Menghilangkan kadar alkohol dalam darah

Cara menetralisir atau menghilangkan kadar alkohol dalam darah bagi orang mabuk minuman melebihi batas normal adalah dengan memahami efek alkohol terhadap setiap orang berbeda. Kadar alkohol dalam setiap minuman yang diijinkan oleh BPOM sudah disesuaikan dengan tingkat kemampuan tubuh orang dewasa menyeimbangkan dan mengontrol tubuh dalam keadaan sadar tanpa kendali alkohol. Pada tingkatan tertentu, alkohol bermanfaat untuk tubuh, tetapi jika dikonsumsi diatas batas normal dan mengalir dalam darah maka akan mempengaruhi tubuh melakukan kontrol secara sadar sehingga mengakibatkan orang menjadi mabuk alkohol. Lalu, bagaimana menetralisir kadar alkohol dalam darah yang sudah melebih batas?. Mari kita simak artikel berikut ini.

kadar-alkoholApa manfaat alkohol bagi tubuh kita?

Minuman beralkohol, termasuk wine, bukanlah konsumsi umum masyarakat di Indonesia. Namun bagi kalangan yang ingin mendapatkan manfaat wine, penting untuk mengetahui takaran konsumsi yang tepat demi menghindari efek buruknya.

Berdasarkan keterangan dari Dr. Henk F.J Hendriks (TNO Nutrition and Food Research, Belanda), telah menyatakan bahwa mengkonsumsi alkohol dalam jumlah takaran rata-rata akan mampu menaikkan kadar hormon, hal ini diyakini bisa membantu arteri darah. Studi yang dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah tertentu (tidak berlebihan) mampu mengurangi terhadap resiko penyakit serangan jantung.

Hal ini dapat ditunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman ber-alkohol dalam jumlah secukupnya akan menurunkan resiko tersumbatnya aliran darah pada saluran arteri dari peradangan, sejumlah asam lain dalam darah, dan pembekuan darah. Alkohol juga dipercaya mampu meningkatkan DHEAS (dehydro-epiandrosterone) yang mempunyai manfaat memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Tingkatan DHEAS dalam tubuh manusia berhubungan dengan faktor usia, di mana semakin tua usia semakin menurun tingkat DHEAS nya.

Mengapa orang bisa mabuk dan tidak terkontrol saat minum alkohol?

Konsumsi minuman beralkohol, seperti wine, harus dilakukan secara bertanggung jawab karena gangguan kesehatan yang ditimbulkan lebih tinggi dibandingkan manfaat positif yang bisa diberikan. Konsultasikan kepada dokter mengenai takaran yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Jika Anda tidak bisa mengendalikan asupan alkohol agar selalu dalam takaran yang sehat dan tidak berlebihan, sebaiknya jangan mengonsumsi alkohol sama sekali.

Apa dampak negatif minuman beralkohol bagi tubuh kita?

Ketika Anda minum alkohol, itu diserap ke dalam aliran darah Anda dan mempengaruhi setiap bagian dari tubuh Anda. Dalam jangka panjang, ini dapat menempatkan Anda pada risiko kesehatan yang serius. Bahkan sejumlah kecil alkohol memiliki mempengaruhi pada tubuh Anda. Ketika Anda minum, alkohol diserap ke dalam aliran darah Anda dan didistribusikan ke seluruh tubuh Anda. Sebuah jumlah kecil alkohol keluar dari tubuh Anda dalam urin Anda dan napas Anda. Konsumsi alkohol menyebabkan perubahan fisik dan emosional yang dapat melakukan kerusakan besar untuk tubuh Anda. Efek jangka panjang dari penyalahgunaan alkohol banyak, menempatkan kesehatan Anda dalam bahaya serius dan membahayakan hidup Anda.

Selain itu, minum terlalu banyak alkohol mempengaruhi banyak bagian tubuh. Hal ini dapat sangat berbahaya bagi hati, organ yang memetabolisme (rusak) alkohol dan zat berbahaya lainnya. Orang yang minum berat untuk waktu yang lama dapat mengembangkan penyakit seperti peradangan hati (hepatitis alkoholik) atau jaringan parut hati yang berat (sirosis). Penyakit hati yang berhubungan dengan alkohol dapat menyebabkan kematian.

Alkohol tidak dipecah oleh hati pergi ke seluruh tubuh, termasuk otak. Alkohol dapat mempengaruhi bagian otak yang mengendalikan gerakan, pidato, penilaian, dan memori. Efek ini menyebabkan tanda-tanda akrab mabuk: kesulitan berjalan, bicara cadel, penyimpangan memori, dan perilaku impulsif. Minum berat jangka panjang dapat mengecilkan lobus frontal otak, yang mengganggu kemampuan berpikir.

