Menu diet beras merah rendah kalori

Anda tahu perbandingan kalori beras merah dan beras putih?. Mana yang lebih baik?. Makanan rendah kolesterol yang sehat serta bergizi bisa didapatkan dari sumber makanan yang sederhana. Banyak dari kita sering menganggap rendah nilai gizi beras merah ini, walau di beberapa menu diet rendah kalori makanan dapat disajikan dari beras merah ini. Memang karena faktor warnanya yang sedikit kecoklatan ini membuat tidak sedikit orang tidak begitu berminat menyantapnya. Apa saja sebenarnya nilai gizi dari beras merah?. Bagaimana nilai gizinya di banding dengan beras putih?. Mari kita simak dalam artikel hidup sehat dengan makanan sehat yang bisa dengan mudah anda buat sendiri di rumah untuk mendukung program diet anda.

menu-diet-beras-merahMengapa jarang ada menu makanan beras merah?

Dari segi popularitas, beras merah kalah jauh dibanding beras putih. Dari segi rasa, beras putih juga lebih enak karena rasanya sedikit lebih manis. Namun jika dilihat dari kandungan nutrisinya, beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.

Meski sama-sama beras, namun secara genetik beras merah dan beras putih berbeda. Warna merah pada beras merah berasal dari zat warna alami antosianin yang mempunyai sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik. Beras merah umumnya merupakan beras tumbuk (pecah kulit) yang dipisahkan bagian sekamnya saja. Proses ini hanya sedikit merusak kandungan gizi beras. Sedangkan beras putih umumnya merupakan beras giling atau poles, yang bersih dari kulit ari dan lembaga.

Apa beda nilai gizi dengan beras putih ?

Dalam 1 cangkir nasi beras merah tumbuk mengandung 216,45 Kalori, 88% kecukupan harian (daily value – DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram), dan kandungan proteinnya 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Selain itu, beras merah juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A.

Beras merah yang kaya akan serat dan nutrisi lebih ini mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Dimana pada kesehatan tubuh ini bisa terjaga oleh komponen tersebut tanpa harus bersusah payah. Karena beras merah ini dapat berperan sebagai suatu bahan treatment yang mudah dan alami. Karena masing-masing kandungan nutrisi yang ada mampu memberikan peran dan khasiat nyata bagi tubuh.

Meskipun beras merah kurang nyaman dimakan maupun pada sata memasaknya. Beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya, serta kurang nyaman jika dimakan karena lebih keras/pera daripada beras putih. Hal itulah mungkin yang membuat beras merah kurang banyak diminati oleh masyarakat sebagai makanan sehari-hari. Secara gizi beras merah lebih unggul daripada beras putih, karena ia mengandung zat yang dikenal dengan sebutan antosianin. Senyawa yang terdapat pada lapisan warna merah pada jenis beras ini, dan bermanfaat sebagai zat antioksidan, antikanker, anti glisemik tinggi yang artinya baik untuk diabates, serta anti hipertensi.

Artikel terkait :   Kandungan gizi dalam brokoli

Bagaimana cara memasak beras merah agar tidak keras?

Meskipun banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, sayangnya banyak yang mengeluhkan rasanya yang tak seenak beras putih. Teksturnya lebih keras dari beras putih sehingga membutuhkan cara khusus untuk memasaknya agar lebih pulen. Berikut ini langkah-langkah memasak beras merah:

  • Pertama, cuci beras merah hingga bersih.
  • Karena teksturnya yang sangat berbeda dengan nasi putih, sebaiknya memasak beras merah dengan cara menanak manual, bukan menggunakan rice cooker.
  • Setelah bersih, masukkan beras merah dalam panci dan tambahkan air bersih dengan perbandingan 1:4. 1 gelas beras dan 4 gelas air.
  • Rendam beras setidaknya 30 menit sebelum memasaknya.
  • Hidupkan kompor dan mulai masak beras merah.
  • Aduk-aduk sebentar dan tutup panci agar air mendidih sempurna.
    Buka penutup panci dan masak nasi dengan api sedang sambil sesekali diaduk sampai air habis atau beras sudah setengah matang.
  • Tiriskan beras dan kukus beras dalam dandang.
  • Masak hingga matang.

