Mencegah komedo datang lagi

Saat memilih pembersih wajah, moisturizer hindari penggunaan alkohol saat membersihkan wajah. Mencegah komedo datang lagi dan melawan radikal bebas yang mengakibatkan kulit wajah anda terasa kusam dan keriput, sebaiknya anda dapat memperhatikan kondisi kulit wajah anda. Banyak kulit sensitif mengalami peradangan dan memerah karena penggunaan pembersih wajah yang salah, akhirnya memancing jerawat. Untuk membersihkan komedo dan mencegahnya datang lagi, tidak hanya fokus pada jenis perawatan dari luar, tetapi juga nutrisi untuk kulit yang perlu anda perhatikan. Para ahli gizi, banyak makanan sehat yang baik untuk memberikan asupan bagi kulit, terutama proses regenerasi sel kulit mati. Saat kulit mengalami kerusakan, maka hormon yang ada ditubuh kita memicu produksi sel kulit baru dan ini membutuhkan beberapa nutrisi penting yang tidak hanya diperoleh dari penggunaan lotion, atau krim wajah saja. Apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencegah komedo datang lagi?.

mencegah-komedoArea mana yang sering timbul komedo?

Wilayah T pada wajah biasanya termasuk kulit yang berminyak. Bagian pori-pori kulit sangat mudah tersumbat dan akhirnya menyebabkan jerawat. Pada tingkat tertentu, komedo bersifat sementara, tetapi akan menjadi pemicu munculnya jerawat jika tidak dibersihkan dengan benar.

Area inilah yang sering menjadi penumpukan kotoran yang akan menempel karena kulit berminyak. Kebanyakan komedo muncul di pipi, hidung dan daerah T. Jika kulit wajah yang berminyak akan memiliki banyak komedo, untuk kulit kering dan normal hanya dibagian hidung saja. Komedo bisa mengganggu penampilan.

Bagaimana membersihkan komedo di area T ?

Saat membersihkan wajah, kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk membersihkan area wajah yang berminyak saja, karena terasa lengket. Padahal hal itu bisa menimbulkan masalah baru. Untuk sabun pembersih hindari yang diperuntukkan untuk kulit berjerawat. Cuci wajah menggunakan pembersih khusus wajah yang berbahan dasar air atau pembersih yang berbusa lembut.

Selain itu, hindari pembersih yang berbentuk sabun padat, (sabun mandi biasa) karena sabun padat bisa menyumbat pori-pori kulit wajah, selain itu bahan yang terkandung di dalam sabun padat membuat kulit kombinasi lebih cepat kering. Buatlah cairan pembersih sederhana sendiri. Yaitu campurkan 4 cangkir air mendidih dan sabun wajah berkualitas untuk kelembaban kulit. Aduk sampai sabun mencair. Untuk setiap 2 cangkir campuran sabun, tambahkan 1 sendok makan cuka apel dan 10 tetes minyak esensial, seperti lemon dan lavender. Itulah cara perawatan wajah kulit kombinasi yang menurut sebagian orang sedikit merepotkan.

Membersihkan wajah dilakukan untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit. Biasakan untuk membersihkan kulit wajah sesuai dengan kebutuhan. Pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, ataupun peroksida benzoat dapat digunakan untuk mengurangi komedo, karena bekerja dengan mengelupaskan kulit mati dan sumbatan yang ada di pori-pori serta mengurangi sebum dan bakteri di kulit. Jangan mencuci wajah terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, terlalu kering, dan memperparah komedo atau jerawat.

Artikel terkait :   Cara menghilangkan komedo di hidung

Bagaimana untuk penggunaan toner agar kulit bersih dan segar?

Penggunaan toner disarankan untuk perawatan kulit wajah kombinasi. Karena menggunakan toner setelah membersihkan wajah bisa membantu menyegarkan kulit wajah. Bukan hanya itu, toner juga bisa mengurangi risiko kulit pecah-pecah, bersisik serta mengurangi minyak pada kulit. Toner alami yang paling pas digunakan pada kulit wajah kombinasi adalah air mawar. Andapun bisa membuat ramuan sendiri untuk perawatan kulit wajah. Yaitu menggunakan jus mentimun segar. Lalu, khusus pada area yang berminyak tambahkan sedikit cuka, karena bisa membantu menyeimbangkan pH (potensial hidrogen atau derajat keasaman) kulit wajah Anda.

Apakah ada pola makan atau diet agar kulit tetap sehat terhindar komedo?

Kurangin konsumsi produk yang mengandung susu dan daging. Produk ini mengandung zat hormon yang dapat mengganggu keseimbangan hormonal alamiah tubuh. Sehingga mengurangi konsumsi produk ini dapat membantu mengurangi komedo.

