Mencari printer murah dan bagus

Sebuah kebutuhan untuk mencetak dokumen atau foto dari hp, apalagi printer yang dilengkapi wifi. Untuk printer murah dan bagus dengan fasilitas scan tentu lebih lengkap seperti multifunction. Memang untuk jenis printer dengan berbagai merk dapat kita jumpai dipasaran dengan menyesuaikan isi kantong kita. Printer yang murah dan bagus tentu harus tetap memperhatikan barang yang awet dan tidak mudah rusak, terutama masa garansinya. Banyak printer yang asal murah, tetapi tidak bisa awet. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat datang ke toko komputer untuk mencari printer yang bagus serta murah. Mau beli merk apa?. semua merk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tidak semua orang bisa memahami karakteristik dari setiap merk printer. Nah, dalam artikel tips teknologi berikut ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat akan mencari printer untuk keperluan rumah anda.

Printer murah dan bagus itu dari sisi apanya?

Untuk memilih printer yang bagus dengan kualitas dan ketahanan yang baik adalah hal yang tidak gampang, memang banyak sekali printer yang ditawarkan oleh beberapa vendor yang memiliki kualitas cetak bagus, fitur banyak dan juga harga terjangkau, namun setelah dibeli dan dipakai selama 1 bulan barang tersebut sudah rusak. Nah, karena hal itulah ada beberapa tips yang harus diketahui ketika akan membeli printer. Di pasar Indonesia terdapat merk-merk printer yang bisa anda jumpai, seperti Canon, HP, Epson dan pendatang baru di pasar indonesia adalah Fuji Xerok.

Model dan merk printer sudah banyak ditemukan di toko elektronik. Saat ini yang menjadi printer paling bagus dan ternama dimiliki oleh Epson. Dan untuk printer dengan harga murah dikuasai oleh Canon. Dari level midle terdapat Hp yang memiliki cara-cara baru untuk konsumen. Memilih dan membeli printer pun tidak bisa sembarangan, beberapa tips dari kami ini mungkin berguna untuk anda yang ingin membeli printer yang yang sesuai dengan kebutuhannya. Berikut tips memilih printer yang tepat.

Sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan

Memilih printer multifungsi untuk di beli yang pertama adalah, sesuaikan jenis printer dengan yang anda butuhkan. Di satu sisi, printer yang memiliki banyak fungsi atau fungsi all in one memang memberikan kemudahan pada user untuk bisa melakukan berbagai aktifitas kerja hanya dalam satu printer (fax, scan, copy, email, dan sebagainya). Namun di sisi lain, hal ini tentu akan sia-sia jika memang user tidak begitu membutuhkan fitur tambahan tersebut.

Jika fungsi printer lainnya memang tidak dibutuhkan, maka anda tentu disarankan untuk menggunakan single printer untuk lebih menghemat energi. Namun, jika anda merupakan pekerja atau mahasiswa yang memiliki produktifitas kerja yang tinggi berkaitan dengan aktivitas scan, print, email, fax, dan lain-lain, tentu sangat disarankan untuk memilih printer multifungsi.

Artikel terkait :   Mengapa paket internet cepat habis?

Sesuaikan dengan isi kantong anda

Jangan lupa untuk sesuaikan budget anda dengan printer yang akan anda beli. Semakin tingginya permintaan pasar akan kebutuhan printer all in one, membuat jumlah printer all in one pun semakin bervariasi, dengan harga yang juga beragam. Untuk itu, dalam Tips memilih printer multifungsi untuk di beli terkahir ini, anda bisa dengan mudah menentukan pilihan terhadap printer yang akan anda beli, yang kemudian bisa disesuaikan dengan total budget yang anda miliki.

Apa itu printer inkjet?

Printer Inkjet merupakan printer yang paling banyak terdapat dipasaran. Sebenarnya alasannya simple, dengan memilih printer inkjet kita bisa mencetak apapun termasuk esai, table, atau bahkan foto. Tetapi mencetak tulisan dengan menggunakan printer inkjet tidak selalu menghasilkan tulisan yang tajam seperti printer laser. Biasanya printer inkjet kecepatan print-nya lebih lambat dan dibeberapa kasus printer inkjet membutuhkan dana lebih untuk perawatannya.

Apa itu printer laserjet?

Laser printer menduduki tempat utama dalam perkantoran dikarenakan dengan menggunakan printer laser ini kita bisa mencetak banyak dokumen secara cepat, tepat dan dan murah. Selain hasilnya yang lebih tajam daripada printer inkjet, hasil printout dari printer laser tidak akan basah atau kotor. Harga printer laser saat ini juga sudah bisa terjangkau untuk konsumen yang ingin menggunakannya di rumah, tapi mungkin biaya untuk penggantian color laser toner-nya masih sangat mahal, mungkin hal inilah yang membuat printer laser merupakan pilihan yang bisa saja buruk untuk penggunaan di rumah.

Apa itu all-in-one printer?

