Mengobati luka bakar melepuh

Kulit mudah sekali terluka karena kondisi luar. Untuk mengobati luka bakar melepuh pada kulit karena terkena knalpot, terciprat minyak goreng atau air panas, biasanya secara spontan kita segeramencari odol atau lidah buaya untuk mengurangi rasa perihnya. Beberapa cara tersebut memang cukup ampuh mengurangi rasa sakit akibat luka terbuka. Jika tidak segera ditangani dengan memberikan obat merah atau antiseptik akan memicu timbulnya infeksi. Ada beberap hal yang sering kita abaikan yaitu akibat yang terjadi pada kulit yang terkena luka bakar dan melepuh adalah akan meninggalkan bekas pada permukaan kulit jika sudah kering. Luka pada permukaan kulit memang mudah sekali tertutup kembali dan akan kembali sedia kala, walau bekas luka akan tetap ada untuk beberapa waktu. Lalu bagaimana sebaiknya untuk mengobati luka bakar melepuh karena sebab-sebab tersebut diatas agar tidak menjadi infeksi dan penyakit kulit lainnya?.

luka-bakar-melepuhMengapa luka bakar selalu meninggalkan bekas dikulit?

Sebagian orang cenderung menggunakan pasta gigi, margarine atau minyak untuk mengatasi luka bakar. Padahal, hal tersebut bukan merupakan solusi yang tepat untuk permasalahan anda. Menurut beberapa dokter, justru “odol” dapat memicu timbulnya infeksi dan memperparah keadaan, karena di dalamnya terkandung zat-zat seperti pewarna, deterjen, dan pemutih. Jadi, sebaiknya teliti dahulu sebelum menggunakan obat penghilang bekas luka yang berkembang di masyarakat.

Penanganan yang salah justru bisa berdampak buruk terhadap kulit. Noda yang ditinggalkan dapat terus melekat dan tidak bisa dihilangkan. Walaupun saat ini banyak produk kecantikan yang menawarkan produk penghilang bekas luka, anda tetap harus memastikan bahkan produk tersebut tidak membawa efek buruk dalam jangka panjang. Sebaiknya, gunakan obat untuk menghilangkan bekas luka bakar yang berbahan dasar alami seperti dari buah atau sayur, karena tanaman memiliki berbagai kandungan vitamin serta nutrisi lain yang sangat bermanfaat untuk mengobati luka dari luar dan dalam tanpa efek samping.

Apa saja pertolongan pertama untuk mengobati luka bakar melepuh?

Luka bakar yang disebabkan karena terkena minyak panas, terkena knalpot, terkena air panas atau bahan kimia akan gawat jika tidak secara tepat ditangani. Kulit akan melepuh, mengelupas dan meninggalkan bekas luka yang bisa sulit dihilangkan. Penanganan luka bakar tak perlu anda sampai ke rumah sakit, cukup anda lakukan dirumah menggunakan bahan alami disekitar anda. Inilah 5 cara cepat menyembuhkan luka bakar secara alami.

1. Madu
Madu banyak sekali manfaatnya selain untuk perawatan kecantikan ternyata madu dapat mengobati luka bakar teman-teman karena madu mengandung antiseptik, dengan Cara sebagai berikut siapkan madu asli, bukan madu dari toko teman-teman ya, karena madu dari toko sudah di campur sama bahan pengawet kurang baik jika di gunakan untuk obat, lalu teman-teman cukup mengoleskan madu tersebut ke tangan atau kaki yang terkena luka bakarnya lalu diamkan sampai nutrisi dari madunya meresap ke dalam.

Artikel terkait :   Tips bermanfaat jeruk nipis melawan kolesterol

2. Lidah buaya
Latin aloe vera atau yang kita kenal sebagai orang indonesia ialah Lidah Buaya dan banyak sekali manfaatnya, salah satunya lidah buaya dapat mengobati luka bakar dengan cepat karena gel lidah buaya mampu menyerap rasa panas dan membantu mempercepat pemulihan jaringan pada kulit. Dengan cara ambil lidah buaya dari tangkainya supaya masih segar dan banyak kandungan gel nya, lalu teman-teman patahkan lidah buaya tersebut dan teteskan ke tangan atau kaki yang terkena luka bakarnya,di anjurkan lakukan dengan rutin sampai luka bakarnya mengering

3. Lavender
Sejatinya lavender adalah tumbuhan liar yang tumbuh di semak semak. Selain terkenal dengan manfaatnya mengusir nyamuk, lavender juga bisa mengobati luka bakar. Untuk penyembuhan luka bakar, gunakan lavender yang sudah di olah menjadi minyak lavender. Campurkan minyak lavender dengan lidah buaya lalu oleskan ke luka bakar. Jika anda tidak mempunyai minyak lavender, anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun.

