Mengobati sakit tenggorokan membandel

Tenggorokan terasa serak saat terserang sakit tenggorokan. Jika anda sedang bingung cara mengobati sakit tenggorokan membandel, pilihlah obat tradisional yang manjur untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Banyak obat herbal yang dapat anda buat sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang sederhana asal anda jeli meramu menjadi obat herbal yang menyehatkan. Memang sakit tenggorokan sangat mengganggu rutinitas, sehingga untuk mengobati sakit tenggorokan yang membandel banyak yang berganti jenis obat karena belum juga sembuh dalam waktu yang cukup lama. Untuk pola hidup sehat mengobati sakit tenggorokan yang membandel, jangan biarkan berlam-lama karena akan berakibat fatal. Berikut ulasan cara mengobati sakit tenggorokan membandel.

obat-sakit-tenggorokanApa penyebab sakit tenggorokan ?

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan karena terjadinya peradangan pada area saluran pernafasan, yaitu tenggorokan. Para tenaga medis menyebutnya sebagai penyakit radang tenggorokan. Ada beberapa kasus yang mengakibatkan pembesaran tonsil sehingga nafas menjadi terganggu karena penyempitan area udara masuk ke paru-paru.

Radang tenggorokan adalah kondisi peradangan pada pita suara. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerja/beban yang berlebihan pada pita suara. Biasanya kondisi ini terjadi karena anda sering berteriak, bicara seharian penuh, bernyanyi tanpa istirahat, terlalu banyak makanan pedas atau sangat manis. Gejala radang tenggorokan yaitu suara serak atau lemah. Kadang-kadang orang tidak bisa bicara sama sekali. Hal ini sering disertai dengan sakit tenggorokan dan batuk kering.

Penyebab radang tenggorokan biasanya ditimbulkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri jenis ini menular melalui udara ketika seorang penderita batuk maupun bersin. Maka berhati-hatilah bagi anda yang berada di sekitar teman yang sedang menderita sakit tenggorokan. Tidak hanya itu bakteri streptococcus juga bisa menyerang melalui jalan makanan, minuman atau benda-benda yang telah terinfeksi oleh bakteri ini. Penyebab lain dari radang tenggorokan antara lain : alergi, udara kering, dan polusi udara, serta beberapa penyakit seperti batuk, pilek, flu, campak, cacar air dan sesak napas.

Artikel terkait :   Tips bemanfaat gizi toge untuk kesehatan

Bakteri Streptococcus Pyogenes yang dikenal juga sebagai kelompok streptokokus A, merupakan penyebab umum dari penyakit radang tenggorokan. Jenis bakteri ini sangat menular dan dapat menyebar melalui udara ketika Anda batuk dan bersin. Selain itu, bakteri ini juga dapat menyebar melalui makanan, minuman, atau barang-barang yang sudah terinfeksi oleh jenis bakteri ini.

Bagaimana mengobati sakit tenggorokan karena peradangan ?

Perlu anda ketahui peradangan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor / sebab, dimana masing-masing penyebab harus di obati dengan cara yang berbeda. Pengetahuan mengenai sebab peradangan ini bisa membantu anda mengetahui langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan, yaitu dengan melakukan pengobatan secara tradisional dengan obat herbal dari tanaman herbal disekitar kita.

Teh jahe. Minum teh saja sudah nikmat apalagi jika ditambah dengan jahe. Jahe memiliki sifat ekspektoran, yang berarti membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan Anda (termasuk lendir ekstra di tenggorokan). Jahe meningkatkan oksigen ke sel-sel, membilas racun, dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya anda potong satu inci jahe yang telah dimemarkan lalu rebus kurang lebih selama tiga menit. Campurkan jahe tersebut dengan teh yang telah dibuat sebelumnya. Lalu nikmati.

Madu dan lemon. Air hangat yang dicampur madu dan lemon juga bisa menenangkan tenggorokan anda. Madu sudah jelas sekali memiliki banyak manfaat. Anda juga bisa mengkombinasikan lemon dan jahe, lemon berfungsi mengencerkan lendir sedangan jahe sebagai penenang. Caranya: campurkan satu sendok madu dan satu sendok lemon dan dituangkan di dalam air hangat. Kemudian minumlah.

Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

Artikel terkait :   Khasiat petai cina atasi diabetes

Makan bawang putih. Anda mungkin menghindari makan bawang putih karena selain rasanya yang aneh jika dimakan mentah, namun juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedap. Namun bawang putih adalah obat alami yang ampuh mengobati radang tenggorokan. Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan melawan kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Caranya cukup mudah, iris bawang putih secukupnya lalu gigit dan hisap sari yang keluar dari bawang putih. Lakukan secukupnya, sekali dalam satu hari.

Daun cengkeh. Cengkih atau cengkeh merupakan salah satu bahan herbal yang baik untuk megobati sakit tenggorokan. Cara Membuatnya cukup mudah. Siapkan serbuk cengkih sebanyak 1-2 sendok teh dan setengah gelas air matang. Campurkan cengkih dan air,pergunakan campuran serbuk cengkeh dan air tersebut untuk berkumur. Cengkih mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Banyak cara untuk dapat mengobati sakit tenggorokan yang membandel. Selalu perhatikan kesehatan tubuh dengan seksama agar tidak menimbulkan dampak yang lebih parah. Oleh karena radang tenggorokan bukanlah penyakit yang serius, maka cobalah obati secara alami dan cara yang menenangkan.

@Tips bermanfaat #2016

Leave a Reply