Pelembab wajah untuk kulit berminyak

Selain kulit sensitif, untuk menghindari jerawat perlu cermat memilih produk dan merk kosmetik seperti pelembab wajah untuk kulit berminyak agar kulit dapat terawat dengan baik dan sehat. Kulit sensitif sangat mudah bereaksi dengan kandungan dan bahan dasar yang dipakai dalam proses pembuatan kosmetik. Jika salah memilih dan pemakaian kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda, maka akan membuat kulit memerah dan gatal-gatal. Alih-alih kulit wajah tampil cantik, tetapi malah menimbulkan jerawat serta flek hitam diwajah. Untuk anda yang memiliki kulit berminyak, agar kondisi kulit serta kelembaban dapat terjaga dengan baik walau berada dibawah terik matahari, anda harus memilih jenis pelembab wajah untuk kulit berminyak yang sesuai dengan jenis kulit anda. Bagaimana cara memilih pelembab untuk kulit berminyak?. Mari kita ulas dalam artikel kecantikan berikut.

pelembab-kulit-berminyakApa penyebab kulit wajah berminyak?

Sebenarnya, kulit memproduksi minyak yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya dari luar seperti polusi dan debu yang akan masuk kedalam pori-pori kulit. Selain itu minyak pada kulit sebagai cairan yang mampu menjaga keremajaan kulit dan menjadikan kulit menjadi kenyal. Namun kelebihan minyak pada kulit, wajah khususnya akan menambah masalah baru bagi kita. Apa penyebab wajah kelebihan minyak :

Makanan yang Berlemak – Kita tau bahwa makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik di konsumsi oleh manusia karena akan adanya penimbunan lemak dan menimbulkan penyakit. Masalah minyak berlebih adalah masalah ringan yang di timbulkan akibat mengkonsumsi makanan berlemak lebih. Jika anda sering mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, bersantan dan juga terdapat kandungan minyak maka kulit wajah anda juga akan cenderung lebih berminya. Apalagi jika anda kekurangan asupan nutrisi dan vitamin, ini akan memperbanyak minyak yang keluar di wajah anda.

Penggunaan Kosmetik yang Kurang Tepat – Penggunaan kosmetik yang tidak tepat dapat memicu penyebab kulit wajah berminyak. Sebagian besar cewek menginjak remaja sudah mulai berani memakai peralatan kosmetik untuk menunjang penampilannya. Dan itu tidak di permasalahkan. Tapi ada baiknya bagi remaja untuk tidak memakai alat-alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia. Hal itu dapat memproduksi minyak berlebih, iritasi dan membuat wajah lebih sensitive apabila wajah tidak bisa menerima bahan-bahan kimia tersebut. Zat-zat kimia yang terdapat di dalam kosmetik akan membuat wajah anda menjadi rusak sehingga kulit wajah anda tidak sehat dan produksi minyak menjadi berlebih. Lakukan percobaan pada bagian tangan sebelum memutuskan memakai salah satu merek kosmetik.

Artikel terkait :   Cara memutihkan badan dengan masker beras

Hormon tidak Seimbang – Minyak berlebih pada wajah merupakan salah satu tanda seorang anak sudah mulai memasuki masa puberitas. Seorang remaja harus beradaptasi dengan hal-hal baru yang terjadi pada dirinya. Pada orang dewasa khususnya wanita akan memproduksi banyak minyak saat haid. Maka dari itu kegiatan yang kita lakukan sebaiknya dikontrol dengan baik. Asupan makanan yang seimbang dengan kegiatan yang kita lakukan akan mengurangi jumlah minyak yang keluar dari tubuh kita.

Keturunan – Gen keturunan dapat menjadi faktor utama penyebab kulit berminyak, karena faktor gen merupakan keturunan dari orang tua. Biasanya faktor gen tidak bisa di obati, namun dapat di kurangi. Setiap anak pasti akan memiliki gen keturunan dari orang tua seperti juga masalah wajah berminyak. Jika orang tua memiliki jenis wajah yang berminyak, anaknya juga dapat mempunyai wajah berminyak juga.

