Mengapa sinyal hp sering hilang?

Paket kuota internet semakin murah, walau penyebab jaringan sering hilang masih sering dialami?. Mengapa sinyal hp sering hilang?. Apakah karena hp bermasalah? atau area yang belum terkover oleh jaringan operator seluler yang kita pakai?. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut?. Banyak pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pengguna saat mereka mengalami persoalan serupa, yaitu jaringan yang sering hilang. Hp android boleh berbagai merk yang kita pakai, tetapi masalah sinyal sering menjadi perdebatan saat akan memilih dan membeli hp android, walau merk sebuah hp tidak berpengaruh terhadap kekuatan sinyal yang ditanggkap oleh perangkat. Sebenarnya, apa penyebab sinyal hp sering hilang walau kita tidak berada didaerah pegunungan, malah ada banyak kasus terjadi saat mereka ada di tempat parkir basemen sebuah mall. Mari kita simak tips teknologi kali ini.

Bagaimana memilih operator seluler yang sinyalnya bagus?

Murah, berkualitas, dan kelancaran dalam berkomunikasi, pasti itu yang anda inginkan?! Tapi, itu yang jadi masalahnya. Meskipun kita sering mendengar tulalit atau nada sibuk, mendengar “I’m sorry, the number you’re calling is out of coverage area!” (padahal sebenarnya hp yang dituju dalam keadaan aktif), mendengar suara setan orang ngobrol ketika kita sedang melakukan panggilan, atau mungkin pernah sampai nyasar ke nomor orang lain (padahal nomor yang dituju benar).

Yang utama pastinya adalah sinyal. Pastikan bahwa operator yang akan anda gunakan sinyalnya sudah tidak diragukan lagi. Jadi, dimanapun anda berada, anda tetap bisa menerima/melakukan panggilan atau sms-an.

Mungkin sebagian besar diantara kita sering kebingungan ketika memilih kartu seluler, apalagi promosi setiap operator sekarang ini sepertinya memberikan fasilitas serta penawaran (bonus) yang justru semakin membuat kita bingung untuk menjatuhkan pilihan. Namun uniknya, untuk sekarang ini bagi kita (sebagai pihak konsumen) bisa dikatakan merasa diuntungkan. Perang harga secara tidak langsung telah menekan tarif yang dikenakan saat ini jauh lebih murah dari tahun-tahun sebelumnya.

Artikel terkait :   Mati karena main game

jika anda menginginkan operator dengan kualitas terbaik tentu ada harga yang pantas dan harus dibayar untuk mendapatkannya. Untuk mendapatkan operator seluler yang tepat, sebaiknya anda perhatikan beberapa panduan berikut ini.

1. Kualitas sinyal dan jaringan
Dalam memilih suatu produk operator seluler, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah apakah operator seluler tersebut memiliki jaringan yang luas dan kualitas sinyal yang kuat. Jika anda tinggal di kota besar hal ini tentu bukan masalah, namun jika anda tinggal di tempat terpencil dan jauh dari pusat kota tentu membutuhkan layanan seluler yang berkualitas karena memiliki jaringan yang tersebar hingga ke pelosok daerah.

2. Harga
Banyak operator memberikan promo tarif dan bonus berlimpah dengan harga bersaing. Sebaiknya anda jangan langsung tergiur dengan promo yang ditawarkan karena biasanya ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menikmati promo atau bonus tersebut. Sekalipun ada layanan operator seluler dengan harga yang lebih mahal, kembali ke poin pertama, jika kualitasnya bagus kenapa anda tidak memilihnya. Ingat, harga sebanding dengan kualitas.

3. Layanan
Beragam layanan telekomunikasi disediakan oleh operator seluler. Mulai dari fitur standar seperti telepon dan sms sampai layanan data dan fitur lain seperti video call dan teleconfrence. Pilihlah operator seluler yang bisa memberikan banyak fitur berkualitas yang bisa membantu anda dalam berkomunikasi.

Bagaimana memilih paket internet yang sesuai?

Memilih paket internet yang terbaik untuk smartphone atau gadget anda bukanlah hal yang mudah. Ketika kami melakukan riset untuk mencari tahu mana paket internet yang terbaik, kami dibanjiri oleh informasi yang kami rasa sangat membingungkan. Banyak sekali istilah-istilah yang kami perlu ketahui dan banyak sekali syarat-syarat dan ketentuan yang harus dibaca jika benar ingin mendapatkan paket yang terbaik dan paling cocok.

Artikel terkait :   Memilih router wifi yang bagus

Istilah yang pembaca perlu tahu dalam memilih paket internet adalah Fair Usage Policy (FUP) atau Batas Pemakaian Wajar. Ini adalah batas pemakaian kuota dalam periode tertentu yang diizinkan oleh operator. FUP ini bisa berlaku per hari atau per minggu atau per bulan. Apa yang terjadi setelah FUP ini tercapai? Walau ada operator yang langsung memutuskan koneksi pengguna ke internet, kebanyakan operator akan melakukan throttling kecepatan, yaitu melambatkan koneksi internet pengguna. Seberapa lambat? Lambat sekali kalau pengguna sudah terbiasa dengan koneksi 3G. Koneksi yang di-throttling berkisar antara 64 Kbps sampai dengan 128 Kbps. Untuk referensi, koneksi 3G berkisar antara 7.2 Mbps sampai 42 Mbps. Lambat sekali bukan?

Operator seluler seringkali menggunakan kombinasi FUP dengan marketing gimmick. Banyak yang menonjolkan bahwa kuota paket internet mereka unlimited tanpa memberitahu dengan jelas FUP mereka. Jadi, hati-hati!

Yang perlu pembaca perhatikan adalah kapan kuota bisa dipakai. Sebagai contoh operator seluler bisa mempromosikan kuota 5 GB per bulan dengan harga yang sangat murah. Namun, setelah diusut, ditemukan bahwa kuota yang bisa dipakai 24 jam penuh hanya 1 GB per bulan. 4 GB sisanya harus dipakai antara jam 12 malam sampai jam 6 pagi. Hal-hal seperti diatas inilah yang membuat kami merasa bahwa banyak orang akan terkecoh dengan marketing dan promosi paket internet dari operator seluler.

Kuota paket internet berbeda-beda jumlahnya, juga berbeda-beda pula masa aktif kuota internet. Kebutuhan kuota internet di smartphone, tablet dan modem juga berbeda-beda, kebutuhan kuota di smartphone misalnya karena smartphone menggunakan layar tidak begitu besar, jadi dalam membuka satu halaman website tidak begitu besar, berbeda dengan pemakaian kuota internet di Tablet dan modem yang menggunakan komputer PC.

Leave a Reply