4. Kulit pisang
Seringkali kita menyepelekan kulit pisang karena merasa tidak ada gunanya. Tapi kulit pisang itu memiliki manfaat untuk mengobati luka bakar. Kulit pisang bagian dalam di oleskan lembut ke bagian luka bakar. Disarankan kulit pisang dioleskan ke luka sampai kulit pisang berwarna hitam agar pemaksimalan zat yang terkandung bekerja sempurna.

5. Cuka
Cuka bisa dibilang merupakan senyawa kimia organik yang berguna mengobati luka bakar. Basahi kapas atau kain dengan cuka, kemudian kompres luka bakar itu. Lakukan terus dengan cuka yang masih segar ketika rasa sakitnya meningkat.

6. Susu/Yoghurt
Susu adalah penyempurna makanan sehat, dan susu ini banyak sekali jenisnya ada susu kaleng,susu kedelai, susu kuda liar dan banyak lagi, ternyata teman-teman susu ini selain penyempurna makanan sehat ternyata susu bisa mengobati luka bakar, dan susu yang kita gunakan untuk mengobati luka bakar ini adalah susu yang bebas dari lemak seperti susu skim, dengan cara bersihkan dulu luka bakar tersebut sama alkohol lalu siram susu tersebut ke tangan atau kaki yang terbakar, diamkan beberapa saat, supaya nutrisinya menyerap kedalam.

7. Mentimun dan Kentang
Kentang atau mentimun di kenal sebagai bahan sayuran, ternyata kentang dan mentimun ini banyak sekali manfaatnya teman-teman, salah satunya untuk kulit dan kecantikan, selain untuk perawatan kecantikan ternyata kentang dan mentimun ini bisa di gunakan untuk mengobati luka bakar, karena mentimun atau kentang ini mampu menyerap rasa panas pada kulit yang terkena luka bakar, dengan cara siapkan 2 buah mentimun dan 2 buah kentang yang masih segar, cuci bersih lalu haluskan sampai hancur kemudian oleskan pada tangan atau kaki yang terkena luka bakarnya, diamkan sampai meresap dan mengering.

Artikel terkait :   Manfaat daun kelor untuk diabetes

8. Kulit pisang
Kulit pisang sangat berbahaya jika kita buang dimana saja bisa bikin orng lain terpelest gara kulit pisang, tapi ternyata teman-teman di balik itu kulit pisang sangat ampuh sekali untuk mengobati luka bakar pada kulit, dengan cara kita cuku menggosokan kulit pisang ke luka bakarnya sampai kulit pisang tersebut berubah warna supaya nutrisi kandungan kulit pisangnya menyerap ke dalam.

Lalu, bagaimana menangani bekas luka bakar yang membekas di kulit?

Cara kerja bahan yang berasal dari alam memang biasanya tidak secepat cara kerja obat pabrik. Anda harus rajin menggunakannya agar hasil lebih optimal. Walaupun begitu, cara ini masih banyak diminati oleh masyarakat karena tidak berdampak buruk bagi kesehatan dan tentunya murah. Adapun beberapa tumbuhan disekitar anda yang bisa menjadi obat untuk menghilangkan bekas luka bakar, yaitu :

Bawang putih.
Bumbu yang biasa digunakan oleh para ibu untuk memasak ini ternyata memiliki khasiat selain untuk menyebuhkan flu, darah tinggi dan kanker, juga bisa untuk menyamarkan noda menghitam. Caranya mudah: parut bawang ini lalu oleskan ke bagian bekas luka, kemudian biarkan sampai kering. Setelah itu dibilas dengan air hangat; lakukan rutin agar cepat menghilang. Keloid yang timbul dapat memudar, karena adanya efek anti proliferasi yang ada pada bawang, sehingga pertumbuhan kolagen dapat tertekan.

Jus mengkudu.
Penggunaannya dengan mengkompres bekas luka dengan handuk yang telah dibasahi dengan jus dan tunggu hingga kering dan dibersihkan. Lakukan hal itu sebanyak 3 kali tiap harinya. Buah ini memiliki senyawa scopoletin yang sangat membantu sebagai anti radang, sehingga digunakan untuk menjadi obat menghilangkan luka.

Mentimun
Blender buah mentimun sampai halus, lalu balurkan pada bekas luka yang menghitam dan diamkan semalaman. Jika ingin mendapatkan hasil yang cepat, lakukanlah secara rutin, maka bekas luka akan memudar secara perlahan. Mentimun kaya akan berbagai zat nutrisi, seperti Vitamin C, potassium yang berfungsi untuk menangkal radikan bebas, juga terdapat silica yang membantu produksi kolagen.

Leave a Reply