Baik printer laser maupun inkjet tersedia dengan menggunakan scanner yang terletak diatas unitnya, dengan begitu membuat printer menjadi mesin all-in-one (printer, foto copy, scanner dan mungkin fax). Meskipun nantinya anda tidak menggunakan semua fungsinya, membeli all-in-one printer untuk keperluan di rumah memberikan banyak arti, tidak hanya karena printer all-in-one ini lebih murah ketimbang membeli printer dan scanner secara terpisah tapi juga mampu menghemat ruang didalam rumah anda.

Semenjak printer all-in-one sudah sangat familiar dan bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah, kamu sangat menyarankan untuk membeli printer all-in-one.

Bagaimana memilih merk prnter yang baik? Apa kelebihan dan kekurangan setiap merk?

Merk printer memang banyak, dan itu sering membuat kita bingung merk apa yang bagus dan sesuai dengan keperluan dan kebutuhan kita untuk dirumah tangga. Berikut beberapa hal dari sisi kekurangan serta kelebihan setiap merk printer :

Printer Cannon

Kelebihan Printer Canon:

  • Kecepatan printer lebih baik dibandingkan Brand Epson dan HP
  • Paling awet jika pemakaian cetak hitam lebih dominan dibanding warna
  • Hasil warna bagus
  • Print teks draft terlihat jelas
  • Harga relatif murah
  • Cocok untuk perkantoran.

Kekurangan Printer Canon:

  • Roller cepat patah jika terlalu sering tarik/paper jam. Khususnya seri IP 12k,16k,17k,1880,MPseries/AIO
  • Untuk gambar kulit manusia terlihat agak merah (kurang natural)
  • Catridge warna cepat rusak jika terlalu sering print warna (khusus type IP1200 s/d 1880 & MP/C series (catridge yabg warnanya gabung dalam 1 catridge)
  • Jika sedang mencetak terkadang suka ada banjir di sisi kertas meski catridge baru atau belum refill
  • Tidak cocok untuk percetakan.
Artikel terkait :   Mengapa speaker hp sering mati?

Printer Epson

Kelebihan Printer Epson:

  • Hasil warna paling bagus dibandingkan brand Canon atau HP
  • Pemakainnya Murah jika sudah menggunakan infus, karena tidak perlu ganti-ganti catridge
  • Tingkat ketahanan mesin bagus
  • Cocok untuk pemakaian warna atau gambar
  • Cocok untuk percetakan atau foto digital

Kekurangan Printer Epson:

  • Print teks atau warna hitam kurang terlihat bagus, karena basenya hitam dan biru (kalau canon atau hp murni hitam) jadi hitamnya agak terlihat kecoklatan
  • Cepat roller jika banyak memakai kertas foto (apalagi yang double glossy atau double side)
  • Hasil bergaris jika terlau sering ganti merk refill tinta, mengakibatkan headnya cepat kena
  • Proses print agak lambat dibanding Canon atau HP
  • Print Daft kurang terlihat bagus sehingga jadi kabur (blur)
  • Diharuskan memasang pembuangan luar, karena akan lebih banyak makan tinta waktu cleaning.

Printer HP

Kelebihan Printer HP:

  • Paling cocok untuk digunakan di kantor jika pemakaian hanya kertas biasa saja
  • Catridge lebih awet dibanding Canon
  • Harga paling murah dibanding Canon atau Epson
  • Hasil cetak teks bagus dibanding Canon dan Epson
  • Print warna lebih bagus dibanding Canon.

Kekurangan Printer HP:

  • Kurang bagus jika memakai kertas foto, karena system tarik kertasnya gulung dari bawah ke atas
  • Jika memakai infus tidak dianjurkan sering berpindah tempat
  • Hasil print warna mayoritas bermasalah setiap habis refill atau infus
  • Suka terjadi banjir catridge jika sudah direfill
  • Mainboard printer cepat mati karena berada tepat dibawah parking catridge diakitbatkan sering kepicratan tinta
  • Software terkadang bermasalah seperti paperjam, offline bahkan not responding
  • Jika menaruh kertas tidak begitu pas, printer suka menarik banyak dan mengakibatkan mengelipet.

Bagaimana dengan printer yang dilengkapi tinta infus ?

Printer yang ada di pasaran kebanyakan sudah melalui modifikasi dari individu ataupun dari pabriknya, contohnya saja Epson yang memiliki tinta infus di printernya. Dan Epson versi ini hanya ada di Indonesia. Selain itu ada juga infus priter yang dibuat sendiri oleh individu saat perangkatnya sudah dibeli. Jika ada yang seperti ini berarti ketika dia membeli printer susah ditawari oleh pedanganya printernya dibuatkan infus atau tidak. Dan memilih printer infus ini cocok untuk para pekerja kantoran atau pebisnis. Printer infus memiliki banyak sekali keuntugan jika penggunaannya sangat banyak dan berat. Namun jika printer digunakan untuk rumahan yang hanya dipakai sekali saja maka tinta akan cepat mengering.

Leave a Reply