Mengatasi batuk berdahak dengan tradisional

Tips bermanfaat – Batuk merupakan dampak serangan flu yang diakibatkan menurunnya kekebalan tubuh. Serangan batuk dapat menyerang siapa saja, baik batuk berdahak maupun batuk kering. Namun keduanya sering membuat kita jengkel dan terganggu dengan bersin serta hidung tersumbat yang diakibatkan dahak yang ada dalam tenggorokan. Untuk mengatasi batuk berdahak dapat dilakukan dengan ramuan tradisional yang manjur, aman untuk segala usia. Jangan terburu untuk konsumsi obat yang berlebihan yang dapat mengakibatkan dampak yang kurang baik bagi tubuh.

mengatasi batuk berdahakBatuk berdahak yang sering datang setiap musim penghujan tiba dan perubahan musim memang dapat menyerang siapa saja. Sebaiknya kita selalu konsumsi nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Perhatikan pola makan dan menu sehat yang baik untuk asupan setiap hari. Perbanyak makanan yang berasal dari buah dan sayuran segar sebagai sumber makanan nabati yang banyak mengandung antioksidan sebagai penghancur radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Baca juga : Meningkatkan kekebalan tubuh dengan 10 resep tradisional

Mengatasi batuk berdahak dapat disembuhkan dengan obat yang dapat kita beli di apotik. Namun sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan batuk berdahak, termasuk dengan cara alami atau tradisional. Penggunaan bahan alami untuk mengobati batuk hampir tidak memiliki efek samping. Selain itu juga mampu menghilangkan batuk dengan cepat. Tidak kalah cepat dengan obat modern.

Jangan terlalu gelisah jika anda atau anak anda sering mengalami hal ini, karena serangan batuk berdahak maupun kering merupakan satu penyakit yang sangat umum dialami oleh masyarakat. Batuk disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai batuk yang disebabkan oleh suatu hal atau malah batuk yang merupakan gejala suatu penyakit yang sedang dialami oleh seseorang. Jika Anda mengalami batuk berkepanjangan baik batuk berdahak atau tidak, sebaiknya hal tersebut diwaspadai, bisa jadi itu merupakan gejala kanker tenggorokan. Atau bisa jadi juga merupakan pertanda paru-paru mengalami gangguan, mungkin bronkitis atau lainnya.

Artikel terkait :   Manfaat kolang kaling untuk radang sendi

MENGATASI BATUK BERDAHAK DENGAN RESEP TRADSIONAL
Batuk berdahak dapat disebabkan oleh bermacam hal, diantaranya adalah virus, infeksi paru-paru atau saluran pernapasan, penyakit paru-paru yang sudah kronis, asam lambung naik, atau bisa juga disebabkan karena kebiasaan merokok. Mengobati batuk berdahak dengan cara alami sebenarnya cukup manjur juga, tapi mungkin kalah pamor karena tidak ada iklan tentang obat tradisional sehingga sering dilupakan. Berikut ini beberapa macam cara mengobati batuk berdahak secara alami yang bisa Anda coba.

1. Mengatasi batuk berdahak dengan teh jahe
Membayangkan minumannya pun Anda juga pasti sudah bisa membayangkan betapa hangatnya dan betapa nikmatnya minuman ini. Irisan jahe yang dicampurkan ke dalam teh hangat cukup efektif untuk membantu mengatasi batuk berdahak. Cara menghilangkan batuk berdahak ini ternyata sudah digunakan oleh masyarakat di negara-negara asia sejak lama. Disarankan untuk mengonsumsi teh jahe dua kali sehari agar batuk berdahak Anda segera mereda.

2. Mengatasi batuk berdahak dengan belimbing wuluh
Bagi Anda yang belum tahu apa itu buah belimbing wuluh, buah ini adalah buah berukuran kecil yang menyerupai belimbing, tetapi berwarna hijau dan rasanya masam. Buah ini juga cukup efektif sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak ataupun pada orang dewasa. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan belimbing wuluh bersama beberapa butir adas, sedikit gula dan secangkir air. Kemudian rebus campuran-campuran tersebut dan saringlah airnya saat ramuannya sudah mulai dingin.

3. Mengatasi batuk berdahak dengan jeruk nipis
Mengonsumsi jeruk nipis merupakan cara menghilangkan batuk berdahak secara alami dan cepat. Jeruk nipis mungkin merupakan obat tradisional untuk menghilangkan batuk yang paling dikenal masyarakat. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan madu dan air hangat. Perbandingan antara perasan jeruk nipis, madu dan air adalah 1:3:5. Selain itu ada juga cara yang lebih mudah dan tidak terlalu repot, yaitu dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap. Metode ini juga cukup efektif sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak jika dikonsumsi dua kali sehari dengan takaran satu sendok teh.

Artikel terkait :   Manfaat sari buah merah untuk penderita diabetes

4. Mengatasi batuk berdahak dengan kunyit
Selanjutnya ada kunyit yang juga sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu rempah yang bisa meredakan batuk berdahak. Cara membuat ramuan tradisional untuk batuk berdahak ini adalah dengan menumbuk kunyitnya, lalu dicampurkan dengan madu ke dalam segelas susu. Ramuan kunyit ini dinilai sebagai cara menghilangkan batuk yang cukup efektif.

5. Mengatasi batuk berdahak dengan daun sirih
Daun Sirih juga bisa dijadikan obat untuk batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun Sirih secukupnya dan campurkan juga potongan Jahe. Kemudian air rebusannya diminum sebanyak minimal sekali dalam sehari supaya tubuh tetap hangat dan sehat.

tenggorokan gatalDari 5 jenis ramuan tradisional diatas, menjanjikan penyembuhan batuk berdahak maupun kering dengan segera, terutama untuk serangan yang masih ringan. Itulah beberapa bahan-bahan alami yang ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak. Banyak keuntungan menggunakan bahan-bahan alami tersebut karena memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.Jika serangan batuk berdahak sudah dialami beberapa hari, sebaiknya anda dapat memeriksakan diri ke dokter agar dapat didiaognosa penyakitnya secara lebih mendalam. Lakukan cek secara rutin kondisi tubuh untuk dapat mencegah timbulknya serangan batuk berdahak dikemudian hari.

Leave a Reply