Memutihkan gigi kuning karena antibiotik

Gigi yang kurang terawat bisa menimbulkan gigi berkarat dan menguning. Memutihkan gigi kuning karena antibiotik karena konsumsi obat secara rutin bisa dilakukan dengan cara yang mudah jika dilakukan dengan disiplin. Gigi kuning karena konsumsi antibiotik termasuk pemicu secara internal yang jarang terjadi, tetapi cukup berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Karang gigi yang diakibatkan karena reaksi kimia dari antibiotik biasanya terjadi karena konsumsi yang rutin, jadi harus memahami cara pencegahan dengan mengurangi efek samping obat antibiotik tersebut terhadap kebersihan rongga mulut termasuk gigi anda. Bisa saja anda datang ke dokter gigi dan melakukan perawatan, tetapi memang kurang efektif dan memakan biaya juga. Jika anda bisa lakukan sendiri dirumah menggunakan bahan yang ada disekitar kita, tentu akan lebih baik. Dalam artikel berikut ini kita akan membahas mengenai cara memutihkan gigi kuning karena antibiotik.

memutihkan-gigi-kuningBagaimana antibiotik bisa membuat gigi kuning?

Antibiotik jenis tetrasiklin pertama kali ditemukan pada tahun 1949 yang digunakan utuk mengatasi infeksi dengan cara diminum dan disuntikkan pada orang dewasa dan anak-anak. Tetrasiklin merupakan antibiotik spektrum luas yang mampu membunuh bakteri gram negatif dan gram positif. Obat ini tidak dianjurkan pada ibu hamil dan anak-anak.

Tetrasiklin memiliki kemampuan bersenyawa dengan zat lain dan menghasilkan kalsium orthofosfat dimana senyawa ini mempengaruhi jaringan dan matriks kalsifikasi enamel gigi yang menyebabkan pigmentasi pada gigi.

Penggunaan tetrasiklin pada masa kehamilan, terutama pada trimester 3 dan masa kalsifikasi pada janin berdampak pada perubahan warna gigi anak yang dikandung, begitu juga pada masa anak-anak tetrasiklin dapat mempengaruhi warna gigi anak. Gigi yang terdampak oleh tetrasiklin akan berubah warna menjadi kuning coklat aau bahkan menjadi abu-abu kehitaman, tidak hanya pada bagian mahkotanya namun pada bagian akarnya juga. Perubahan warna lebih berdampak pada lapisan dentin dibanding lapisan paling luar dari gigi yaitu email dan lebih dominan pada gigi depan dibanding gigi belakang.

Artikel terkait :   Tips mencari persewaan kebaya murah

Apakah sulit memutihkan gigi karena efek antibiotik?

Gigi kuning karena antibiotik membutuhkan penanganan yang lebih serius, untuk itu, Anda harus memahami tips memutihkan gigi kuning karena antibiotik. Saat ini banyak beredar produk-produk yang dapat anda gunakan untuk memutihkan gigi kuning, mulai dari pasta gigi, permen, hingga obat kumur yang mengaku mampu membuat gigi putih cemerlang dalam sekejab. Namun, apakah hal itu benar ? Hanya Anda yang bisa membuktikannya sendiri.

Bagaimana caranya memutihkan gigi karena antibiotik?

Setelah mengetahui penyebab gigi kuning, kini saatnya Anda mengetahui tips memutihkan gigi kuning karena antibiotik. Mungkin mudah untuk memutihkan gigi kuning dengan tingkatan yang tidak terlalu parah, yakni dengan sikat gigi, obat kumur, atau menggunakan bahan-bahan alami. Namun, hal itu berbeda jika gigi Anda kuning akibat mengonsumsi antibiotik, karena efek yang ditimbulkan memang tergolong sangat parah dan butuh perawatan ekstra.

Meskipun saat ini ada cara pemutihan dengan cara bleaching, namun tingkat keberhasilannya juga masih belum bisa dibuktikan karena bisa jadi penggunaannya tidak tepat sehingga gigi kuning Anda akan kembali. Untuk itu, jika Anda ingin mencoba melakukan bleaching sendiri, ada baiknya jika Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan.

Apa itu bleaching?

Cara memutihkan gigi yang cepat dan instan dengan teknik ini tidak dianjurkan kecuali untuk treatment power bleaching yang memang harus dilakukan oleh dokter. Power bleaching merupakan teknik dental whitening menggunakan bahan pemutih gigi berkonsentrasi tinggi dan membutuhkan waktu 2-4 jam dalam proses pemutihannya. Meski teknik ini cepat, tetapi aman dan minim efek samping. Meski terbilang aman, efek negative yang mungkin timbul adalah rasa sensitif, rasa ini akan hilang setelah treatment selesai.

Selain itu, setelah menjalani treatment bleaching memang ada sedikit perubahan tetapi secara mikroskopis tidak akan terlihat perubahan pada email. Perubahannya hanya terjadi submicron, sehingga tindakn kosmetik ini aman dilakukan meski sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun. Jenis perawatan gigi dengan teknik ini aman asalkan yang diwhitening adalah gigi dan gusi yang sehat.

Artikel terkait :   Mengatasi perut kembung dengan asam jawa

Bagaimana cara bleaching secara tradisional yang aman ?

Untuk teknik memutihkan gigi yang diakibatkan karena pengaruh antibiotik dapat dilakukan sendiri dirumah secara tradisional yang aman. Berikut bahan whitening gigi secara alami:

1. Gosok Gigi Menggunakan Minyak Mustard & Garam
Sikatlah gigi anda dengan minyak mustard serta garam yakni sekali dalam sebulan. Cara tradisional ini dipercaya membantu untuk membersihkan akumulasi warna dari makanan & plak di gigi. Anda dapat menggunakan jari buat menggosok gigi ataupun dengan mencelupkan kapas kedalam campuran mustard oil & garam.

2. Cuka dan Baking Soda
Bahan baking soda & cuka merupakan campuran pemutih gigi paling baik didunia. Butiran dari scrub baking soda mampu menghilangkan plak (kerak). Sementara cuka jeruk begitu efektif menghilangkan noda kuning gigi.

3. Minumlah dengan Sedotan
Beberapa minuman seperti misalnya teh dan juga kopi dapatlah meninggalkan noda hitam gigi. Jenis soda tertentu ada yang membuat enamel gigi terkikis. Sehingga jika Anda tak mampu menghindari jenis minuman tersebut, langkah terbaik yakni meminumnya melalui sedotan (meskipun terkesan aneh minum kopi dengan sedotan). Minum menggunakan sedotan bisa meminimalkan kontak langsung dengan gigi. Hal Ini menjadi langkah penting buat menghentikan aktivitas penguningan gigi.

4. Gunakan buah Lemon
Lemon banyak mengandung asam sitrat serta memiliki sifat bleaching gigi secara alami. Caranya yakni ambil sepotong buah lemon dan lalu gosoklah gigi Anda dengan bahan tradisional itu.

5. Konsumsilah Makanan Renyah
Beberapa macam makanan renyah dapat membantu pemutihan gigi dengan membersihkannya. Contohnya yaitu apel, buah pir, selada & lainnya. Nah, Makanan berserat tersebut membantu buat membersihkan gigi dengan efektif.

Leave a Reply