Mengatasi speaker hp pecah

Apa penyebab hp suaranya kecil?. Apakah hp habis terjatuh?. Bagaimana mengatasi speaker hp pecah?. Apakah awet tidaknya speaker karena merk hp?. Ada beberapa kasus yang ditemui oleh tukang service mengenai suara speaker yang kecil dan nyaris tidak terdengar jika untuk mendengarkan musik. Speaker yang rusak bisa mengakibatkan banyak hal, diantaranya suara yang kecil, suara cempreng, kemresek yang kurang enak untuk didengar. Penyebab speaker hp pecah juga banyak sebab, bisa jadi karena salah pengaturan pada bagian option atau juga secara fisik speaker sudah mengalami kelemahan. Untuk mengatasi speaker hp pecah, beberapa tips berikut akan sangat berguna bagi anda yang sering mendengarkan musik dengan hp android. Mari kita simak artikel tips teknologi berikut.

Banyak dari hp keluaran sekarang berfokus pada kejernihan suara dan besarnya suara yg dkeluarkan dari speaker terutama jenis hp china yg memang mengandalkan produknya dari segi suara walaupun sebenarnya hp global banyak juga yg bagus suaranya tapi kalau dari segi besarnya masih besar hp lokal, tapi terkadang karna seringnya menggunakan speaker dari hp tersebut lambat laun pasti akan kalah speakernya.

Sebenarnya, jarang sekali kita temukan kerusakkan ringan pada ponsel seperti speaker mati. Masalah ini memang ringan dan mudah diatasi, akan tetapi jika pengguna tidak mengerti masalah ponsel maka masalah ini akan menjadi masalah yang sangat serius.

Speaker mati umumnya disebabkan karena ponsel jatuh, terbentur benda keras atau karena terkena air. Jika anda sudah mengerti metode penanggulangannya maka akan mudah sekali menanganinya. Ponsel yang mengalami kerusakkan pada speaker memiliki tanda sebagai berikut:

– Suara yang dihasilkan pada speaker ponsel tersebut terdengar kecil sekali.
– Pada saat menerima telepon, anda tidak bisa mendengar suara lawan bicara, jadi masalah ini akan merepotkan jika terjadi pada saat yang kurang tepat.

Artikel terkait :   Mengatasi suara speaker hp pecah

Bagaimana mengatasi speaker hp yang lemah dan pecah?

Jika Anda mendengar suara berderak atau kresek-kresek yang datang dari speaker handphone Anda, hal ini menandakan bahwa telah terjadi gangguan statis. Masalah ini sebetulnya paling sering dikaitkan dengan speaker komputer, tetapi juga bisa terjadi pada setiap speaker termasuk speaker handphone.

Gangguan statis ini dapat dihilangkan selama Anda dapat memecahkan masalah dan menemukan di mana sumber gangguan statis tersebut. Nah, solusinya akan Paseban uraikan melalui cara memperbaiki speaker handphone tanpa harus melibatkan orang teknis.

Sebenarnya, gangguan statis biasanya terjadi jika speaker handphone mulai kresek-kresek atau volume yang tidak cukup tinggi. Cara memperbaiki speaker handphone sendiri pun bisa Anda lakukan dengan beberapa pilihan yang tersedia dan tentunya relatif lebih mudah karena tidak mengharuskan Anda untuk membeli bahan tambahan, kecuali jika Anda tidak memiliki peniti atau klip kertas di rumah.

Langkah Pertama
Matikan handphone dan biarkan kering jika telinga Anda telah berkeringat atau jika ada kelembaban yang berlebihan di udara. Kondisi seperti ini menyebabkan speaker menjadi statis dan sering menciptakan distorsi. Tunggu speaker hingga dirasa kering sebelum Anda mulai menggunakannya kembali.

Langkah Kedua.
Periksa speaker pada handphone Anda, mungkin ada debu atau serat yang menempel ke port speaker. Untuk membersihkannya, gunakan klip kertas atau peniti. Jika menggunakan peniti, berhati-hatilah jangan sampai mendorongnya terlalu dalam, khawatirnya akan menembus speaker dan membuatnya menjadi rusak.

Langkah Ketiga.
Putuskan pembicaraan Anda di telepon jika terdapat echo atau gema mikrofon (suara kedua yang muncul setelah berbicara). Kejadian ini bisa disebabkan oleh koneksi yang buruk. Untuk mengatasinya, coba ganti panggilan atau ulangi panggilan dan setelah itu seharusnya gema akan menghilang dan tidak akan terdengar lagi.

Langkah Keempat.
Atur tingkat volume speaker handphone Anda. Bila setting volume maksimum, maka distorsi dan statis dapat didengar. Turunkan volume speaker handphone untuk mengurangi statis.

Artikel terkait :   Memilih router wifi yang bagus

Tekan tombol Menu-> Options* lalu lihat informasi audio. Pilih opsi Speaker-> Volume Level untuk meningkatkannya jika Anda tidak dapat mendengar audio dengan jelas, atau turunkan volume jika terdengar terlalu keras.

Bagaimana agar headset awet?

Headset memang perlu dirawat agar anda tidak terlalu kehilangan banyak uang untuk membeli headset baru, karena asal perawatannya baik dan benar, headset pastilah tidak akan pernah cepat rusak, selalu meletakkannya dengan baik merupakan salah satu cari untuk membuatnya cepat awet, karena hal tersebut membuat headset tidak terkena gerakan yang dimana akan membuatnya rusak.

Ketika headset anda sudah ngeprek, cobalah gunakan kembali, namun sebelum digunakan cobalah pukulkan dengan perlahan headset yang terdengar ngeprek ke tempat keras, hal ini bertujuan untuk menyebarkan lagi kotoran yang terpusat di magnet headset sehingga tidak menghalangi lagi pergerakkan streo yang ada di dalam headset, lakukan lagi jika headset anda terdengar ngeprek kembali.

Setiap habis di gunakan simpanlah dengan cara digantung di tempat yang tinggi, ini bertujuan agar kabel headset tidak tertekuk – tekuk selain itu untuk membantu anda untuk menemukannya jika ingin digunakan lagi, karena hal tersebutlah yang akan membuat headset semakin mudah rusak dan akan berakibat suatu waktu kabel akan terputus ,jika kalian simpan di tempat datar dan tak menyimpan headsetnya dengan baik tak menutup kemungkinan kerusakan headset akan tidak terhindarkan.

Jangan pernah menggunakan headset saat ingin tidur, ini bertujuan agar headset tidak akan mengalami kerusakan yang disebabkan oleh tertindih badan atau tertarik secara keras karena tidak di sengaja, karena pada dasarnya pada saat tidur, kita tidak bisa mengtrol tubuh kita sehingga, saat menggunakan headset pada saat tidur tidak menutup kemungkinan headset akan rusak.

Leave a Reply