Obat herbal untuk suara serak

Tenggorokan sakit saat batuk karena radang membuat suara jadi serak. Bagi anda yang mencari obat herbal untuk suara serak, tak perlu repot harus keluar rumah. Banyak bahan alami dari dapur kita yang dapat kita buat sebagai obat herbal untuk sara serak. Memang efek yang sering diakibatkan oleh karena radang tenggorokan adalah gatal dan serak ditenggorokan. Sakitnya saat menelan makanan juga membuat nafsu makan berkurang. Perubahan ukuran tonsil atau amandel karena meradang semakin membuat pernafasan terasa terganggu, jika tidak segera diobati akan menimbulkan badan menjadi meriang. Ujung-ujungnya, suara menjadi serak karena pita suara yang ada ditenggorokan ikut terganggu. Baiknya segera konsumsi obat herbal untuk suara serak agar anda dapat beraktifitas kembali secara normal.

obat-herbal-suara-serakApa penyebab suara menjadi serak ?

Suara serak atau hilang tentu saja bisa mengganggu anda terlebih lagi jika anda suka menyanyi atau memang anda adalah seorang penyanyi. Suara serak biasanya juga di sertai dengan batuk, demam, dan akhirnya flu. Gejala suara serak umumnya sebagai tanda bahwa orang tersebut akan mengidap penyakit flu. Dan biasanya, hal itu ditandai dengan rasa sakit yang mencekik ketika akan mengalami suara serak.

Memang secara umum suara serak disebabkan oleh beberapa sebab, salah satunya karena terjadinya peradangan pada saluran pernafasan. Laringitis yang sering dihubungkan dengan kondisi suara serak ini terjadi saat kotak suara yang ada pada tenggorokan mengalami peradangan sehingga mengalami disfungsi. Hal ini disebabkan oleh penggunaan suara yang berlebih, sehingga pita suara mengalami infeksi atau iritasi.

Memang, suara serak sering menjadi pertanda utama saat tenggorokan terserang penyakit, seperti peradangan. Suara anda akan mengalami perubahan sesuai dengan kondisi penyakit yan menginfeksi saluran kotak suara pada tenggorokan anda.

Jika suara serak berlanjut hingga beberapa minggu atau terus datang kembali, mungkin ada sesuatu yang lain terjadi. Salah satu kemungkinannya adalah adanya refluks asam lambung. Ketika asam lambung naik ke esophagus, dapat menyebabkan iritasi pada pita suara. Jenis refluks yang paling sering ada hubungannya dengan masalah suara disebut penyakit refluks laryngopharyngeal. Dokter biasanya akan meresepkan antacid atau beberapa jenis obat lain, seperti steroid yang dapat membantu kondisi suara kembali membaik.

Artikel terkait :   Mengobati luka bakar melepuh

Kemungkinan lain adalah adanya infeksi jamur pada tenggorokan, yang biasa disebut dengan sariawan. Ini sering kali muncul pada orang-orang dengan sistem imun rendah, seperti penderita HIV atau kanker. Selain itu, para penderita asthma yang sering menggunakan inhaler kortikosteroid juga rentan sariawan. Ini karena steroid bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh, yang memungkinkan tumbuhnya jamur. Obat anti jamur oral bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, Anda bisa berkonsumtasi dengan dokter spesialis THT (Telinga, hidung, tenggorokan), yang bisa melihat pita suara Anda dengan alat periksa khusus, apakah disebabkan oleh jamur atau asam lambung. Dengan pemeriksaan oleh dokter THT juga akan cepat mendeteksi jika ada sesuatu yang lebih serius, seperti adanya kanker laring, yang biasa ditandai dengan sakit telinga dan sakit tenggorokan.

Obat herbal apa yang dapat meringankan suara serak?

Untuk menyembuhkan suara serak itu sendiri ada banyak cara yang bisa dicoba. Nah, jika anda mengalami suara serak dan ingin mencoba cara menyembuhkan suara serak yang ada disini agar bisa sembuh, berikut cara-caranya yang saya ambil dari banyak sumber agar anda bisa memilih sendiri cara yang baik menurut diri anda sendiri.

Buah Delima. Cara pertama mengatasi suara serak atau hilang, bisa menggunakan buah delima. Caranya ambil buah delima yang masih segar kemudian belah dan ambil isinya. Kunyah buah tersebut dan jangan lupa buang bijinya. Lakukan cara ini 3 kali dalam satu hari sampai anda mengalami kesembuhan.

Jeruk nipis. Cara kedua bisa menggunakan jeruk nipis. Tapi bukan hanya itu, untuk mengatasi suara serak dengan jeruk nipis, anda perllu mencampurnya dengan kecap asin. Untuk lebih lengkapnya, siapkan air dari perasan jeruk nipis satu sendok makan kemudian berikan 2 tetes kecap asin. Minum keduanya setiap hari 3 kali. Seperti diatas, lakukan cara ini sampai suara anda tidak lagi serak.

Artikel terkait :   Mengobati radang tenggorokan pada anak

Air putih. Ketiga bisa juga menggunakan air putih. Untuk mengatasi suara serak yang ini, anda tidak perlu mencampurnya dengan bahan apapun. Jadi cukup memperbanyak minum air putih saja setiap hari itu sudah bisa dikatakan cukup.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi suara serak atau hilang. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan hal penting dibawah ini agar usaha anda dalam mengobati suara serak tidak sia-sia.

Irit Suara. Ketika suara anda serak atau hilang, jangan banyak bicara terlalu banyak. Jadi lebih baik diam untuk mencegah menegangnya pita suara.

Makanan. Makanan disini berarti, memilih makanan yang mudah ditelan ketika mengalami suara serak. Untuk pemilihan, pilih saja bubur atau makanan lunak lain yang mudah ditelan.

Lingkungan. Untuk masalah ini, sebaiknya hindari lingkungan yang dapat memicu alergi. Misalnya saja tempat umum yang banyak mengandung asap ataupun debu. Karena jika hal itu tidak dihindari, bisa jadi suara serak anda justru semakin parah.

Menghirup uap panas. Menghirup uap adri air panas juga bisa sedikit membantu meringankan suara serak anda. Karena dengan menghirup uap dari air panas, dapat mengurangi radang, mengencerkan lendir, dan juga meringankan suara serak.

Dari sekian pilihan obat herbal untuk suara serak yang dapat anda pilih, semua itu adalah bermanfaat untuk meringankan sakit tenggorokan yang mengakibatkan suara serak. Periksakan ke dokter jika suara serak tidak kunjung sembuh agar dapat didiagnosa penyebabnya secara pasti.

@Tips bermanfaat #2016

Leave a Reply