Mengetahui penyebab diare anak dan mencegahnya

Tips bermanfaat – Diare pada anak membuat orang tua sering kawatir. Diare dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak yang kurang memperhatikan kesehatan lingkungannya. Bagi anda orang tua, dengan mengetahui penyebab diare anak dan mencegahnya menyerang tubuh anak anda, jadi hal yang wajib anda ketahui. Tentu dengan banyak informasi menyatakan, penyakit diare juga dapat mengakibatkan kematian jika tidak segera mendapat perawatan dan disembuhkan dengan benar. Daripada mengobati, lebih baik mengetahui penyebab diare anak dan mencegahnya terlebih dahulu.

penyebab-diare-anakMeskipun diare bukan termasuk penyakit keras yang membutuhkan waktu penyembuhan lama, namun untuk beberapa kasus diare yang akut ternyata penyembuhannya bisa memakan waktu cukup lama. Umumnya penyakit diare ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Bahkan biasanya hanya perlu mengonsumsi obat-obatan yang dijual di pasaran saja tanpa perlu berobat ke dokter.

PENYEBAB DIARE ANAK
Ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Oleh karena itu tak ketinggalan kami juga akan menjelaskan tentang bagaimana saja cara pencegahan sakit diare pada anak.

Artikel terkait : Obat tradisional mencret pada anak.

Secara umum banyak ahli kesehatan menyatakan bahwa penyebab diare pada anak cukup banyak. Konsumsi makanan pedas, asam, dan bercampur santan sekaligus secara bersamaan tidak jarang mengakibatkan diare karena usus kaget dan tidak siap menyerap semuanya, otomatis terjadi ketidak optimalan proses penyerapan cairan yang seharusnya menjadi feses normal berbentuk padat, alhasil terjadilah diare. Alkohol juga menjadi penyebab diare paling banyak, terutama di negara asing.

Gejala diare pada anak yang biasanya ditemukan adalah terus menerus melakukan buang air besar yang mana sebelumnya ataupun ketika diare selalui disertai rasa mulas berkepanjangan. Dehidrasi, mual, dan muntah juga sering terjadi. Gejala lain yang dirasakan pasien (meskipun jarang) adalah pegal di bagian punggung, dan perut mengeluarkan suara-suara.

Artikel terkait :   Mengobati nyeri lutut secara tradisional

Anak-anak sering sekali tidak memerhatikan kebersihan tangan dan juga kebersihan makanan ketika sedang makan. Dan hal tersebut memang dibenarkan karena secara umum diare bisa terjadi karena kurang disiplinnya seseorang dalam menjaga kebersihan teurtama saat makan dan minum. Oleh karena itu sebagai langkah pencegahan Anda mungkin bisa menyimpan makanan dan minuman Anda di tempat yang bersih. Saat Anda memasak air juga harus dimasak sampai benar-benar matang, supaya segala jenis bakteri dan mikroorganisme berbahaya lain bisa mati.

Sebagai langkah pencegahan diare pada anak, mulai sekarang ajarkanlah anak Anda untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan ataupun setelah memegang benda-benda yang kotor. Sebagai orang tua Anda juga harus menjaga kebersihan kuku anak Anda supaya tidak dihinggapi bakteri-bakteri yang membahayakan kesehatan. Saat memasak untuk anak, usahakan masakan atau minuman yang Anda buat benar-benar matang. Selain itu sebagai langkah pencegahan diare yang akan menyebar pada orang lain disekitar Anda, pastikan Anda juga selalu memerhatikan kebersihan lingkungan sekitar Anda terutama toilet.

Itu tadi adalah sedikit informasi tentang obat diare anak dan juga cara pencegahan diare yang bisa kami sampaikan. Dengan demikian bisa kita ambil kesimpulan bahwa anak-anak sangat rentan terkena diare. Oleh karena itu Anda sebagai orang tua juga harus selalu waspada dan siap siaga untuk mengatasi hal tersebut. Dan salah satu sikap siaga Anda adalah dengan mengetahui resep-resep obat diare anak tradisional yang bisa Anda buat sendiri sebagai pertolongan pertama saat si kecil terkena diare.

One Comment

Leave a Reply