Menurunkan berat badan dengan teh hijau

Tips dietHidup sehat memang harus disiplin, terutama untuk menurunkan berat badan. Ada cara yang sering diterapkan untuk menurunkan berat badan dengan teh hijau secara rutin dikonsumsi dipagi hari untuk menangkal radikal bebas yang ada dalam timbunan lemak di tubuh. Cara ini sudah banyak yang memakainya disela aktifitas yang lain di pagi hari. Bukan sekedar acara minum dipagi hari, tetapi juga untuk menciptakan hidup sehat dengan mengkonsumsi asupan yang tepat untuk kebutuhan tubuh. Aturan dalam memilih dan mendisiplinkan diri terhadap menu makan dan minum memang diperlukan untuk memperoleh berat badan ideal.

teh-hijauBanyak kaum wanita yang merasa kesulitan dalam mengontrol selera makan, terutama pada saat mereka mengalami perubahan emosi dengan melampiaskan ke aktifitas yang mendorong untuk memakan makanan yang seharusnya dapat dihindari. Hal ini dapat diimbangi dengan konsumsi minum teh hijau yang dapat membuat tubuh menjadi segar kembali dengan membuang semua radikal bebas dalam tubuh. KOnsumsi secara rutin dipercaya dapat membakar timbunan lemak dalam tubuh.

Artikel terkait : 4 langkah mudah menurunkan berat badan.

Teh hijau, dapat menurunkan berat badan dengan memanfaatkan kandungan nutrisi yang ada dalam setiap lembarnya. Apa saja manfaat serta khasiat teh hijau untuk hidup sehat ?

Mengontrol Berat Badan
Obesitas adalah salah satu masalah terbesar diseluruh dunia saat ini. Gaya hidup yang dikombinasikan dengan kebiasaan makan junk food dan beberapa minuman dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang berhubungan dengan obesitas, seperti penyakit jantung, sleep apnea, diabetes, hipertensi dll . Untuk mencegah hal ini terjadi pada kita, memasukkan teh hijau dalam diet sehari-hari kita akan sangat membantu.

Seperti disebutkan sebelumnya, teh hijau mengandung antioksidan alami, yang dikenal dengan polifenol katekin. Bahkan, teh hijau mengandung sepuluh kali jumlah antioksidan yang bisa kita dapatkan dari buah-buahan dan sayuran.

Artikel terkait :   Hidup sehat melawan kanker

Para ilmuwan telah mengidentifikasi enam jenis katekin dalam teh hijau salah satunya adalah epigallocatechin gallate (EGCG) . EGCG dalam teh hijau ini akan meningkatkan metabolisme tubuh manusia, sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori, yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan. Teh hijau juga akan mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan, sehingga bisa mencegah keinginan makan berlebih.

Mengurangi Kolesterol
Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menimbulkan risiko kesehatan Anda, terutama penyakit jantung dan stroke. Teh hijau mengandung tanin yang telah dikenal menurunkan kolesterol secara alami dalam tubuh. Tanin membantu mengurangi kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh. LDL juga dikenal dengan ” kolesterol jahat ” , karena dapat menyebabkan plak di arteri, sehingga menyebabkan penyumbatan.

Studi ilmiah juga telah menunjukkan bahwa katekin akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga membantu mengurangi masalah kolesterol tinggi. Selain itu Anda juga harus menghindari makanan yang berkolesterol tinggi selain minum teh hijau secara teratur.

Mengurangi Stres dan Depresi
Stres dan depresi adalah dua masalah lain yang mengancam kedamaian pikiran kita. Teh hijau benar benar dapat membantu Anda untuk melawan depresi. Penelitian yang dilakukan oleh American Botanical Council telah menemukan bahwa orang tua yang minum teh hijau setiap hari semakin kecil kemungkinannya untuk depresi. Teh hijau sebenarnya juga bagus untuk otak Anda, karena Polifenol dalam teh hijau membantu otak dengan jalan menjaga pasokan kebutuhan utamanya yaitu glukosa .

Selain anti oksidan, teh hijau juga mengandung senyawa yang disebut Theanine, adalah asam amino yang membantu mengurangi stres dan kecemasan. Theanine juga merupakan anti depresan.

Manfaat yang lain dari teh hijau adalah membantu membakar ekstra kalori. Tiap satu cangkir teh kurang lebih 150 ml, dapat membakar 25-30 kalori, dan setiap 250 ml meluruhkan 40 kalori. Meskipun tidak terlalu significan, jika diimbangi dengan jogging dan olahraga kardio lainnya maka hasilnya lebih maksimal.

Artikel terkait :   Cara menghilangkan bau badan berlebih

Semua informasi diatas bisa menjadi pemahaman yang lebih baik untuk anda menciptakan hidup sehat dengan konsumsi minuman teh hijau untuk menurunkan berat badan.

Leave a Reply