penyebab laptop susah dihidupkan

Apapun merk laptop, pasti pernah ngalami dan tak tahu penyebab laptop susah dihidupkan. Walau tombol power ditekan berkali-kali, tetap saja tidak menyala. Kadang sesekali lampu power menyala sebentar tetapi mati lagi. Ada banyak kasus serupa yang dialami oleh pemilik laptop yang lebih memilih memakai latop daripada pc desktop. Selain memakai laptop lebih leluasa menggunakannya, terutama bagi mahasiswa serta pekerja kantor yang sering membawa pulang kerjaanya kerumah. Memang sering membuat jengkel jika laptop ngadat dan tidak mau nyala. Nah, dalam artikel tips teknologi berikut ini, kami akan mengulas penyebab laptop susah dinyalakan dan bagaimana mengatasinya.

laptop-susah-dihidupkanMengapa keluhan laptop sering dialami?

Setiap orang pastinya menginginkan agar barang yang dimilikinya bertahan lama dan awet. tidak terkecuali barang mahal yang satu ini, laptop merupakan barang berharga dan mempunyai harga yang tinggi. kecanggihan dan praktis untuk di gunakan, membuat semua orang ingin memilikinya. Tatapi di balik kelebuhan inilah banyak berbagai kekurangan yang di miliki laptop.

Sensitif adalah sifat dari barang yang satu ini. menjaganya tidaklah semudah yang kita bayangkan, harus mempunyai ilmu pengetahuan agar barang sensitif ini dapat bertahan hidup dengan lama di tangan anda. dari itu kali ini saya akan menjelaskan apa saja faktor yang dapat menyebabkan hardware atau komponen laptop dapat rusak. cermatilah dan fikirkanlah apakah selama ini anda sudah benar merawat laptop?? atau selama ini anda justru melakukan hal-hal yang seharusnya dilarang.

Lalu apa yang perlu diperhatikan agar laptop awet ?

Pertama, Hindari Pemakaian laptop dengan menaruhnya di alas yang sulit untuk mengalirkan udara masuk. misalnya di atas kasur pada saat anda sedang bermain sambil berbaring, atau di atas karpet kain. hal ini di sebabkan karna laptop membutuhkan sirkulasi udara yang lancar, jika sirkulasi udara terhambat, maka suhu ruangan yang ada pada laptop akan cepat panas dan ini sangat berpengaruh pada kipas pendingin di dalamnya atau Fan.

Biasakanlah bermain di atas meja, lantai, ataupun alas yang dapat menyalurkan udara masuk. Jika anda Menghidupkan laptop lebih dari 3 jam, maka usahakan anda memasang kipas pendingin tambahan, ini jelas sangat membantu agar laptop tidak mudah panas.

Kedua, Hindarilah Bermain laptop pada permukaan yang tidak rata, hal ini dapat menyebabkan seluruh hardware yang bergerak akan mudah rusak. terlebih lagi pada penggunaan laptop di pangkuan kali. ini sangat tidak di anjurkan karna dapat merangsang jaringan pada tubuh kita, dan tidak menuntut kemungkinan jika anda keseringan melakukannya, kemandulan dapat saja terjadi. (menurut ilmu kedokteran yang saya pernah dengar)

Artikel terkait :   Teknik foto dalam air dengan HP

Ketiga, Janganlah membawa laptop dalam keadaan hidup. komponen yang bergerak dapat terguncang dan mengganggu sistem kerja. bermainlah di tempat yang benar-benar anda sukai agar tidak mudah bosan.

Keempat, Hindari Bermain Game sampai kelewat batas, bermain game dengan terus menerus dapat merusak prosesor dan kejernihan layar anda, VGA yang terus digunakan dalam pekerjaan berat, membuatnya menjadi lemah dan jika sampai panas VGA dapat terbakar. bermainlah dengan sewajarnya dan membagi waktu untuk mengistirahatkan laptop anda.

Kelima, Meletakkan laptop di tempat yang panas, pengap dan berdebu, usahakan letakkan laptop di tempat yang terkena angin, hal ini dapat menjaga komponen laptop secara fisik. hindari dari senar matahari. radiasi sinar matahari dapat menyebabkan komponen laptop tidak bertahan lama.

Keenam, Jangan Sampai Laptop terbanting dan mengalami benturan pada benda keras, retak dan juga patah dapat di alami oleh semua komponen komputer, jelas saja jika komponen telah mengalami retak, maka komponen tersebut tidak dapat di gunakan lagi.