Minum alkohol dapat mempengaruhi jantung dengan cara yang baik dan buruk. Di satu sisi, penelitian telah menunjukkan bahwa minum moderat – hingga dua gelas sehari untuk pria dan satu minuman untuk wanita – dapat menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung. Di sisi lain, minum berat – baik sekaligus atau dari waktu ke waktu – dapat merusak hati. Penggunaan alkohol jangka panjang juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang meningkatkan risiko seseorang dari penyakit jantung. Namun, tekanan darah dapat kembali normal dalam beberapa bulan setelah minum berhenti jika tidak ada banyak kerusakan pada jantung.

Alkohol mempengaruhi pria dan wanita berbeda. Secara umum, pria yang lebih tua lebih mungkin untuk minum alkohol dibandingkan dengan wanita yang lebih tua. Tapi perempuan dari segala usia sering lebih sensitif daripada pria terhadap efek alkohol. Tubuh perempuan cenderung untuk memecah alkohol turun lebih lambat. Juga, perempuan memiliki lebih sedikit air dalam tubuh mereka daripada pria, sehingga alkohol menjadi lebih terkonsentrasi. Akibatnya, wanita mungkin menjadi lebih terganggu dibandingkan laki-laki setelah minum dalam jumlah yang sama. Itulah sebabnya batas minum yang direkomendasikan untuk wanita lebih rendah dari pria.

Minum untuk waktu yang lama lebih cenderung merusak kesehatan wanita dari kesehatan pria. Penelitian menunjukkan bahwa sesedikit satu minuman per hari sedikit dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada beberapa wanita, terutama mereka yang telah mengalami menopause atau memiliki riwayat keluarga kanker. Tapi itu tidak mungkin untuk memprediksi bagaimana alkohol akan mempengaruhi risiko kanker pada salah satu wanita.

Bagaimana mengurangi dan mentralisir kadar alkohol dalam darah?

Bila tubuh tidak lagi mampu mengurai racun dari alkohol yang diminum, terjadilah apa yang disebut kondisi hangover. Gejalanya antara lain sakit kepala, mual, diare, dehidrasi, pusing, emosi tidak stabil, lemas, serta timbul rasa sakit di seluruh bagian tubuh.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi mabuk alkohol, yaitu:

Madu – Madu mengandung senyawa fruktosa yang berguna untuk memecah unsur racun alkohol yang masuk ke tubuh. Alkohol sangat menyakitkan bagi tubuh karena minuman ini akan dipecah menjadi asetaldehida (acetaldehyde) yang merupakan senyawa racun bagi tubuh. Saat orang mabuk berat di malam hari, dianjurkan pada pagi harinya makan roti yang ditambahkan madu karena bisa jadi sumber kalium dan natrium yang juga mengatasi tubuh untuk melawan alkohol.

Susu – Minum segelas susu sebelum minum alkohol akan memperlambat penyerapan alkohol oleh tubuh yang berarti senyawa asetaldehida yang masuk bisa diminimalkan.

Zink dan Vitamin B – Enzim di dalam hati bisa mengubah alkohol menjadi asetaldehida, yaitu zat yang menyebabkan wajah memerah, sakit kepala dan mual yang merupakan efek dari mabuk. Untuk mendetoksifikasi alkohol ini, enzim hati memerlukan mineral zink (seng) dan vitamin B terutama B1. Karenanya orang yang sering mengonsumsi alkohol akan rentan terkena kerusakan hati.

Minum air putih – Dehidrasi merupakan salah satu efek samping utama dari mabuk. Karenanya jika seseorang habis minum, maka setelah sampai di rumah segeralah minum 500 ml air kelapa atau air putih. Cairan ini akan membantu menghidrasi tubuh serta meningkatkan jumlah elektrolit dan kadar glukosa dalam darah.

Minum banyak air sebelum maupun sesudah mengonsumsi minuman keras membantu tubuh menyediakan cadangan air bagi tubuh. Sebab minuman keras akan memicu tubuh untuk sering buang air kecil. Selain itu, air membantu membuang racun jahat yang membuat Anda tidak nyaman.

Minum campuran wortel, bit, jahe dan lemon – Buah bit, wortel, jahe dan lemon adalah bahan-bahan yang baik untuk hati, sebagai terapi dan juga untuk mengurangi efek mabuk. Cobalah mencampurkan 3 wortel, bit, setengah cm jahe dan setengah cangkir lemon. Minumlah satu gelas sehari campuran tersebut.

Jus Jeruk atau Tomat – Jus buah segar dapat mengatasi kondisi mabuk. Seperti air, jus buah ini membantu membuang racun serta memasok kadar air dalam tubuh. Minumlah jus buah karena kandungan gula pada buah-buahan (fruktosa) secara cepat terserap ke aliran darah sehingga akan mendongkrak energi dalam jumlah besar. Sejumlah studi menunjukkan fruktosa juga ambil bagian dalam mempercepat aliminasi racun-racun dari dalam tubuh, termasuk yang terdapat pada alkohol. Jus tomat dan jeruk diyakini paling baik, karena juga kaya nutrien seperti vitamin C.

Leave a Reply