Penyebab mata ikan di telapak kaki

Mata ikan atau mata ikan, memang membuat risi. Apa sebenarnya penyebab mata ikan di telapak kaki atau tangan bisa muncul?. Apakah karena kurang menjaga kebersihan tangan dan kaki?. Atau karena jenis makananan yang kurnag sehat?. Bagaimana mengatasi atau mengobati mata kaki?. Dari sekian banyak yang pernah mengalami munculnya mata ikan dikaki atau tangan, sering hanya digaruk-garuk hingga malah menimbulkan infeksi yang lebih parah. Memang untuk beberapa saran menyatakan untuk menangani mata ikan dengan cara tradisional atau juga ada yang membeli obat di apotik yang cukup efektif. Tapi apakah akan muncul lagi jika kita tidak mencegahnya?. Apa sebenarnya yang memicu timbulnya mata ikan agar kita tidak mengalaminya?. Mari kita simak dalam artikel berikut ini.

mata-ikan-di-kakiMemiliki mata ikan juga ternyata bukan hanya perkara malu. Tapi juga bisa cukup menyakitkan. Terutama jika mata ikan muncul pada daerah-daerah tertentu yang rawan tertekan. Misalnya saja, jenis mata ikan kelamin yang dapat muncul di daerah sekitar anus, pangkal paha, atau alat kelamin. Atau, mata ikan plantar yang terletak di daerah telapak kaki. Selain mata ikan plantar dan mata ikan kelamin, jenis mata ikan lainnya adalah mata ikan periungual, mata ikan filiform, mata ikan umum yang biasanya muncul di jari-jari, dan mata ikan datar.

Apakah mata ikan itu menular?

mata ikan (veruka) atau istilah medisnya Papilloma yaitu sejenis tumor kecil yang terinfeksi oleh Human Papilloma Virus (HPV) di bagian lapisan atas kulit atau selaput lender. Jenis virus ini terdapat lebih dari 1000 tipe virus dan paling umum cenderung menyebabkan mata ikan pada bagian kulit seperti jari-jari dan tangan. Pertumbuhan mata ikan dapat tumbuh dan berkembang di semua bagian tubuh utamanya bagian dalam mulut, alat kelamin, dan daerah anus baik yang berukuran kecil hingga terjadi pembesaran ukuran yang mengindikasikan semakin parah.

Penularan mata ikan cukup mengkhawatirkan karena penyebarannya dapat berasal dari orang ke orang lain melalui kontak mulut, melalui hubungan intim, melalui benda yang dipakai penderita mata ikan. Ciri-ciri mata ikan yang biasanya timbul, tampak berwarna seperti kulit dan bertekstur kasar, kadang pula halus, rata, dan berwarna gelap.

Apa gejala yang muncul saat mata ikan mulai tumbuh?

Gejala-gejala yang akan timbul saat terkenal mata ikan pada kulit dapat dideteksi seperti terdapat bintik kecil pada bagian tubuh yang keras dan berakar dan secara periodik akan membesar jika tanpa pengobatan. Gejala lain yang muncul adalah terasa nyeri jika tumbuh membesar serta dapat mengeluarkan darah meskipun tidak terasa sakit jika disentuh. Lalu, dampak lain terasa sakit karena dalam lapisan kulit mengandung bakteri, jamur, dan berbagai kuman.

mata ikan memiliki bentuk yang berbeda beda, baik ukuran kecil maupun besar. Bentuk mata ikan saat semakin membesar akan membentuk seperti bunga kol dan akan menimbulkan rasa nyeri sehingga mengiritasi urat saraf. Sedangkan pada ukuran kecil tidak menyebabkan rasa sakit atau nyeri. Pertumbuhan mata ikan di semua bagian tubuh, tumbuh secara terpisah dan secara berkelompok (mata ikan mosaik).

Artikel terkait :   Kenali gejala diabetes dan mencegahnya

Bagaimana menghilangkan mata ikan secara manual dirumah yang aman?

Umumnya mata ikan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun. Namun terkadang, seseorang dapat merasa terganggu dengan kemunculannya, dan memutuskan mencari cara untuk menyingkirkan mata ikan tersebut. Jika Anda termasuk yang terganggu dengan adanya mata ikan, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan mata ikan yang bisa Anda coba.

Kompres atau memakai tempelan yang mengandung asam salisilat
Sebelum menggunakan perawatan ini, rendam mata ikan di dalam air selama setidaknya 15 menit. Kemudian barulah menggunakan tempelan tersebut. Lakukan teknik ini setiap hari, selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya.

Teknik pembekuan
Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang cukup cepat, Anda bisa menggunakan cara ini. Semprotkan konsentrat udara dingin tepat pada bagian mata ikan Anda. Meski pengobatan ini dipercaya dapat menghilangkan mata ikan dengan cepat, tapi bukan berarti teknik ini cukup ampuh dalam menghilangkan semua jenis mata ikan.

Lakban
Mungkin Anda sedikit kaget membacanya. Namun, lakban juga termasuk cara yang dipercaya dapat menghilangkan mata ikan. Caranya adalah dengan menempelkan sebagian kecil lakban tebal pada bagian mata ikan. Kemudian rendam mata ikan, setelah sebelumnya membiarkan lakban tertempel di bagian mata ikan dalam beberapa hari. Setelah direndam, gosok perlahan mata ikan Anda. Cara ini dapat dilakukan beberapa kali hingga akhirnya mata ikan menghilang dari kulit Anda.

