Penyebab baju putih jadi kuning

Kebiasaan mencuci yang salah menyebabkan warna baju pudar atau menguning. Apa sebenarnya penyebab baju putih jadi kuning setelah beberapa kali dicuci?. Apakah karena faktor air yang dipakai saat mencuci?. Atau karena jenis sabun cuci yang tidak sesuai dengan bahan kain yang dicuci?. Apapun itu, seragam anak sekolah sering menjadi korban karena kebanyakan seragam memang berwarna putih. Kadang kita sebagai orang tua kurang nyaman saat melihat baju seragam anak yang putih tidak lagi berwarna cerah, tapi malah menguning dan terkesan kumuh. Memang ada beberapa ibu yang mengatasinya dengan cairan pemutih, walau untuk efek pemakaian zat pemutih bisa menimbulkan kain menjadi tipis dan mudah robek. Nah, dalam tips bermanfaat berikut kita akan paparkan apa penyebab baju putih seragam menjadi kuning.

Apa keringat yang berlebih bisa menjadi penyebab?

Kelenjar keringat terdiri atas kelenjar apokrin dan merokrin atau ekrin. Kelenjar apokrin melepaskan cairan yang kita sebut keringat melalui folikel rambut di aksila (ketiak), sekitar puting (areola), dan di daerah selangkangan. Cairan dari kelenjar apokrin kental, berawan, dan berpotensi untuk berbau bila bertemu dengan bakteri. Kelenjar merokrin lebih banyak tersebar di seluruh tubuh, menghasilkan keringat yang terdiri atas air (99%), elektrolit (sodium klorida), metabolit, dan bahan sisa. Sodium klorida menyebabkan rasa asin pada keringat.

Warna kuning dapat terjadi akibat keringat yang mengandung berbagai bahan hasil sisa metabolisme yang melekat dalam jangka waktu lama di pakaian. Berolahraga kemungkinan kontaknya lebih sedikit karena akan langsung mengganti pakaian karena sangat berkeringat. Terlebih lagi apabila memakai deodoran. Kombinasi antara bahan kimia yang terkandung dalam deodoran bereaksi atau beroksidasi dengan keringat yang mengandung zat-zat sisa sehingga menimbulkan warna kuning pada pakaian. Hal ini tidak berbahaya. Untuk mencegahnya (kaos, kemeja) menjadi berwarna kuning, maka segeralah cuci pakaian setelah digunakan.

Bagaimana mencegah noda karena keringat?

Coba gunakan deodorant yang memiliki kandungan bebas aluminium. Anda bisa membaca labelnya dan Anda akan menemukan bahwa anti-perspirants memiliki berbagai tingkat senyawa aluminium.

Artikel terkait :   Manfaat belimbing untuk hipertensi

Jadi, pilihlah deodorant dengan konten aluminium terendah yang memberikan perlindungan yang Anda butuhkan. Setelah menggosokkan deodoran pada ketiak, biarkan dulu hingga kering sebelum berpakaian. Fungsinya adalah untuk mencegah gesekan senyawa di kain.

Jika Anda tidak punya waktu untuk menunggu, keringkan saja dengan menggunakan hair dryer. Jika setelah selesai bepergian ternyata pakaian Anda penuh dengan keringat, segeralah mencuci bersih dan keringkan secepat mungkin. Jangan tunggu hari esok. Sebab noda jauh lebih sulit dihapus.

Apa saja penyebab baju putih menjadi kuning?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kain menjadi kekuning-kuningan. Yang paling menyedihkan adalah ketika menyimpan pakaian yang berwarna terang dalam waktu yang cukup lama (beberapa bulan atau tahun) dan ketika akan memakainya ternyata ditemukan noda, goresan atau ada warna kuning pada seluruh permukaaan kain. Menguningnya pakaian yang disimpan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai situasi.

Terlalu Banyak Menggunakan Pemutih
Pemutih pakaian memang efektif memutihkan baju. Akan tetapi, penggunaan pemutih secara berkala dapat menyebabkan pakaian putih menjadi kusam dan menguning. Pemutih merupakan disinfektan yang keras. Kandungan bahan kimia dalam pemutih bisa membuat baju putih jadi menguning.

Penggunaan Deterjen yang Terlalu Banyak
Penggunaan air sadah pada saat mencuci baju akan membuat Ibu menggunakan terlalu banyak deterjen sehingga dapat membuat baju putih menguning. Pasalnya, air sadah merupakan air yang mengandung ion Ca2+ dan Mg2+ yang terbentuk dari karbonat atau sulfat. Air sadah mengakibatkan Ibu tak dapat menghasilkan busa deterjen yang banyak saat mencuci. Deterjen yang berlebih dapat mengendap dan meninggalkan residu di serat pakaian, sehingga dapat merusak warna pakaian, dan membuat pakaian putih berubah menguning.

Tidak Membilas dengan Bersih
Terburu-buru saat mencuci baju juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab baju putih berubah menguning. Residu deterjen yang tertinggal akan membentuk lapisan tipis pada pakaian. Lapisan ini akan berubah menguning seiring bertambahnya waktu.

Artikel terkait :   Cara mengatasi tenggorokan serak

Tempat Menyimpan Pakaian yang Tidak Tepat
Menyimpan pakaian putih pada kotak plastik, kardus, wadah kayu, dan kantung plastik bisa membuat pakaian tersebut menjadi kuning. Kandungan asam dari bahan tempat penyimpanan tersebut rentan memuai dan meresap ke dalam pakaian. Akibatnya, pakaian putih akan berubah menguning.

Apakah aman memutihkan baju dengan lemon?

Buah lemon ternyata dapat menjadi solusi untuk memutihkan kembali baju putih yang sudah kusam. Caranya; iris buah lemon menjadi beberapa bagian, kemudian siapkan air panas, masukkan buah lemon yang sudah diiris tadi ke dalam ember atau bak cucian berisi air panas tadi. Lalu masukkan pakaian berwarna putih, rendam hingga satu sampai dua jam. Kemudian cuci pakaian tersebut seperti biasa menggunakan sabun cuci, kemudian bilas dengan air bersih dan jemur. Jika sudah kering, anda akan melihat baju kusam tadi menjadi putih kembali. Ulangi cara diatas jika hasilnya kurang memuaskan.

Ada juga cara lain, jika pakaian putih anda sangat kusam, maka rebus air secukupnya hingga mendidih, kemudian tuang air ke dalam ember cucian, kemudian masukkan lemon yang sudah diiris, kemudian masukkan baju putih, dan rendam semalaman. Keesokan harinya cuci baju seperti biasa.

Bagaimana memutihkan dengan cuka?

Cuka merupakan bahan untuk memasak atau bahan makanan yang memberikan rasa asam. Akan tetapi cuka juga terbukti ampuh mencerahkan pakaian putih yang kusam. Caranya; campur 100 ml hingga 250 ml cuka ke dalam air yang sudah diberi deterjen atau sabun cuci. Kemudian rendam beberapa menit, lalu cuci seperti biasa, bilas dengan bersih. Dengan menggunakan cuka ini akan memutihkan baju yang kusam, serta membantu agar sisa detergen tidak tertinggal pada pakaian. Memutihkan baju putih dengan cuka juga terbukti dapat melembutkan serat pakaian.