Mengatasi hidung tersumbat karena flu

Batuk dan pilek karena flu sering dilanda saat musim hujan. Untuk mengatasi hidung tersumbat yang membuat susah bernafas bisa diatasi dengan meminum obat dari apotik untuk meringankan keluhan lebih parah lagi. Hidung tersumbat karena flu kerap terjadi pada saat serangan flu semakin parah, dimana kondisi tubuh semakin lemah dan demam semakin tinggi. Memang secara singkat dan praktis, kita sering memutuskan untuk meminum obat pereda flu. Tetapi tidak akan serta merta dapat menyembuhkan hidung tersumbat. Untuk diketahui, kandungan obat pereda flu yang mudah kita dapatkan di apotik memang memiliki kandungan yang bervariasi dan disesuaikan dengan usia. Ada baiknya anda perlu memahami agar konsumsi obat pereda flu tidak menjadi kebiasaan anda. Nah, untuk mengatasi hidung tersumbat karena flu, ada cara yang lebih aman dan tidak menimbulkan ketergantungan. Mari kita simak dalam artikel tips bermanfaat berikut ini.

Apa penyebab hidung tersumbat selain flu?

Penyakit ringan merupakan penyebab hidung tersumbat yang paling sering. Yang dimaksud penyakit ringan disini misalnya, common cold, flu, dan infeksi sinus. Penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan hidung tersumbat karena menimbulkan peradangan pada lapisan rongga hidung dan sinus yang merupakan jaringan yang kaya akan pembuluh darah. Radang akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan menimbulkan pembengkakan sehingga hidung menjadi tersumbat. Menurut National Institutes of Health hidung tersumbat karena penyakit ringan diatas dapat sembuh atau hilang dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Untuk hidung tersumbat yang berlangsung lama, maka kemungkinan penyebabnya, antara lain:

  • Rinitis Alergi
  • Alergi serbuk sari
  • Polip hidung (hidung tersumbat hanya sebelah dan tidak berpindah-pindah)
  • Paparan zat kimia
  • Iritasi hidung karena faktor lingkungan contohnya asap atau debu.
  • Sinusitis kronis (infeksi sinus yang berlangsung lama)
  • Tumor (biasanya jinak, bukan kanker atau, massa yang dapat menyebabkan kemacetan jika mereka tumbuh di bagian hidung)
  • Septum menyimpang (sekat hidung yang membatasi antara rongga kanan-kiri yang seharusnya tepat di tengah-tengah, malah menyimpang alias mengot ke kanan atau ke kiri).
  • Sakit kepala cluster
  • Benda Asing (paling sering pada anak-anak) dengan ciri-ciri hidung terus berair (ingus) berbau, biasanya hanya satu hidung.
Artikel terkait :   Tanaman untuk mengusir nyamuk

Penyebab Hidung tersumbat yang jarang lainnya yaitu kehamilan, paling sering dimulai pada akhir trimester pertama. Hidung tersumbat ini mungkin disebabkan oleh fluktuasi hormonal dan peningkatan suplai darah yang terjadi selama kehamilan. Perubahan ini dapat mempengaruhi membran hidung, menjadi meradang, kering, atau berdarah.

Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat secara alami?

Cara mengatasi hidung tersumbat atau mampet bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Salah satu cara yang sudah terbukti efektif yakni dengan menghirup uap air panas. Selain itu cara yang lebih simple yakni dengan menghirup balsem atau minyak angin. Nah untuk info selengkapnya berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada orang dewasa dan bayi/anak.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal ini. Sebagian orang mungkin akan menggunakan obat dan sebagainya. Namun tahukah Anda, bahwa masih ada banyak cara ampuh mengatasi hidung tersumbat karena flu yang mudah dilakukan di rumah. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1.) Mengeluarkan lendir
Cara tercepat untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mengeluarkan lendir atau pilek dari hidung Anda. Dengan cara ini, kemacetan akan teratasi dan membuat keluar masuk udara akan kembali lancar. Anda hanya butuh menyiapkan sapu tangan atau tisu untuk membersihkannya.

2.) Mengkonsumsi sesuatu yang pedas
Makanan pedas diteliti mampu menipiskan lendir serta membersihkan hidung yang tersumbat. Jika Anda suka dengan makanan pedas, hal ini akan sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumi makanan sejenisnya saja, seperti paprika, wasabi, jahe, fanugreek ataupun bawang merah dan bawang putih.

3.) Mengoleskan salep hangat
Salep yang hangat atau beraroma mentol memiliki uap yang dapat melonggarkan pernapasan sekaligus membuat jalan bernapas tidak lagi tersumbat. Anda bisa menggunakan balsem atau minyak kayu putih untuk dihirup ataupun dioleskan ke dekat hidung.

4.) Gunakan kompres hangat
Anda bisa merendam handuk yang bersih ke dalam air hangat. Peras dan sisakan handuk dalam keadaan lembab, namun tidak terlalu basah. Lanjutkan dengan Anda duduk ataupun berbaring, lalu letakkan handuk tersebut di atas wajah selama beberapa menit. Dengan kompres hangat ini, ketidaknyamanan akibat hidung tersumbat dapat teratasi dan saluran hidung akan lebih lancar.

Artikel terkait :   Tanaman herbal untuk mengatasi asam urat

5.) Mandi dengan air hangat
Cara ampuh mengatasi hidung tersumbat karena flu selanjutnya yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Nantinya uap hangat yang dihasilkan oleh air mandi tersebut akan melewati paru-paru serta rongga hidung. Secara tidak langsung uap tersebut akan membuat setiap rongga menjadi lancar dan lendir akan hilang.

6.) Minum air atau jus
Bantuan cepat untuk hidung tersumbat yang dapat Anda lakukan lainnya adalah dengan rajin mengonsumsi air ataupun jus. Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas per hari. Dengan cara ini, hidung Anda bukan hanya menjadi lebih lega, namun juga bengkak yang menyebabkan cairan berlebih akan mengecil dan sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

7.) Air garam
Air garam dapat menjadi obat praktis untuk membantu mengatasi hidung tersumbat dan masalah sakit tenggorookan. Air garam terbukti cukup manjur untuk mengencerkan lendir ataupun dahak yang dapat menyumbat pernapasan. Caranya dengan berkumur larutan garam 3 kali dalam sehari. Gunakan campuran setengah sendok teh air hangat dengan air hangat secangkir penuh, lalu gunakan untuk berkumur beberapa detik kemudian keluarkan. Anda bisa melakukan hal ini 3 kali dalam sehari untuk hasil yang optimal.

8.) Tidur
Dengan tidur yang cukup, Anda telah memberikan waktu bagi tubuh untuk dapat menyembuhkan secara alami, sekaligus memerangi dingin. Selain itu, tidur cukup juga bukan hanya bisa mengatasi flu yang menyebabkan hidung tersumbat, namun juga mengatasi stres yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Semakin baik sistem imun, maka penyakit-penyakit umum, termasuk flu akan sulit untuk kembali.

Flu adalah penyakit umum yang terjadi akibat infeksi virus ataupun bakteri. Oleh sebab itu, cara mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu yang paling efektif adalah dengan mengatasi terlebih dahulu penyakit flu itu sendiri. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat flu atau membuat obat herbal sendiri di rumah.