Mengatasi perut kembung

Untuk mengatasi perut kembung, banyak yang dapat kita lakukan walau tidak sedikit yang kurang paham tentang penyebab perut kembung. Perut kembung dan begah terjadi ketika terdapat gas yang berlebihan pada saluran cerna, baik di lambung maupun usus. Kelebihan gas di lambung menyebabkan rasa kembung dan begah. Sedangkan jika di usus, menyebabkan frekuensi buang angin meningkat. Namun kelebihan gas di usus ini juga dapat menyebabkan perut melilit, kram dan diare tanpa pola yang jelas.

Sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi perut kembung, sebelumnya kita juga harus tahu apa saja penyebab perut menjadi kembung, sehingga nanti kita dapat menghindari hal-hal yang dapat membuat perut menjadi kembung.

Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Paling banyak perut kembung ini disebabkan karena gas yang menumpuk di perut, menyebabkan bersendawa, dan terkadang sakit perut. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung, yaitu stres karena kesibukan, masuk angin, kebiasaan makan, dan makanan. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan perut kembung adalah alergi makanan, gangguan pencernaan, menstruasi, dan gangguan kesehatan tertentu.

Perut kembung dapat disebabkan karena udara yang masuk ke dalam tubuh dikeluarkan melalui sendawa dan kentut. Kedua cara ini adalah reaksi normal yang disebabkan karena keberadaan udara yang berlebihan di dalam sistem pencernaan. Beberapa makanan diketahui dalam proses pencernaannya menghasilkan gas, yaitu :

  • Laktosa. Zat ini terkandung dalam berbagai makanan dari susu dan produk olahannya.
  • Sorbitol yang terdapat pada buah-buahan. Sorbitol juga digunakan sebagai pemanis buatan.
  • Buncis dan sayuran dari kacang-kacangan.
  • Brokoli, kobis, kol, lobak, kacang merah, taoge dan paprika hijau.
  • Buah-buahan sperti apel,pisang, melon dan pir.
  • Gorengan dan makanan berlemak.
  • Minuman bersoda.

Makanan tersebut di atas dalam saluran cerna akan di proses oleh berbagai enzim. Ketika enzim tersebut tidak mampu mencerna seluruhnya, sisa makanan akan proses oleh berbagai bakteri yang terdapat pada usus. Proses pencernaan makanan oleh bakteri inilah yang menghasilkan gas.

Artikel terkait :   Manfaat budidaya kroto untuk kesehatan

Cara Mengatasi Perut Kembung
Untuk dapat mengatasi perut kembung dengan efektif maka harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan perut kembung yang sedang Anda alami, sesuai dengan yang disebutkan di atas. Jika ternyata Anda menduga penyebabnya adalah karena mengkonsumsi makanan penyebab perut kembung secara berlebihan, maka untuk sementara harus menghindarinya. Namun demikian secara umum dapat menggunakan obat untuk mengatasi perut kembung, yaitu obat yang mengandung simetikon, sebuah obat yang bekerja melarutkan gelembung gas, sehingga dapat mengurangi perut kembung, simetikon biasanya terdapat pada obat mag.

Mengatasi Perut Kembung Dan Begah
Tergantung pada penyebabnya. Jika kembung karena kekenyangan atau karena makanan, maka beberapa obat dapat digunakan, diantaranya:

Obat mengatasi perut kembung – Enzim pencernaan
Beberapa enzim digunakan untuk mengatasi perut kembung dan begah akibat kekenyangan atau salah makan. Enzim tersebut adalah pankreatin, bromelain, dan mungkin juga empedu sapi (dalam kemasan, kadang ditulis ox bile). Enzim tersebut tersedia dengan merek Pankreoflat, Enzyplex, Tripanzym, Benozym, Vitazym, Xepazym).

Obat mengatasi perut kembung – Penyerap gas/anti flatulen
Agar gas dalam perut tidak membuat kembung dan begah, bisa diberikan oabt penyerap gas. Obat yang digunakan adalah simetikon atau dimetilpolisiloksan (Dysflatil). Simetikonn atau dimetilpolisiloksan juga serinbg dikombinasikan dengan obat maag.

Obat mengatasi perut kembung – Probiotik
Makanan yang tidak tercerna dengan baik akan menyebabkan pertumbuhan bakteri jahat. Untuk menekan pertumbuhan bakteri ini, perlu bakteri baik seperti Lactobacillus dan sejenisnya (Yakult, Rillus, Synbio).

Mengatasi perut kembung – Menggunakan jahe
Jahe adalah salah satu tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengobati perut kembung. Selain dapat membuang gas dalam perut, jahe juga berfungsi melancarkan pencernaan. Caranya pun mudah, sobat tinggal mengunyahnya langsung atau menambahkan jahe pada makanan maupun minuman.

Artikel terkait :   Minuman paling segar dan bergisi tinggi

Mengatasi perut kembung – Menggunakan jeruk nipis
Jeruk nipis pun ternyata dapat menyembuhkan perut kembung. Caranya: peras jeruk nipis, gunakan airnya untuk membuat minuman dengan air hangat, campurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Minumlah ramuan ini dan rasakan hasilnya.

Mengatasi perut kembung – Menggunakan bawang merah
Lagi-lagi bahan dapur dapat digunakan untuk pengobatan. Bawang merah bisa membantu sobat mengatasi perut kembung loh! Caranya sederhana, parutlah bawang merah secukupnya, lalu campurkan parutan bawang merah tersebut dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Lalu, tempelkan ramuan ini di bagian pusar.

Mengatasi perut kembung – Minum teh manis hangat
Ada cara yang cukup enak untuk mengatasi perut kembung, yakni dengan meminum teh manis hangat. Tapi sebaiknya jenis teh yang sobat konsumsi adalah teh hijau atau teh hitam. Agar lebih segar, sobat juga dapat menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis dengan campuran satu sendok makan madu ke dalamnya. Sobat pasti suka kan?

Mengatasi perut kembung – Makan sup hangat
Selain minum teh manis hangat, ada lagi cara enak yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi perut kembung. Caranya adalah dengan memakan sup hangat. Sederhana dan tentunya cukup efektif menghilangkan udara yang terjebak dalam perut sobat.

Mengatasi perut kembung – Bergerak setelah makan
Setelah makan dengan kenyang biasanya seseorang tertarik untuk bersantai atau bahkan rebahan di kasur. Hindari hal tersebut. Agar pencernaan lancar dan metabolisme tubuh bekerja dengan baik, sobat disarankan untuk bergerak selama 10 menit usai makan. Tapi tidak perlu melakukan olahraga berat ya! Cukup dengan lari kecil di tempat misalnya. Bergerak setelah makan bisa mengurangi tumpukan gas yang ada di saluran pencernaan.

Dari sekian banyak cara mengatasi perut kembung diatas, sekiranya akan menambah pengetahuan anda tentang perut kembung dengan memahami penyebab terjadinya perut kembung. Semoga bermanfaat

@Tips bermanfaat

Leave a Reply