Selain beragam cara menghilangkan mata ikan di atas, Anda juga bisa menggunakan obat penghilang mata ikan yang dijual bebas di apotek. Meski demikian, bagi Anda yang memiliki kondisi penyakit tertentu. Misalnya saja Anda menderita diabetes, sebaiknya hindari mengobati mata ikan sendiri.

Jika sembarangan melakukan beberapa perawatan penghilang mata ikan, penderita diabetes dapat mengalami mati rasa atau kebas pada bagian kaki. Hal ini artinya sama saja Anda melukai diri sendiri. Jadi berhati-hatilah. Begitu pula jika mata ikan timbul di bagian yang cukup sensitif atau bahkan wajah, janganlah coba-coba menghilang mata ikan sendiri.

Perlu Anda ingat juga, mata ikan dapat menular dari satu orang ke yang lainnya. Jadi hindari menyentuh tubuh Anda dengan menggunakan jari yang sudah menyentuh mata ikan. Hindari juga berbagi peralatan pribadi seperti pisau cukur atau handuk. Karena dengan cara seperti ini, virus HPV pada mata ikan dapat menyebar atau menular.

Bahan alami untuk menghilangkan mata ikan

Untuk mata ikan dengan jenis yang biasa dan tidak ganas, anda bisa mencoba resep-resep berikut untuk menyembuhkannya. Resep yang bisa anda gunakan antara lain:

Getah Pohon Awar-Awar
Formula ini saya ambil dari pengalaman pribadi. Dan merupakan cara paling cepat dalam menghilangkan mata ikan, menurut saya. Ceritanya dulu bagian tangan saya ada yang ditumbuhi mata ikan. Awalnya dibiarkan saja, tapi ternyata mata ikan tersebut mulai menyebar ke bagian tangan lain hingga terdapat hingga 5 buah ditangan kanan dan kiri. Karena mulai khawatir akhirnya saya cari info untuk mengobatinya.

Artikel terkait :   Apa penyebab perut buncit?

Cara pengobatan: Ambil getah pohon Awar-Awar (Kiciat) dengan mematahkan batang muda atau batang daunnya. Getahnya yang berwarna putih tersebut oleskan pada permukaan mata ikan sambil ditekan-tekan kasar agar meresap. Setelah itu biarkan saja. Lakukan sehari dua kali pagi dan sore. Hari kedua biasanya mata ikan sudah kering dan hari ketiga, kempis tak tersisa.

Getah pepaya
Selain getah pohon awar-awar, getah pepaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan mata ikan. Hal tersebut sudah pernah saya bahas dalam artikel Manfaat Buah Pepaya. Getah pepaya bisa diambil dari bagian pohon atau buahnya yang masih muda.

Langkah-langkah: Ambil getah yang sudah anda ambil dari pohon atau buah pepaya. Oleskan merata pada bagian kulit yang ditumbuhi mata ikan. Ulangi secara rutin agar mata ikan bisa hilang sepenuhnya dari permukaan kulit.

Bawang putih
Bawang putih merupakan bumbu dapur yang kaya akan manfaat. Saya pernah menuliskannya dalam artikel Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan.Namun siapa sangka, bumbu dapur dengan aroma khas ini bisa juga dijadikan sebagai obat mata ikan tradisional. Simak langkah-langkah pengobatan mata ikan dengan bawang putih di bawah ini.

Cara pengobatan: Ambil satu siung bawang putih, tumbuk hingga halus. Oleskan pada permukaan kulit yang ditumbuhi mata ikan. Balut bagian kulit yang sudah dilumuri bawang putih. Ulangi secara rutin sampai mata ikan hilang dari permukaan kulit.

Lalu, apa penyebab munculnya mata ikan?

Mata ikan disebabkan karena adanya infeksi dari Human Papilloma Virus (HPV) yang terdiri dari 1000 lebih jenis virus. Virus tersebut merupakan virus yang menjadi penyebab kanker serviks (leher rahim) pada wanita, namun tidak termasuk kategori kanker. Virus tersebut menyebabkan timbulnya keratin yaitu semacam protein keras pada lapisan epidermis (lapisan atas kulit) yang pertumbuhannya sangat cepat. Sebab lain adalah berasal dari kontak langsung dengan penderita mata ikan melalui fisik atau benda-benda yang digunakan penderita.

Bagi para penderita mata ikan baik yang masih terlihat kecil maupun menjadi semakin membesar tetap perlu menghindari faktor pemicu adanya virus atau munculnya mata ikan di bagian tubuh. Bagi anda yang sering saling kontak dengan orang lain dengan tidak memakai pakaian yang sudah digunakan orang lain sebab pakaian tersebut adalah sumber penyebaran virus HPV.

Kemudian tidak sembarangan mandi di WC Umum atau sungai, tidak sembarangan menggunakan sabun mandi, dan utamanya memperhatikan perawatan yang berbahan alami. mata ikan juga tumbuh pada area kelamin, maka sangat dianjurkan untuk menghindari hubungan intim (seks bebas).

Hal yang paling utama selain pantangan diatas adalah dengan memperhatikan lingkungan yang sehat dan bersih, dengan kata lain mengupayakan tidak timbulnya virus HPV sebagai penyebab penyakit mata ikan. Selain itu, karena mata ikan menimbulkan gatal maka dianjurkan tidak menggaruknya agar tidak terjadi peradangan dan penularan.

Leave a Reply