Meredakan batuk kering secara alami

Anda sedang terserang batuk kering?. Tidur anda terganggu di malam hari?. Nafsu makan berkurang?. Bagaimana meredakan batuk kering secara alami?. Musim mudah sekali berganti begitu cepat sehingga memicu serangan batuk karena kondisi tubuh sedang kurang fit. Serangan batuk kering membuat gatal ditenggorokan dan mengganggu aktifitas, apalagi jika anda sedang berbicara dengan rekan kerja. Batuk kering terjadi terpicu karena udara luar yang mengandung virus dan tubuh bereaksi dengan membuat tenggorkan anda gatal dan batuk agar virus dapat dikeluarkan melalui mulut. Tetapi menyusahkan juga, kondisi ini dapat mengganggu aktifitas kita. Ada beberapa cara meredakan batuk kering secara alami dengan bahan tanaman herbal disekitar kita Apa saja itu?. Mari kita simak artikel tips bermanfaat berikut ini.

batuk-keringApa penyebab atau pemicu batuk?

Batuk sebernarny adalah refleks protektif, yang membantu untuk membersihkan saluran udara dari setiap iritasi, lendir, atau benda asing. Selain itu batuk adalah salah satu cara tubuh untuk membersihkan partikel asing, kotoran, lendir, atau mikroba dari paru-paru dan saluran pernapasan bagian atas, atau sebagai reaksi atas saluran pernapasan yang gatal atau terganggu.

Batuk bisa terjadi karena adanya rangsangan tertentu, seperti adanya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkannya melalui syaraf ke pusat batuk yang berada di bagian otak. Selanjtnya reseptor batuk akan memberi sinyal kepada otot-otot dalam tubuh untuk mengeluarkan benda asing tersebut, melalui suatu proses yang dinamakan dengan batuk.

Frekuensi batuk yang cukup sering biasanya mengindikasikan adanya penyakit. Sebaliknya, batuk juga bisa hanya sekedar membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan dari benda asing seperti debu, makanan, asap dan lain sebagainya.

Batuk bukanlah penyakit, melainkan sebuah gejala, dan umumnya deteksi penyakit diputuskan setelah mengevaluasi gejala-gejala lainnya. Kondisi batuk bisa berupa batuk kering ataupun berdahak, dan biasanya kondisi batuk sepenuhnya akan hilang dalam 2 minggu.

Walaupun tidak terlalu dibutuhkan pengobatan khusus seperti ke dokter dan lainnya, namun ada baiknya untuk menyediakan obat rumahan seperti madu dan lemon, setidaknya untuk meringankan batuk dalam jangka pendek.

Artikel terkait :   Menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan alami

Apakah batuk kering itu berbahaya?

Batuk kering biasanya disebabkan oleh rasa gatal atau menggelitik di tenggorokan, hingga akhirnya menyebabkan batuk. Itu terjadi ketika tenggorokan atau saluran udara bagian atas mengalami peradangan atau iritasi. Tidak ada dahak atau lendir (mucus) yang dihasilkan dari jenis batuk kering.

Pilek dan flu biasanya akan menyebabkan batuk kering karena otak menganggap bahwa peradangan pada tenggorokan dan saluran pernapasan sebagai sebuah objek asing sehingga harus dikeluarkan melalui batuk.

Biasanya batuk dipicu oleh penyakit yang disebabkan oleh virus (misalnya karena pilek dan flu). Antibiotik sama sekali tidak berguna dalam penanganan penyakit akibat virus, sehingga penggunaan antibiotik yang tidak perlu tidaklah dianjurkan karena malah dapat mendatangkan reaksi alergi dan juga efek samping dari antibiotik seperti mulut kering, mual hingga muntah, diare, dan lain sebagainya.

Jangan gunakan atau konsumsi obat batuk sembarangan

Penggunaan obat batuk yang dijual bebas tidak disarankan, khususnya bagi anak kecil, kecuali telah diketahui penyakit yang menyebabkan batuk, misalnya saja karena pilek atau flu, sehingga penderitanya dapat menggunakan jenis obat yang tepat. Sebagai langkah awal, penggunaan madu atau lemon lebih disarankan kerena telah terbukti dapat meredakan intensitas batuk secara efektif.

Bagaimana mengobati batuk kering secara alami?

Batuk kering juga bisa sebagai reaksi dari alergi, jika ini terjadi maka anda harus menghindari allergen yang menyebabkan batuk kering. Berikut beberapa cara mengobati batuk kering alami yang bisa anda lakukan :

1. Jahe
Rempah yang terkenal menghangatkan tubuh ini ternyata juga bisa digunakan sebagai obat batuk. Anda bisa memasukannya dengan teh, sehingga lebih nikmat. Caranya yaitu : bersihkan dan tumbuk kasar jahe, kemudian campurkan dengan segelas the hangat. Minum 2 kali sehari hingga batuk reda.

2. Jeruk nipis dan Kecap
Jeruk nipis diketahui dapat meredakan batuk kering, campurkan dengan kecap untuk meminimalisir rasa asam pada jeruk. Caranya, campur 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 1 sendok makan kecap. Minumlah 3 kali sehari secara teratur.

Artikel terkait :   Mengatasi perut kembung

3. Kunyit
Kunyit mempunyai fungsi sebagai antibiotic yang mampu menyembuhkan peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan. Cara mengobati batuk kering alami dengan kunyit sangat mudah, yaitu campur 1 sendok makan bubuk kunyit (atau anda dapat memarutnya sendiri) dengan 1 sendok makan madu. Seduh kedua bahan tersebut dengan air hangat, dan minum selagi hangat rutin 2 kali sehari.

4. Cuka apel
Meminum cuka apel yang sudah dicampur dengan air hangat akan melegakan rasa sakit ada tenggorokan anda.

5. Daun Pegagan
Daun pegagan juga dapat dijadikan sebagai obat herbal batuk kering. cara mengobati batuk kering alami dengan daun pegagan yaitu :
• Siapkan 30 gr daun pegagan
• Gula batu secukupnya
• 150cc air hangat
• Blender daun pegagan bersama gula batu dan air
• Setelah halus, saring dan minum rutin 2 kali sehari

6. Belimbing wuluh
Kegunaan belimbing wuluh sebagai batuk kering belum banyak diketahui. Rasa asam pada belimbing wuluh memberikan rasa nyaman pada gatal tenggorokan setelah meminumnya. Cara mengolahnya sebagai obat herbal batuk kering yaitu :
• Bersihkan dan parut 10 buah belimbing wuluh
• Campurkan dengan segelas air lalu saring
• Bisa tambahkan garam sesuai selera
• Anda bisa meminumnya 2 kali sehari secara rutin

7. Kayu manis
Rebus kayu manis, kemudian tambahkan gula dan garam. Ramuan ini bisa digunakan untuk melegakan tenggorokan akibat batuk kering.

8. Garam
Jika anda mengalami batuk kering, maka berkumurlah dengan air garam. Garam bisa membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

9. Air putih
Perbanyak minum air putih memang punya banyak manfaat. Pada batuk kering, air putih membantu meredakan rasa gatal dan kering pada tenggorokan serta bisa menghindarkan tenggorokan dari lecet.

Leave a Reply