Mengecilkan perut buncit dengan jus seledri

Apa bisa?. Pola hidup sehat memang penuh kejutan, salah satunya untuk mengecilkan perut buncit dengan jus seledri pasti bisa anda dapatkan. Mengapa tidak?. Jika anda secara rutin mengkonsumsi jus seledri sebagai asupan penuh gizi dari tanaman herbal ini, anda akan merasakan perkembangan pada kesegaran serta hilangnya beberapa lemak tubuh yang sering menumpuk di beberapa bagian, salah satunya bagian perut. Perut buncit sering dikeluhkan karena mengurangi penampilan, tetapi sering mengabaikan sumber nutrisi penuh gizi dari daun hijau mungil ini. Sempatkan konsumsi seledri sebagai musuh lemak tubuh ini.

mengecilkan-perut-buncitApa sih penyebab perut buncit?

Semua orang ingin memiliki perut yang ramping, tetapi tidak tahu cara mengantisipasi atau mencegah perut menjadi buncit. Semua cara mengecilkan perut buncit sampai menghabiskan banyak dana banyak dan tidak mudah mewujudkannya, tetapi tidak tahu penyebabnya sehingga tidak pernah berhasil memiliki perut ramping dan rata.

Penyebab yang pertama adalah jarang atau kurangnya berolahraga. Seperti yang kita ketahui olahraga adalah salah satu hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja olahraga juga dapat menurunkan berat badan. Oleh karena itu mulailah untuk berolahraga agar lemak yang berlebih pada perut dapat terbakar secara sempurna, sehingga perut bisa menjadi lebih rata dan menarik. Ada beberapa olahraga untuk mengecilkan perut seperti melakukan sit up, jogging ataupun olahraga lainnya.

Penyab kedua adalah minuman beralkohol atau bersoda. Jika Anda merupakan salah satu orang yang gemar mengonsumsi alkohol, mulailah untuk menghindari minuman yang satu ini, selain memabukkan dan mengganggu kesehatan minuman beralkohol juga minuman yang diharamkan dalam Islam. Tak hanya itu saja, kandungan kalori serta gula dalam alkohol juga dapat membuat perut semakin buncit serta dapat menyebabkan berat badan semakin bertambah. Tentu saja ini akan membuat tubuh semakin rentan terhadap penyakit, seperti gangguan pencernaan, diabetes, liver dan lainnya.

Artikel terkait :   Cara menghilangkan racun dalam tubuh

Penyebab berikutnya adalah sering mengkonsumsi makanan cepat saji yang berlemak seperti gorengan. Makanan berlemak seperti gorengan memang sangat disukai oleh semua orang. Namun makanan berlemak merupakan makanan yang sangat sulit dicerna oleh pencernaan manusia. Sehingga terlalu sering mengonsumsi makanan ini dapat menyebabkan timbunan lemak pada perut sehingga dapat menyebabkan perut buncit.

Apa bahaya yang tersembunyi dalam perut buncit?

Jika anda memiliki perut buncit, anda sebaiknya lebih memperhatikannya. Perut buncit disebut juga obesitas perut atau obesitas sentral. Lemak di bagian perut ini terdiri dari dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit. Lemak ini dapat dicubit dan terlihat. Sedangkan lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat. Lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut. Selain sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit lain, lemak viseral sangat sulit untuk dihilangkan.

Lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya. Kumpulan lemak viseral di dalam tubuh bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Senyawa-senyawa peradangan disebut juga sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan ringan dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Senyawa lain yang dikeluarkan oleh lemak viseral adalah asam lemak bebas. Senyawa ini akan masuk ke dalam hati dan kemudian memicu berbagai perubahan, antara lain peningkatan produksi kolesterol buruk dan penurunan produksi kolesterol baik. Itulah mengapa perut buncit dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi. Selain itu, asam lemak bebas juga menyebabkan insulin menjadi kurang efektif dalam mengontrol gula darah, meningkatkan risiko diabetes.

Artikel terkait :   Apa alasan ibu hamil sering lelah?

Selain itu, lemak pada perut buncit juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung. Hal ini karena lemak pada perut buncit dapat memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau yang disebut dengan angiotensin.

Bagaimana mengecilkan perut buncit dengan jus seledri?

Seledri merupakan sumber makanan penting yang mengandung antioksidan konvensional termasuk vitamin C, beta-karoten, dan mangan. Seledri juga banyak mengandung fitonutrien atau zat aktif yang bermanfaat bagi tubuh. Banyak dari fitonutrien ini masuk dalam kategori antioksidan fenolik dan telah terbukti memberikan manfaat anti-inflamasi juga.

Menurut penelitian sekian ahli gizi dan makanan menyatakan bahwa ekstrak seledri telah terbukti menurunkan resiko kerusakan oksidatif lemak tubuh dan risiko kerusakan oksidatif pada dinding pembuluh darah. Selain itu, ekstrak seledri ini telah terbukti untuk mencegah reaksi inflamasi dalam saluran darah dan pelarutan plak-plak kolesterol.

Selain antioksidan dan anti-inflamasi, seledri mengandung polisakarida berbasis pektin yang dapat memberikan manfaat bagi saluran cerna. Polisakarida berbasis pektin yang ditemukan dalam seledri dapat berperan sebagai anti inflamasi. Dalam penelitian hewan, ekstrak seledri mengandung telah terbukti untuk meningkatkan integritas dari lapisan perut, mengurangi risiko ulkus lambung (tukak lambung), dan lebih mengontrol tingkat sekresi lambung.

Nah, dari sekian kandungan yang ada dalam seledri, dalam sajian berbentuk jus seledri dapat anda nikmati dirumah dengan santai. Jus memberikan kelebihan daripada bentuk sajian lainnya, selain menjaga kesegaran, sajian jus seledri lebih membantu lambung untuk cepat menyerapnya.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply