Merk mesin cuci yang awet dan hemat listrik

Kegiatan mencuci rutin kita lakukan, maka pilihlah merk mesin cuci yang awet dan hemat listrik, termasuk jumlah tabung dan berapa liter kapasitas menampung cucian. Memang untuk memilih mesin cuci tidak semua orang memahami, dan kebanyakan selalu berpikir yang praktis dan otomatis. Sekarang ini banyak merk mesin cuci yang memberikan fitur yang memanjakan kita agar tidak merepotkan, sehingga kegiatan mencuci pakaian tidak terasa berat dan saat bersamaan dapat melakukan kegiatan lainnya. Faktor lain yang selalu di utamakan adalah awet dan hemat listrik. Nah, bagaimana dan merk mesin cuci apa yang sesuai dengan kebutuhan kita?.

Merk apa saja yang ada di pasaran?

Berbagai merk mesin cuci banyak sekali dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi ada yang murah ada juga yang mahal. Ada mesin cuci hemat energi ada juga yang boros listrik. Semua itu tergantung dari kualitas dan kuantitasnya. Selain itu kebutuhan daya yang rendah juga sangat diperlukan dalam memilihnya. Agar nantinya kita lebih hemat energi listrik saat pemakaiannya. Oleh sebab itu sebelum membeli mesin cuci alangkah baiknya jika kita mempertimbangkan terlebih dahulu mesin cuci seperti apa yang kita inginkan. Karena banyak sekali brand terkenal pada produk mesin cuci seperti, LG, Samsung, Polytron, Sanyo, Toshiba, Panasonic, Sanken, sharp dan sebagainya.

Ada berapa macam jenis mesin cuci?

Secara umum jenis mesin cuci ada dua yaitu Mesin cuci 1 Tabung dan 2 tabung. Perbedaannya adalah pada mesin cuci satu tabung mencuci dan mengeringkan dalam satu wadah, sedangkan pada dua tabung mencuci berada pada tabung utama (biasanya berukuran lebih besar) sedangkan untuk pengering lebih kecil. Jika dilihat dari kapasitasnya mesin cuci dapat dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya kapasitas 6kg, 6,5kg, 7kg, 7,5kg, 8kg, 8,5kg bahkan sampai 10kg dan sebagainya. Kapasitas bisa saja berbeda pad a masing -masing merk. Namun kebanyakan adalah yang sudah disebutkan tadi. Namun jika dilihat dari sistem atau penggunaannya mesin cuci ada yang menggunakan sistem otomatis dan semi otomatis.

Apa karakter mesin cuci 2 tabung?

Tabung pertama adalah tabung cuci/bilas berfungsi untuk melaksanakan proses pencucian dan pembilasan. Didalam tabung cuci/bilas ini pada bagian bawah terdapat peralatan yang disebut pulsator, yang digerakkan oleh motor listrik. Proses pencucian atau pembilasan terjadi karena pada waktu tabung cuci/bilas berisi cucian, air dan deterjen, kemudian pulsator diputar oleh motor listrik maka akan mengakibatkan terjadinya pusaran air yang mampu membawa seluruh cucian perputar bersama air didalam tabung cuci/bilas tersebut.

Artikel terkait :   Mengapa siklus menstruasi tidak teratur?

Keadaan ini menghasilkan daya cuci karena seolah-olah cucian seperti sedang dikucak-kucak, apalagi apabila putaran pulsator diatur pada posisi dua arah/bolak balik maka daya cucinya semakin kuat karena setiap berganti arah putaran seperti disentak.

Tabung kedua disebut tabung pengering (dryer) berfungsi untuk mengeringkan pakaian yang telah dicuci pada tabung cuci/bilas merupakan tabung yang berlubang-lubang yang diputar oleh motor listrik. Proses pengeringan terjadi karena pada waktu tabung pengering berisi cucian dan diputar oleh motor listrik dengan kecepatan tingggi (bisa mencapai 1.200 rpm) akan menyebabkan timbulnya gaya sentrifugal yang mampu menekan cucian pada dinding tabung pengering dan melemparkan air pada cucian tersebut keluar melalui lubang-lubang yang terdapat pada tabung pengering tersebut.

