Mengatasi hidung tersumbat

Tips bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cara sehat agar tidak menimbulkan efek yang lebih parah pada rongga hidung akan kami bahas dalam artikel ini. Untuk mengatasi hidung tersumbat yang mengganggu, anda harus mengetahui penyebabnya dan menyembuhkan dengan cara yang benar. Hidung tersumbat membuat aktifitas terganggu, apalagi jika terjadi dimalam hari saat kita menjelang tidur. Penyebab hidung tersumbat antara lain karena penyakit ringan seperti flu dan infeksi sinus. Hidung tersumbat terjadi karena terdapat lendir yang berlebih pada rongga hidung yang juga bisa disebabkan oleh alergi, benda asing dan juga aktivitas sehati-hari.

Pada kebanyakan khasus memang hidung tersumbat terjadi pada saat flu, namun apabila tidak segera diatasi tentunya dapat mengganggu serta membuat tidak nyaman terutama saat kita tidur. Sedangkan pada ibu hamil hidung tersumbat dapat disebabkan karena fluktuasi hormonal dan peningkatan suplai darah sehingga dapat mempengaruhi membran hidung menjadi meradang, kering, ataupun berdarah.

Gejala-gejala inilah yang membuat seseorang menjadi terganggu tidurnya dan kurang istirahat ketika sedang mengalami flu. Ketika flu menyerang, kondisi justru akan memburuk di malam hari. Dan ketika seseorang berbaring, saluran pernapasan akan cenderung semakin dipenuhi dengan sekret (dahak/lendir).

PENYEBAB HIDUNG TERSUMBAT
Penyakit ringan merupakan penyebab hidung tersumbat yang paling sering. Yang dimaksud penyakit ringan disini misalnya, common cold, flu, dan infeksi sinus. Penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan hidung tersumbat karena menimbulkan peradangan pada lapisan rongga hidung dan sinus yang merupakan jaringan yang kaya akan pembuluh darah. Radang akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan menimbulkan pembengkakan sehingga hidung menjadi tersumbat.

Untuk hidung tersumbat yang berlangsung lama, maka kemungkinan penyebabnya, antara lain:

  • Rinitis Alergi Alergi serbuk sari Polip hidung (hidung tersumbat hanya sebelah dan tidak berpindah-pindah
  • Paparan zat kimia
  • Iritasi hidung karena faktor lingkungan contohnya asap atau debu.
  • Sinusitis kronis (infeksi sinus yang berlangsung lama)
  • Tumor (biasanya jinak, bukan kanker atau, massa yang dapat menyebabkan kemacetan jika mereka tumbuh di bagian hidung)
  • Septum menyimpang (sekat hidung yang membatasi antara rongga kanan-kiri yang seharusnya tepat di tengah-tengah, malah menyimpang alias mengot ke kanan atau ke kiri).
  • Sakit kepala cluster
  • Benda Asing (paling sering pada anak-anak) dengan ciri-ciri hidung terus berair (ingus) berbau, biasanya hanya satu hidung.
Artikel terkait :   Diet sehat dengan daun seledri

Penyebab Hidung tersumbat yang jarang lainnya yaitu kehamilan, paling sering dimulai pada akhir trimester pertama. Hidung tersumbat ini mungkin disebabkan oleh fluktuasi hormonal dan peningkatan suplai darah yang terjadi selama kehamilan. Perubahan ini dapat mempengaruhi membran hidung, menjadi meradang, kering, atau berdarah.

MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT
Cara mengatasi hidung tersumbat atau mampet bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Salah satu cara yang sudah terbukti efektif yakni dengan menghirup uap air panas. Selain itu cara yang lebih simple yakni dengan menghirup balsem atau minyak angin. Nah untuk info selengkapnya berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada orang dewasa dan bayi/anak.

1. Menghirup uap air panas
Uap air panas dapat mengatasi hidung tersumbat dan juga membantu anda untuk bernafas lebih lega. Anda dapat menggunakan uap air panas sesuai kebutuhan.

2. Kompres dengan air hangat
Cobalah berbaring santai kemudian kompres hidung anda menggunakan handuk kecil yang sudah dicelupkan kedalam air hangat. Apabila kain sudah dingin basahi lagi dengan air hangat, terapkan cara ini berulang kali sampai anda merasakan manfaatnya.

3. Menggunakan inhaler, balsem, atau minyak angin
Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke atas saputangan atau tisu kemudian hirup uapnya secara teratur. Sifat pada zat yang terkandung dalam minyak kayu putih ini dapat meredakan peradangan pada hidung.Atau anda juga dapat meneteskan minyak kayu putih ini ke dalam air hangat, dan kemudian dapat menghirup uapnya. Inhaler juga dapat digunakan, cukup dengan menghirup inhaler dan sifat menthol pada inhaler ini akan bekerja sebagai obat hidung tersumbat.

4. Mengonsumsi makanan pedas
Cobalah mengonsumsi makanan pedas apabila hidung tersumbat oleh ingus yang kental dan susah dikeluarkan. Makanan pedas tersebut dapat merangsang perlendiran sehingga akan membuat ingus anda lebih encer dan mudah dikeluarkan. Wedang jahe atau sup ayam hangat dan pedas dapat anda coba konsumsi.

Artikel terkait :   Manfaat peterseli untuk ginjal

5. Posisi Tidur yang Benar
Mungkin selama ini kita berasumsi bahwa dengan tidur berbaring secara horizontal akan dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Namun sebenarnya hal itu salah. Sebaiknya kita menggunakan bantal sebagai sandaran untuk menopang tubuh bagian belakang dan dalam posisi yang tegak. Pada posisi ini, dapat memungkinkan lendir pada hidung untuk bergerak bebas dari bagian – bagian yang mengalami peradangan dan mengatasi penyumbatan agar tidak lebih parah.

6. Steaming
Selama ini, kita hanya mengetahui manfaat steaming pada rambut saja, terutama penggunaannya setelah creambath. Ternyata, steaming juga mempunyai manfaat untuk mengatasi hidung yang sedang tersumbat. Caranya, siapkan handuk kecil  lalu baskom yang berisi air hangat. Celupkan handuk tersebut ke dalam baskom, lalu peras sedikit. Kemudian, lingkarkan handuk ke kepala anda, menutupi rambut. Proses steaming ini selain dapat membuat rambut sehat, dapat juga mengatasi peradangan pada hidung dan memperlancar aliran pernafasan. Perlu ditekankan air yang digunakan jangan terlalu panas, karena akan merusak rambut dan dapat melukai kulit kepala.

Dari hal mengatasi hidung tersumbat diatas, banyak tips bermanfaat yang dapat anda coba agar keluhan hidung tersumbat dapat anda atasi. Jika dalam beberapa cara tidak berpengaruh, segeralah datang berobat agar lebih tepat cara pengobatannya.

Leave a Reply