Penyakit pada tulang karena konsumsi kopi

Jangan heran jika tulang anda mulai terasa linu dan mengalami pengeroposan. Penelitian menyebutkan penyakit pada tulang karena kopi ditemukan dibeberapa kasus, dengan jumlah penderita yang menyatakan sering mengkonsumsi kopi sebagai kegiatan rutin. Manfaat kopi bagi tubuh memang bisa dirasakan dalam secara instan, dimana kandungan kafein memancing tubuh untuk beraktifitas secara lebih. Hal ini membuat banyak orang konsumsi kopi sebagai pemicu tanpa menyadari beberapa kandungan lain dalam biji kopi memicu penyakit pada tulang serta mempercepat prosesnya. Hal ini menjadi perbincangan dalam beberapa macam diskusi mengenai kesehatan tulang yang mempertanyakan kebenarannya. Apakah anda memiliki kecenderungan meminum kopi secara rutin di pagi dan malam hari?. Apakah benar konsumsi kopi akan mempercepat pengeroposan tulang serta penyakit pada tulang lainnya?. Mari kita simak ulasan berikut.

minum-kopiApa hubungannya pengeroposan tulang dengan rutinitas minum kopi?

Banyak orang mempunyai pandangan yang salah, menganggap osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang perlu diperhatikan dan dipelihara pada usia lanjut. Sesungguhnya puncak kecepatan dan jumlah zat kalsium (Ca) yang tersimpan dalam tulang terjadi pada usia 30-an.

Penyebab timbulnya gejala osteoporosis sangat kompleks, antara lain: gen, kelamin, usia, hormon, cara hidup, makanan-minuman dan unsur lain-lainnya. Sedangkan unsur konsumsi makanan merupakan salah satu penyebab utama, banyak orang yang tidak menyadari telah kehilangan tulang yang sehat.

Menurut laporan dari Departemen Kesehatan Amerika Serikat, setiap tahunnya di AS terdapat 1,5 juta orang yang mengalami patah tulang, yang sebagian besar diakibatkan menderita osteoporosis. Osteoporosis yang lazim disebut tulang keropos, merupakan jenis penyakit yang sering dijumpai pada kelompok manula. Namun saat ini bisa menyerang lapisan usia yang lebih muda, karena pola makan yang tidak sehat.

Artikel terkait :   Penyebab mata ikan di telapak kaki

Oleh sebab itu keseimbangan makanan dan minuman sehari-hari serta membatasi makanan dan minuman yang mungkin merusak kesehatan tulang, baru dapat membuat tulang selalu berada dalam kondisi yang paling prima salah satunya kandungan minuman kopi yang sangat siknifikan memberikan dampak secara langsung terhadap kesehatan tulang.

Kandungan apa yang berbahaya bagi kesehatan tulang ?

Pakar studi tulang Jerri Nieves dari Yayasan Osteoporosis Nasional AS mengatakan: “Mengonsumsi kopi yang berlebihan dapat menurunkan daya penyerapan tulang terhadap kalsium. Setiap hari minum lebih dari 3 gelas kopi mungkin merusak konstruksi tulang. Kafein yang terkandung dalam Coca-Cola juga berakibat sama. Maka kita harus membaca secara teliti komposisi yang tertera dalam bungkusan makanan, kadang obat flu, obat penawar rasa sakit, dan obat anti alergi juga mungkin mengandung unsur kafein.”

Selain itu, sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida, yang menjadikan darah lebih pekat, sehingga mengakibatkan penyempitan lubang pembuluh darah akibat endapan lemak, yang beresiko mengundang serangan jantung dan stroke.

Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. penelitian Sven Cnattingius dari Karolinska Institute, Swedia, mengungkap; wanita yang mengkonsumsi 100 mg kafein/hari akan lebih mudah mengalami keguguran.

Penelitian rumah sakit Christchurch, Selandia baru mengungkap, sebagian besar wanita pecandu kopi akan melahirkan bayi yang sulit bernafas saat dilahirkan. Kafein pada kopi membuat bayi lemah, mudah terserang infeksi, Sehingga meningkatkan resiko kematian dini pada bayi hingga dua kali lipat.

Artikel terkait :   Mengapa sering pusing saat hamil?

Selain itu juga, bagi kaum wanita akan terasa lebih cepat pada tahap menopause dimana proses pengeroposan tulang pada tahap ini menjadi perbincangan yang berhubungan dengan konsumsi kopi. Secara alami memang wanita memiliki resiko terkena keropos tulang 5 kali lebih besar dari pria, tapi minum 2 cangkir kopi sehari saja, akan mengurangi kepadatan
masa tulang secara jelas.

Dari hal tersebut dapat kita pahami dan menjadi pengetahuan yang baik bagi kita untuk menghindari berbagai penyakit tulang yang diakibatkan oleh konsumsi kopi pada masa muda.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply