
WiFi dan jenis-jenis koneksi nirkabel mungkin akan berkinerja buruk karena sinyal gangguan yang mengakibatkan komputer terus mengirim ulang pesan untuk mengatasi masalah sinyal. peralatan rumah tangga dan bahkan jaringan nirkabel tetangga Anda ‘dapat mengganggu sinyal internet komputer Anda. Untuk menghindari koneksi internet lambat karena gangguan sinyal, memindahkan router anda ke tempat yang lebih baik dan mengubah nomor Wi-Fi channel router.

Artikel terkait :   Situs download buku digital gratis

Settings Broadband Router
Sebagai pusat dari jaringan, sebuah router broadband bertugas untuk meneruskan koneksi internet yang lambat jika tidak dikonfigurasi dengan benar. Misalnya, pengaturan MTU router akan mengakibatkan masalah kinerja jika diset terlalu tinggi atau terlalu rendah. Pastikan pengaturan router anda semua konsisten dengan produsen dan Rekomendasi Internet Service Provider (ISP). Hati-hati, simpan setiap perubahan yang Anda buat untuk konfigurasi ulang router anda sehingga Anda dapat mengembalikan setting nantinya jika diperlukan.

Bagaimana mempercepat koneksi internet di rumah?

Nah terus bagaimana Alternatif untuk mempercepat koneksi internet yang lambat? Silahkan disimak baik-baik tips yang ada dibawah ini.

1. Menggunakan Modem yang Cepat
Modem jelas sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet anda. Silahkan bandingkan kecepatan ketika anda menggunakan modem 7.2 Mbps dengan ketika anda menggunakan modem 100 Mbps. Mana yang lebih cepat? Pasti modem 100 Mbps.

2. Menggunakan Antena Penguat Sinyal
Antena, pasti anda sudah tahu dengan benda yang satu ini, antena berfungsi sebagai penangkap sinyal. Penggunaan antena modem hanya dikhususkan bagi anda yang memiliki jaringan yang lemah. Mungkin saja dengan jaringan yang lemah membuat koneksi internet anda melambat. Silahkan mencoba Antena Powerfull Super Gain untuk mengatasi masalah ini.

3. Menggunakan USB Extender
Dengan USB Extender modem tidak akan langsung tercolok ke USB yang ada pada laptop atau komputer anda, sehingga mencegah kemungkinan modem akan panas dan mengakibatkan koneksi internet yang tidak akan stabil.

4. Gunakan Perangkat Komputer atau Gadget Berspesifikasi Tinggi
Jika keenam cara di atas sudah anda praktekkan dan ternyata tidak membantu meningkatkan koneksi internet Anda, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan spesifikasi perangkat #komputer atau gadget yang digunakan untuk mengakses internet. Bila perangkat yang Anda gunakan memiliki RAM, prosesor dan harddisk berkapasitas rendah, maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang bisa Anda peroleh. Jadi, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk mengganti komputer, laptop atau gadget ketika koneksi internet Anda sudah sangat lambat.

Leave a Reply