Karena kecepatan putaran dari pulsator dan dryer tidak sama, maka masing-masing digerakkan oleh motor listrik dan sistim transmisi sendiri-sendiri, sehingga pada mesin cuci jenis ini mempunyai dua buah motor listrik.

Apa kelebihan mesin cuci 1 tabung ?

Konsep dasar dari mesin cuci jenis top loading ini adalah menggabungkan tabung cuci/bilas dan tabung pengering pada mesin cuci twin tube menjadi satu, sehingga tidak perlu memindahkan cucian dari tabung cuci/bilas ketabung pengering dan sebaliknya. Dengan demikian pada mesin cuci jenis ini tabungnya hanya ada satu yang bentuk pisiknya seperti tabung pengering pada mesin cuci jenis twin tube yaitu tabung yang berlubang-lubang namun permukaannya tidak rata karena terdapat tonjolan dibeberapa tempat, dan dimensinya juga lebih besar karena semua proses mulai pencucian, pembilasan dan pengeringan akan berlangsung didalam tabung ini. Bahan tabung umumnya stainless steel dan sama seperti pada mesin cuci jenis twin tube pada bagian dalam bawah tabung terdapat pulsator, dimana tabung dan pulsator ini digerakkan oleh satu motor listrik.

Sama seperti pada mesin cuci jenis twin tube, proses pencucian atau pembilasan terjadi karena pada waktu pulsator diputar oleh motor listrik maka akan mengakibatkan terjadinya pusaran air yang mampu membawa seluruh cucian perputar bersama air didalam tabung tersebut. Bahkan pada mesin cuci jenis top loading ini tabungnya juga berputar dengan arah putaran yang berlawanan dengan arah putaran dari pulsator yang katanya ini dapat meningkatkan efektifitas pencucian.

Artikel terkait :   Khasiat daun seledri untuk hidup sehat

Begitu juga proses pengeringan terjadi setelah air deterjen/air bilas dibuang maka tabung pengering yang berisi cucian diputar oleh motor listrik dengan kecepatan tingggi (bisa mencapai 1.200 rpm) akan menyebabkan timbulnya gaya sentrifugal yang mampu menekan cucian pada dinding tabung pengering dan melemparkan air pada cucian tersebut keluar melalui lubang-lubang yang terdapat pada tabung pengering tersebut.

Apa saja yang membuat mesin cuci boros listrik?

Sebelum membeli mesin cuci, jangan lupa juga untuk memperhatikan daya listrik yang dibutuhkan mesin cuci tersebut supaya dapat beroperasi maksimal. Jangan sampai ketika membeli mesin cuci canggih, akan tetapi sewaktu dioperasikan malah mengganggu kegiatan rumah lainnya yang dikarenakan daya listriknya tak mencukupi. Jika daya listrik rumah Anda sekitar 1000 watt, maka sangat disarankan untuk memilih mesin cuci semi otomatis 2 (dua) tabung. Tetapi apabila daya listriknya besar sekitar 2000 watt, maka sangat tidak masalah apabila memilih mesin cuci otomatis 1 (satu) tabung sebab mesin cuci jenis tersebut dapat meringankan tugas Anda.

Pada mesin cuci dengan harga normal umumnya mesin tersebut hanya memeras air yang berasal dari pakaian. Pakaian tersebut masih memerlukan pengeringan yaitu dijemur sekitar 2 jam di bawah panas terik matahari. Mesin pengering ini sangat simpel, namun sangat membantu sekali. Apabila Anda lebih memilih untuk mengeringkan cucian secara manual, maka pilihlah mesin cuci yang tak terdapat fitur pengering, dan tentunya harganya pun lebih murah.

Apa pertimbangan memilih merk mesin cuci?

Pertimbangkanlah pula untuk keperluan apa membeli mesin cuci, apakah untuk perseorangan, keluarga, atau untuk bisnis laundry ? Pilihlah mesin cuci dengan merek tepercaya, sebab daya tahannya lebih bagus. Meskipun mesin cuci merk tepercaya harganya lebih mahal, akan tetapi kualitasnya terjamin. Pilihlah mesin cuci bermerek LG atau Samsung, tak hanya berkualitas baik, namun Service Centernya pun sudah tersebar di seluruh Indonesia.