Apa saja manfaat beras merah untuk kesehatan?

Kandungan gizi yang terdapat dalam beras merah lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras yang lebih populer di kalangan masyarakat kita, yaitu beras putih. Berikut beberapa manfaat nilai gizi dari beras merah untuk kesehatan anda :

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Selain manfaat beras merah untuk diet, ternyata beras merah juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Nah, saat kekebalan tubuh kita membaik, tentu kualitas program diet yang sedang Anda lakukan pun akan maksimal hasilnya. Beras merah yang mengandung banyak gizi seperti zat besi, mangan dan juga zinc akan membantu proses pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu Anda akan terhindar dari risiko anemia.

2. Bagus untuk Program Diet
Karena beras merah mempunyai indeks glikemik lebih rendah daripada beras putih, beserta kandungan seratnya lebih tinggi, beras merah dapat membantu tubuh Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini bagus untuk program diet Anda.

Dibandingkan dengan karbohidrat yang terkandung dalam beras putih. Saat Anda melakukan diet dan ingin diet Anda lebih berhasil dengan cara yang alami, Anda disarankan agar mengonsumsi beras merah yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Apakah karbohidrat kompleks hanya ada pada beras merah? Tidak, Anda juga bisa menemukan kandungan karbohidrat kompleks pada gandum dan juga oatmeal. So, cobalah manfaat beras merah untuk diet dan beberapa jenis makanan yang juga mengandung karbohidrat kompleks.

Artikel terkait :   Mengapa tetap lapar walau sudah makan?

3. Manfaat beras merah untuk mencegah diabetes.
Kadar glukosa darah yang tidak terkontrol pada penderita diabetes dapat merusak mata, ginjal dan juga jantung koroner. Dalam penelitian hewan yang dilakukan di Department of Food Science at the National Pingtung University of Science and Technology, menemukan jika pemberian beras merah kepada tikus yang diinduksi diabetes dapat mengurangi kadar glukosa darah mereka. Meskipun temuan ini berdasarkan penelitian dengan hewan tetapi para peneliti yakin jika hasilnya tidak jauh berbeda dengan manusia.

4. Penangkal Radikal Bebas / kolesterol
Saat Anda melakukan program diet, mungkin Anda bingung mengenai makanan apa yang harus Anda konsumsi karena biasanya ada pantangan-pantangan untuk tidak boleh mengonsumsi makanan tertentu. Nah, beras merah ini selain baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet, beras merah juga memiliki kandungan serat yang 6 kali lipat lebih banyak dibandingkan beras putih. Lalu apa manfaat serat bagi kesehatan terutama bagi Anda yang sedang berdiet? Diantaranya untuk melancarkan pencernaan, mengurangi risiko kanker, mengendalikan gula darah, mengurangi risiko wasir, dan bisa juga mencegah timbunan kolesterol jahat.

Warna merah yang dimiliki beras merah berasal dari anthocyanin, kelompok yang sama dari senyawa fenolik yang memberikan warna merah dan ungu pada kubis ungu, bawang merah dan sayuran lainnya. Secara biologis molekul senyawa ini sangat aktif, dan para ilmuwan mengelompokkan mereka sebagai “bioflavonoid”. Senyawa ini merupakan antioksidan kuat, yang sudah terbukti dalam pengujian laboratorium mampu menghambat pertumbuhan tumor.

5. Mencegah Terjadinya Batu Empedu
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa makanan yang memiliki serat tinggi bisa membantu anda mencegah proses terbentuknya batu empedu. Karena serat merupakan zat yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga bisa membantu melarutkan makanan dan membantu pada proses pembentukan empedu sehat.

6. Mencegah Penyakit Kanker
Salah satu penyakit kanker yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi beras merah, adalah kanker usus besar. Hal ini disebabkan karena didalam beras merah mengandung zat selenium dan polifenol, yang diyakini mampu mencegah timbulnya penyakit kanker. Selain kandungan selenium dan polifenol, beras merah juga mengandung serat dan antioksidan yang bisa membantu tubuh terhindar dari kanker, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Leave a Reply