Menjaga jantung dengan pola hidup sehat

Menjaga jantung dengan pola hidup sehat mengkonsumsi makanan rendah kalori serta cukup antioksidan, baik pula untuk program diet serta menurunkan berat badan menjadi keinginan banyak orang, terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan kesehatan tubuh sedari dini. Tubuh sehat memang tidak kita dapatkan dengan cara instan, terutama kesehatan jantung yang menjadi penopang kerja organ tubuh bekerja secara normal. Jantung menjadi pusat semua organ tubuh, jika organ penting ini mengalami masalah akan berakibat fatal, bahkan nyawa menjadi taruhannya. Mari, melalui tips bermanfaat kali ini kami ajak anda menjaga jantung anda dengan beberapa cara.

menjaga-jantung-sehatSerangan jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi dari beberapa kasus yang terjadi. Serangan jantung dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Fakta yang sering terjadi, jutaan orang di seluas dunia mengalami serangan jantung. Tidak semua serangan jantung mengakibatkan kematian. Namun, umumnya setiap pasien yang pernah mengalami serangan jantung menderita beberapa dampak lanjutannya. Sedangkan sisanya tidak tertolong lagi.

Memang, tidak sedikit dari kita kurang memahami dan mendeteksi sejak dini akan kondisi kesehatan jantungnya. Kurang peduli untuk menjaga jantung ini dapat berakibat fatal. Gejala penyakit jantung lemah bisa terjadi kapan saja. Pada dasarnya timbulnya penyakit ini bisa dicegah sejak dini. Namun untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja gejala atau ciri-ciri penyakit jantung yang bisa mengancam keselamatan Anda.

Ciri-ciri jantung anda bermasalah

  1. Nyeri di Dada
    Rasa nyeri di dada yang dimaksudkan di sini bukanlah hanya istilah yang biasa dipakai oleh orang-orang “galau.” Para penderita penyakit jantung biasanya memang akan merasakan gejala rasa nyeri di dada yang menjadi pertanda awal seseorang yang terkena sakit jantung. Akan tetapi, masih belum bisa dipastikan apakah nyeri di dada yang Anda rasakan adalah diakibatkan oleh penyumbatan arteri atau justru gejala penyakit lain. Maka dari itu sebaiknya Anda konsultasikan masalah gejala penyakit jantung lemah ini ke dokter. Jika tidak segera ditangani dan semakin hari semakin parah, kondisi ini akan membuat tubuh penderita menjadi semakin lemah dan mati rasa. Berbahaya sekali, bukan?
  2. Mudah Lelah
    Ciri2 penyakit jantung selanjutnya adalah penderita akan sangat mudah merasa kelelahan meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Atau jika Anda juga merasa lelah saat Anda bangun tidur ketika seharusnya Anda merasa segar, Anda harus segera memeriksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan apakah gejala tersebut berbahaya atau tidak untuk diri Anda dan apakah gejala tersebut termasuk gejala sakit jantung atau bukan.
Artikel terkait :   Pola hidup sehat menjaga kesehatan jantung

Memahami gejala awal jantung anda mengalami masalah dapat memberikan anda early warning agar lebih waspada menjaga jantung anda. Jika kita dapat mencegah lebih dini agar jantung kita tetap terjaga dengan baik, pola hidup sehat menjadi rujukan banyak ahli kesehatan jantung. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk pola hidup sehat menjaga jantung tetap sehat?. Berikut tips bermanfaat dari kami :

Pola Makan sehat dan seimbang
Makanan yang kita konsumsi sangat membantu menjaga kesehatan jantung anda. Dalam hal ini kita harus membiasakan diri untuk mengkonsumsi aneka ragam makanan yang memiliki kandungan gizi yang beragam pula. Sayuran seperti bayam dan buah alpukat serta kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung anda.

Bayam merupakan sayuran yang sangat baik untuk jantung kita. ini dikarenakan sayuran bayam banyak mengandung kalium dalam jumlah yang sangat tinggi serta rendah akan sodium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda. Untuk alpukat, buah ini sangat baik untuk menjaga ksesehatan jantung anda. Ini dikarenakan, buah alpukat banyak mengandung 7 jenis serat kalium serta mengandung vitamin yang sangat baik untuk jantung anda, yaitu vitamin E. Untuk kacang-kacangan, Ada dua jenis yaitu kacang mete serta almone. Dua jenis makanan tersebut banyak mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung anda.

Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.

Sebisa mungkin, produk makanan yang kita makan rendah lemak atau tanpa lemak. Pilih susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak. Menggoreng dengan menggunakan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga bisa menjadi pilihan bila harus mengolah makanan dengan cara digoreng.

Artikel terkait :   Mengapa anak susah bangun pagi?

Berolah raga secara teratur
Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Berpikir tenang hindari stress
Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.

Dari beberapa tips bermanfaat diatas untuk menjaga jantung dengan pola hidup sehat, lakukan dengan disiplin bersama keluarga anda. Lakukan proses menjaga jantung mendapatkan perhatian dari anda sedari dini, hal ini akan memberikan kesehatan hidup anda lebih berkualitas. Sekian, terima kasih.

Leave a Reply