Ketujuh, Bingkar pasang Laptop salah satu faktor terpenting yang harus di hindari, komponen laptop yang sering di bongkar pasang akan mudah terkena benda-benda kasar dan tidak menutup kemungkinan komponen dapat calar dan rusak.

Mengapa Charger laptop sering rusak?

Hal ini paling sering terjadi pada semua merk laptop dan apapun tipe nya. Hal ini terjadi karena kesalahan pada saat menggulung kabel. Hindari menggulung kabel secara oval atau lonjong, usahakan menggulung kabel secara melingkar dan jauhi lipatan pada bagian pangkal kabel (dekat charger) karena bagian itu yang sering terjadi kerusakan.

Jika hal tersebut terjadi biasanya laptop tidak akan bisa terisi dengan baik, karena kabel kadang tersambung dan kadang terputus. Hal tersebut masih tidak teralu membahayakan, hanya saja akan mempengaruhi usia laptop. Yang akan lebih parahnya jika kabel yang putus tersebut mengelupas di bagian dalam dan membuat kabel positif dan negatif terhubung secara tidak sengaja. Hal tersebut sangat berbahaya bagi charger laptop kamu, karena jika terjadi hal seperti itu dengan waktu yang lama akan merusak semua komponen yang ada.

Lampu power nyala, tapi layar mati … apa sebabnya?

Ketika Anda mencolokkan adaptor daya DC dan tekan pada tombol power, laptop mulai membuat suara-suara normal, LED bekerja dengan benar, tetapi tidak ada yang muncul di layar. Laptop tidak start dengan benar.

Artikel terkait :   Memilih router wifi yang bagus

Pertama-tama, kita lihat lebih dekat pada layar LCD. Lihat di layar di bawah cahaya terang. Ada kemungkinan bahwa gambar masih di layar tapi sangat samar.

Jika pengamatan menunjukkan tidak ada gambar sama sekali di layar LCD laptop, coba uji laptop dengan menggunakan monitor eksternal. Setelah monitor eksternal terpasang tekan tombol power laptop. Ketika laptop sudah nyala setting ke layar eksternal dengan menekan Fn dan tombol F4 secara bersamaan pada laptop HP, Fn dan tombol F5 pada laptop Toshiba, Fn dan tombol F7 pada laptop IBM. Tergantung permintaan laptop anda. Laptop lain dapat menggunakan kombinasi tombol yang berbeda.

Katakanlah monitor eksternal bekerja dengan baik tetapi layar LCD internal tidak ada tampilan sama sekali. Jika itu yang terjadi, masalah Anda bisa berhubungan dengan layar LCD atau kabel video. Juga, pastikan kabel video membuat hubungan baik dengan motherboard dan layar LCD. Coba buka laptop dan perbaiki kedudukan kabel lalu tes lagi.

Jika kedua monitor tidak ada tampilan, berarti masalah tidak terkait dengan layar LCD atau kabel video. Dari pengalaman saya, masalah ini biasanya terkait dengan memori laptop.

Coba buka dan pasang kembali modul memori, mungkin tidak terpasang baik pada slot memori. Cobalah membersihkan kontak pada modul memori dengan penghapus pensil. Coba pindahkan modul memori ke slot yang lain. Cobalah mengganti modul memori dengan modul lain yang masih baik, mungkin modul asli sudah rusak.

Jika Anda memiliki dua modul memori terinstal, anda dapat mencoba melepas satu per satu lalu tes lagi, mungkin salah satu modul rusak. Coba pasang modul memori yang berbeda ke dalam slot memori yang berbeda. Jika tes memori ini tidak juga berhasil, maka sekarang kita pindah lokasi sebab ternyata ada kerusakan lain.

Juga, cobalah menyalakan laptop dengan monitor eksternal ketika kabel video internal dicabut dari motherboard. Jika laptop start dengan monitor eksternal, tampaknya ada sesuatu yang salah dengan panel layar laptop.

Jika melepas hard drive dan DVD drive, mencabut kabel video tidak membantu, lanjutkan dengan melepas kartu wireless, modem, keyboard. Jika sampai disini laptop masih bermasalah, sekarang keluarkan mainboard dari tempatnya dan tes dalam keadaan minim komponen. Gunakan monitor ekxternal.

Lakukan tes seperti gambar di atas. Jika kipas pendingin jalan tetapi tetap tidak ada tampilan, chip vga rusak atau mainboard rusak. Lanjutkan dengan mengganti chip vga.