Selain gen keturunan, hormon juga dapat menjadi penyebab kulit wajah berminyak. Wajah berminyak yang terjadi karena pengaruh hormon biasanya terjadi saat menginjak masa pubertas atau juga saat masa kehamilan.

Bagaimana memilih pelembab untuk wajah berminyak?

Dalam memilih produk kecantikan, pilihlah pelembab yang cocok untuk Anda. Pelembab adalah produk kecantikan yang esensial dan digunakan setiap hari. Jadi, pilihlah yang cocok untuk jenis kulit berminyak Anda, seperti yang oil-free atau bebas bahan minyak, lalu pilihlah yang berbahan dasar lemon atau jeruk nipis, atau mentimun yang dapat membantu menyegarkan wajah dan mengontrol produksi sebum. Namun jangan menghindari pelembab dengan alasan dapat menimbulkan minyak berlebih, ya. Pelembab tetap dibutuhkan untuk melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari dan paparan lainnya.

Pelembab untuk setiap jenis tentunya sangat berbeda. Pilihlah pelembab dengan berbahan alami karena tentunya akan meiliki efek yang rendah. Selalu pastikan produk yang akan digunakan sudah terdaftar di BPOM atau belum. Banyak sekali wanita yang tergiur dengan hasil cepat tampa memperhatikan bahaya yang akan ditimbulkan.

Artikel terkait :   Cara menghaluskan kulit wajah yang kasar

Saat memilih pelembab kamu harus sangat berhati-hati. Bacalah komposisi yang ada dalam produk tersebut. Adakah zat yang berahaya atau tidak. Karena kulit wajah berbeda dengan kulit tangan ataupun badan. Kulit wajah lebih sensitif dan membutuhkan perawatan yang ekstra.

Jenis pelembab yang sangat cocok digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit berminyak adalah jenis pelembab yang diproduksi dari bahan dasar air. Kulit berminyak dan berjerawat membutuhkan pelembab wajah yang memiliki kandungan bahan pengempes serta pencegah radang jerawat, seperti salicylic acid, tea tree atau zinc alginate. Anda bisa memakai toner yang mengandung alkohol untuk mengatasi kulit wajah berminyak tapi tidak dengan kulit berjerawat.

Kriteria apa pelembab yang cocok untuk kulit berminyak?

Pertama tentunya baca label produk terlebih dahulu. Langkah ini merupakan langkah krusial yang harus dilakukan dalam memilih pelembab yang baik untuk kulit berjerawat. Pilih pelembab yang berlabel bebas minyak dan noncomedogenic atau non-acnegenic. Produk yang noncomedogenic, kecil kemungkinannya untuk menyumbat pori-pori kulit, dan tidak menyebabkan jerawat.

Anda juga harus tahu pelembab yang Anda gunakan apakah mengandung bahan yang bisa membuat kulit mengelupas. Bahan tersebut adalah alpha hydroxy acid, retinol, asam salisilat, atau bahan exfoliating lainnya. Beberapa jenis bahan tersebut, bisa membuat jerawat lebih meningkat, terutama jerawat ringan atau comedonal yang dapat meningkatkan pergantian sel.

Jika Anda menggunakan obat jerawat topikal, bagi beberapa pemakai, pelembab dengan bahan ini akan menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, juga bisa menyebabkan kulit mengelupas. Yang lebih disarankan untuk digunakan adalah pelembab yang tidak mengandung bahan exfoliating.

Ingat, bahwa Anda tidak harus membeli produk mahal untuk mendapatkan pelembab yang baik bagi kulit Anda. Dari keseluruhan produk pelembab yang terpenting adalah dalam pemilihannya. Jika Anda memilih produk yang baik untuk kulit Anda, itu adalah cara yang pintar. Dan tidak boleh dilupakan adalah selalu konsultasi dengan ahli medis yang menangani tentang kulit. Yang terakhir adalah selalu konsumsi makanan sehat, dan hindari makanan yang mengakibatkan kulit wajah Anda berjerawat.

Leave a Reply