Mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang

Gigi berlubang atau tumbuh baru sering terasa sakit dan ngilu. Untung mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang, agar tidak timbul nanah, sebaiknya anda melakukan dengan baik agar tidak menimbulkan infeksi. Gusi menjadi mudah mengalami peradangan jika kesehatan mulut tidak terjaga, hal ini berhubungan dengan kondisi gigi. Jika gigi sedang tumbuh, atau tumbuh baru yang biasanya terjadi pada usia akil balik, maka gigi akan mendesak gusi yang mengakibatkan perih dan sakit. Tapi gigi yang tumbuh bagian dalam ini suatu kondisi yang normal. Tetapi jika terjadi peradangan yang bisa membuat sakit ngilu karena gigi berlubang, maka anda perlu waspada akan terjadinya infeksi lebih lanjut. Bagaimana mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang?. Adakah obat tradisional untuk mengatasi sakit ngilu karena gusi bengkak?. Mari kita simak artikel berikut ini.

gusi-bengkakMengapa gusi bisa bengkak?

Gusi sangat penting terhadap kesehatan mulut seseorang. Gusi merupakan jaringan kokoh yang umunya berwarna pink karena terdapat banyak pembuluh darah yang kecil-kecil dan rapat, Gusi membungkus tulang rahang atas dan bawah, juga menempel pada bagian bawah gigi sehingga apa yang terjadi pada gigi bisa berdampak pada gusi.

Gusi yang bengkak sangatlah menyiksa dan tentu membuat anda merasa tidak nyaman sepanjang hari. Gusi bengkak (Gingivitis) adalah peradangan dan infeksi pada jaringan gusi. Sumber infeksi adalah bakteri yang menghuni rongga mulut, menginfeksi gigi (plak), mengeras dan menjadi karang gigi. Gingivitis ditandai dengan kemerahan dan bengkak pada jaringan gusi, perdarahan sementara saat menyikat gigi, nyeri atau rasa sakit pada gusi, rasa tidak enak di mulut, bau mulut, pembentukan nanah di antara gigi dan gusi.

Gusi bengkak berarti pada gusi tersebut terjadi peradangan atau inflamasi sehingga berwarna lebih merah dari sekitarnya (gusi yang sehat), gusi jadi menonjol, terkadang terlihat kekuningan diujungnya sebagai tanda adanya nanah. Gusi bengkak menjadi sensitif dan biasanya terasa sangat sakit bahkan terasa berdenyut seperti mau meledak. Tak jarang pula gusi bengkak mudah berdarah ketika menggosok gigi. Adapula yang bengkaknya sampai pipi wajah, terlihat wajahnhya jadi tidak simetris.

Artikel terkait :   Cara memasak semur jengkol tidak bau

Apa penyebab utama gusi bisa bengkak?

Penyebab utama terjadinya gusi bengkak biasanya karena kurangnya menjaga kebersihan mulut, mengkonsumsi makanan yang manis secara berlebihan seperti permen, adanya infeksi dalam gigi dan gusi, alergi, pemakaian kawat gigi atau behel yang terlalu rapat sehingga menyebabkan tekanan pada gusi, kurangnya asupan vitamin C dan juga mengkonsumsi makanan kurang sehat juga mempengaruhi pembengkakan pada gusi.

Selain itu, Penyebab paling umum dari pembengkakan gusi adalah adanya bakteri pada plak yang menginfeksi jaringan gingiva, sehingga terjadi infeksi kemudian membuat gusi bengkak, kemerahan, mudah berdarah, kadang sakit dan pada kasus lanjut akhirnya gigi menjadi goyang bahkan lepas. Biasanya selain membengkak, gusi juga berwarna merah terang mengkilap, mudah berdarah misalnya saat menyikat gigi, dan sering kali terjadi bersamaan dengan akumulasi tartar atau kalkulus (karang gigi) di sekitar permukaan gigi yang berbatasan dengan gusi.

Bagaimana cara mengobati secara alami gusi bengkak ?

Ada beberapa alternatif cara alami yang cukup efektif untuk membantu mengobati gusi bengkak sehingga sebelum Anda melakukan pengobatan gusi bengkak ke dokter gigi, gusi bengkak sudah agak membaik bahkan nilai plusnya Anda tidak perlu melakukan pengobatan gusi bengkak jika gusi yang membengkak sudah sembuh dan kempis seperti sediakala. Cobalah beberapa alternatif cara mengobati gusi bengkak dengan bantuan bahan alami di bawah ini :

Kumur air garam
Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang yang mengganggu aktivitas makan dan berbicara Anda dengan berkumur menggunakan larutan air yang telah ditambahkan dengan butiran halus garam secukupnya. Garam memiliki kemampuan alami yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam rongga mulut dan gusi, atasi gusi bengkak yang disebabkan oleh gigi berlubang dengan cara menyiapkan satu gelas air hangat asin karena telah dicampur dengan garam untuk kemudian digunakan sebagai obat kumur, lakukan cara alami untuk mengatasi gusi bengkak ini secara teratur sehingga gusi bengkak cepat kempis dan kembali seperti semula.

Kumur dengan ramuan tradisional rumahan
Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan memakai obat kumur yang dibuat dari ramuan tradisional rumahan. Anda bisa membuat ramuan kumur tradisional yang dibuat dari air dan campuran hidrogen perioksida atau larutan air dengan baking soda. Ramuan tradisional rumahan ini akan membantu membunuh kuman atau bakteri yang menjadi penyebab gusi mengalami pembengkakan. Berkumur secara teratur dengan ramuan obat tersebut sehingga gusi bengkak sudah kempis dan kembali sehat.

Artikel terkait :   Cara menghilangkan kutu rambut

Banyak minum air
Cara mengobati gusi bengkak dengan cepat dengan minum air putih lebih banyak. Dengan minum air putih lebih banyak secara tidak langsung akan membuat produksi air liur mengalami peningkatan sehingga membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut, selain berfungsi dengan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta melancarkan pencernaan, mengkonsumsi air putih juga baik untuk Anda yang terkadang mengalami gusi bengkak secara mendadak.

Memijat gusi
Cara lain yang tidak kalah efektif adalah memijat gusi. Dengan memijat gusi aliran darah akan menjadi lebih lancar sehingga proses penyembuhan pun mengalami peningkatan. Pijatlah gusi dengan jari Anda dengan mengikuti gerakan melingkar. Memijat gusi ini jauh lebih mudah daripada Anda harus berkumur dengan air garam atau larutan tradisional, namun sebelum melakukannya, pastikan terlebih dahulu, jika kondisi tangan dan jari Anda dalam kondisi yang bersih sehingga kuman atau bakteri yang ada di dalam tangan atau jari tangan tidak masuk ke dalam mulut.

Merubah pola makan
Atasi gusi yang membengkak dengan merubah pola makan. Agar gusi cepat sembuh, pastikan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang dapat menempel di gusi atau di gigi, seperti roti. Alangkah baiknya jika Anda meningkatkan konsumsi buah dan sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin C.

Sikat gigi secara teratur
Dengan rajin sikat gigi, sebanyak 2x setiap harinya akan menurunkan resiko sakit gigi atau gusi bengkak. Biasakan dari kecil untuk rutin menggosok gigi di pagi dan malam hari sebelum tidur, tujuannya untuk membantu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi serta menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi. Cara mengobati gusi bengkak ini merupakan bagian dari gaya hidup yang sudah sepatutnya diterapkan sejak kecil.

Leave a Reply