Selain itu, hindari makanan dengan kadar lemak dan gula tinggi karena dapat menyebabkan pergantian kulit lebih lambat sehingga komedo muncul. Kafein yang ada di dalam kopi dan minuman bersoda dapat membuat komedo bertambah banyak. Jadi, pertimbangkan jumlah kafein yang Anda konsumsi sehari-hari supaya komedo tidak berambah.

Penambahan suplemen multivitamin dan mineral juga perlu. Multivitamin dapat berperan sebagai nutrisi dan antioksidan bagi kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat. Suplementasi zink (seng) sendiri dapat membantu mengurangi pembentukan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi jumlah komedo.

Nutrisi apa yang sehat untuk kesehatan kulit?

Berikut ini beberapa nutrisi penting yang dapat memberikan kulit anda lebih sehat dan mencegah terjadinya jerawat yang diakibatkan karena komedo.

Daun seledri – Tidak hanya memiliki khasiat yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut, daun seledri juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kulit wajah berminyak secara alami. Tidak banyak yang tahu ternyata tanaman yang satu ini mempunyai manfaat untuk mengilangkan minyak berlebih di kulit wajah anda. Cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan seledri yaitu rajang seledri hingga halus setelah itu rendam dalam air hangat selama 20 menit.

Kemudian anda dapat menyaring air rendaman daun seledri tersebut. Diamkan air rendaman seledri sebentar hingga dingin kemudian anda dapat mengoleskan air rendaman daun seledri tersebut ke area kulit wajah anda. Biarkan hingga kering sampai air rendaman daun seledri tersebut meresap ke dalam kulit anda. Bilas dengan air hingga bersih dan untuk hasil terbaik lakukan secara rutin 2 kali sehari.

Lidah buaya – Tanaman obat ini memang terkenal dengan sejuta manfa untuk kesehatan juga kecantikan kulit. Sifat dingin juga antiinflamasi pada tanaman lidah buaya ini dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi radang di kulit ataupun kulit terbakar. Lidah buaya erkenal sebagai tumbuhan yang mampu menyehatkan jaringan kulit bahkan menyeimbangkan ph.

Tidak hanya itu masker lidah buaya ternyata memiliki khasiat yang sangat bagus untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan lidah buaya yaitu oleskan gel lidah buaya pada area T zone ataupun area kulit wajah yang berminyak kemudian diamkan sekitar 15 menit. Setelah masker lidah buaya tersebut mengering kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

Artikel terkait :   Memilih kosmetik untuk kulit sensitif

Mentimun – Sayuran yang satu ini memang tidak asing lagi ya mentimun. Manfaat mentimun sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Maka tidak heran jika mentimun dijadikan bahan alami yang dapat mengontrol kelebihan minyak di kulit wajah anda. Selain memiliki khasiat yang menyegarkan kulit mentimun juga dapat mengontrol kelenjar minyak yang memproduksi minyak berlebih di jaringan kulit. Cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan mentimun yaitu dengan menggosokan mentimun yang terlebih dulu telah di cacah. Gosok secara perlahan sambil diberikan pijatan lembut. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil terbaik oleskan pelembab setelahnya supaya efeknya akan sangat terasa.

Lemon atu jeruk nipis – Kedua buah yang satu ini sama-sama meiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dan tidak asing lagi jika lemon ataupun jeruk nipis mempunyai khasiat untuk mencerahkan kulit secara alami. Namun jangan salah jika lemon dan jeruk nipis ini dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan minyak berlebih di kulit wajah. Cara menghilangkan minyak berlebih di muka dengan lemon atau jeruk nipis yaitu peras terlebih dahulu lemon ataupun jeruk nipis dan ambil airnya. Anda dapat mencampurkan beberapa tetes madu asli kemudian oleskan pada kulit wajah hingga merata. Diamkan selam 15 menit hingga kering kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Bengkoang – Tidak hanya dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit, bengkuang juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan bengkuang yaitu haluskan bengkuang terlebih dahulu menggunakan blender. Setelah itu anda dapat langsung mengoleksannya ke area kulit wajah anda. Untuk hasil terbaik gunakan masker bengkuang ini sebelum tidur. Lakukan secara rutin untuk mengontrol kelebihan minyak di kulit wajah anda. Selain dapat menekan produksi minyak berlebih di kulit wajah bengkuang juga mempunyai khasiat untuk mengecilkan pori-pori yang besar.

Masker pisang – Tidak hanya enak dimakan buah yang satu ini memang memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan kulit. Vitamin A, B, juga E tidak hanya dapat menghambat penuaan dini saja namun juga memiliki khasiat lain yaitu mengontrol minyak berlebih. Tips mengatasi minyak di kulit wajah dengan maker pisang yaitu haluskan terlebih dahulu buah pisang kemudian campurkan beberapa tetes madu murni. Aduk hingga merata kemudian oleskan secara merata boleh ke area T zone saja ataupun ke semua area kulit wajah. Tunggu sekitar 15 menit hingga kering. Bila dengan air hingga bersih dan untuk hasil terbaik lakukan secara rutin.

Leave a Reply