Mengapa speaker hp sering mati?

Suara cempreng, kemresek dan pecah sering terjadi dan ingin memperbaiki sendiri. Perlu anda ketahui Perlu anda ketahui tips teknologi mengatasi mengapa speaker hp sering mati treble menjadi kurang enak didengar ditelinga kita. Suara menjadi pecah-pecah. Banyak alasan kenapa speaker hp mengalami masalah sebelum kita memutuskan untuk membawanya ke tempat service hp. Ada baiknya anda bisa mencegah speaker hp menjadi kurang enak didengar, karena jika kita biarkan saja kondisi tersebut terjadi pada speaker hp kita, maka akan membuat speaker semakin parah dan mati total. Tentu menjadi fatal jika speaker hp mati, karena speaker hp memiliki fungsi yang sangat penting, tanpanya anda tidak akan bisa menggunakan hp anda untuk melakukan panggilan sehingga hp hanya dapat difungsikan untuk mengirim SMS, internetan atau aktifitas-aktifitas lainnya diluar melakukan panggilan. Lalu mengapa speaker hp kita bermasalah?. Tips teknologi akan membahasnya untuk anda.

Kita tahu bahwa speaker hp termasuk salah satu komponen hp yang dalam sejumlah kasus sering kali mengalami kerusakan. Kerusakan pada perangkat suara ini biasanya dikarenakan seringnya hp tersebut terjatuh. Selain dikarenakan hp sering terjatuh, kerusakan pada speaker hp juga bisa disebabkan oleh debu yang masuk ke bagian dalam hp hingga mengenai speaker.

Sebelum anda memutuskan untuk membawa hp anda ke servis ada baiknya anda mencoba melakukan perbaikan dan membersihkan sendiri terlebih dulu. Kerusakan pada bagian speaker yang menjadikan fungsional suara speaker tidak berbunyi secara normal tidak selalu harus diganti dengan perangkat baru. Anda bisa mencoba membersihkan terlebih dulu.

Bagaimana membersihkan speaker hp yang benar?

Semakin bagus dan halus suara yang dihasilkan oleh speaker hp, maka semakin tinggi medan magnet yang dimilikinya. Dengan medan magnet yang tinggi terkadang justru menyebabkan benda-benda seperti pasir dan kotoran tertarik dan menempel ke speaker hadphone Anda.
Walaupun ada beberapa produsen handphone yang memasang 2 saringan kotoran, namun hal tersebut belum menjamin kotoran tidak akan masuk terlebih jika ukuran partikelnya kecil. Beberapa orang terkadang membersihkan kotoran tersebut dengan kompressor udara padahal hal tersebut justru akan membuat kotoran masuk lebih dalam kespeaker dan bila tekanan udaranya terlalu besar justru akan membuat membran pada speaker pecah sehingga suara speaker justru akan menjadi cempreng (keprek).

Artikel terkait :   Mini PC canggih dengan 6 port HDMI

Namun jangan khawatir ada beberapa tips mudah untuk membersihkan speaker handphone Anda

  1. Siapkan jarum.
  2. Buka cashing handphone Anda.
  3. Gunakan bagian belakang jarum yang tumpul (tempat memasukkan benang).
  4. Buat jarum menjadi magnet dengan menempelkan dan melepaskan jarum dengan body handphone dekat speaker.
  5. Saat anda melakukan hal No.4 kotoran pada speaker akan ikut terangkat.
  6. Sekarang tempelkan langsung jarum pada speaker hati-hati jangan sampai menusuk speaker.
  7. Kotoran magnetik akan terangkat dan speaker Anda akan bersih.

Sudah dibersihkan masih cempreng, apa sebabnya ?

Mungkin jarang sekali anda mengalami kerusakan pada speaker hp. Masalah ini memang ringan dan mudah di atasi, akan tetapi jika anda tidak mengerti masalah hp maka masalah ini akan menjadi masalah yang sangat serius. Apalagi fungsi hp yang anda gunakan lebih banyak untuk berkomunikasi.

Speaker hp mati umumnya disebabkan karena ponsel jatuh, terbentur benda keras atau karena terkena air. Jika anda sudah mengerti metode penanggulangannya maka akan mudah sekali menanganinya. Jika ada problem dengan pengiriman atau penerimaan suara, tentu bisa membuat hari-hari anda kelabu. HP yang mengalami kerusakan pada speaker memiliki tanda sebagai berikut :

  • Suara yang dihasilkan pada speaker hp tersebut terdengar kecil sekali.
  • Pada saat menerima telepon, anda tidak bisa mendengar suara lawan bicara, hal ini akan merepotkan jika terjadi pada saat yang kurang tepat, misalnya membicarakan urusan pekerjaan atau kondisi darurat.

Sebelum melakukan perbaikan dengan membongkar hp, alangkah baiknya melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Bukalah menu pada hp, pilih menu setting atau set up. Periksalah volume pada hp, mungkin sebelumnya volume dimatikan sehingga tidak ada suara yang dihasilkan.
  2. Pada hp tipe baru bukalah menu dan aktifkan profile general/umum dan tekan tombol pilih, lalu masuk ke personalisasi dan maksimalkan volumenya.
  3. Pastikan bahwa tombol ON/OFF volume dalam keadaan baik.
Artikel terkait :   Memasang TV tuner untuk monitor PC

Bila hal di atas sudah dilakukan tetapi ponsel masih tetap tidak terdengar suara pada speakernya, maka harus berani melakukan pembongkaran pada ponsel. Langkah yang harus dilakukan dalam perbaikan pada speakernya adalah sebagai berikut :

  1. Bukalah cashing penutup ponsel dan buka juga seluruh baut yang ada pada ponsel tersebut dengan menggunakan obeng khusus untuk membuka ponsel menurut type atau merk ponselnya.
  2. Setelah semua bagian ponsel terpisah, lihat pada bagian atas ponsel. Pada bagian tersebut terdapat sebuah komponen berbentuk lingkaran, biasanya berwarna hitam dan memiliki 2 kaki konektor yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan speakerphone dengan ponsel. Bila ponsel sudah lama dipakai maka bagian itu biasanya kotor terkena debu atau berkarat yang menyebabkan speeakernya mati. Hal itu biasanya terjadi karena arus listriknya tidak mengalir dengan sempurna ke speakerphone.
  3. Bersihkan bagian titik konektor speaker pada PCB dengan penghapus karet atau cutter dengan menggosok searah dan pastikan jangan samapi merusak bagian yang menghubungkan konektor dengan ponsel.
  4. Tarik kaki konektor speaker sedikit keatas perlahan – lahan jangan sampai lepas atau patah hal ini agar kaki konektor benar – benar melekat sempurna pada bagian mesin ponsel sehingga arus mengalir sempurna dan suara pada speaker kembali keluar. Akan tetapi jika speaker rusak atau mati, maka harus diganti dengan yang baru sesuai dengan jenis dan type ponselnya. Untuk mengecek apakah speaker tersebut mati atau masih baik maka harus menggunakan alat Multitester.

Leave a Reply