Penyebab sinyal wifi sering hilang

Sering putus nyambung sinyal hp membuat kita memutuskan untuk pindah ke wifi. Tapi wifi tidak terdeteksi. Apa penyebab sinyal wifi sering hilang atau lemah hingga susah untuk terkoneksi lagi?. Apa karena terlalu banyak gangguan yang ada sehingga sinyal tidak terdeteksi oleh hp atau laptop?. Bagaimana mengatasi masalah koneksi wifi yang lemah?. Segala cara sudah dilakukan, termasuk membersihkan cache memori yang penuh, juga termasuk menghapus aplikasi tidak perlu yang sering membebani sistem pada saat hp dinyalakan, tetapi tidak berpengaruh. Apakah hal ini disebabkan karena perangkat sudah mulai memberikan sinyal kalau sudah layak diganti?. Bagaimana memastikan semua itu karena pengaruh perangkat keras yang harus diservis?. Mari kita ulas dalam artikel berikut untuk mencari penyebab sinyal wifi sering hilang di hp android atau laptop.

Mengapa memilih koneksi wifi daripada jaringan data seluler?

Keberadaan Android tidak akan pernah lepas dengan yang namanya internet, karena dengan adanya internet yang terhubung pada Android maka Android dapat memberikan fungsinya secara maksimal. Hampir semua fitur yang terdapat didalam Android membutuhkan koneksi internet, dan internet yang cepat akan semakin membuat aplikasi berjalan dengan lancar, seperti bermain game, mengirim pesan melalui BBM, LINE, dll.

Namun tidak semua internet yang berasal dari data paket internet memberikan kecepatan yang optimal bahkan terkadang loadingnya lama dan lelet, alhasil banyak pengguna Android yang menyukai untuk menggunakan Wi-Fi yang terdapat didaerahnya baik itu di rumah, warung kopi, kantor, dll. Fitur Wi-Fi sendiri sudah tersedia didalam menu Android sehingga pengguna dapat menggunakan Wi-FI untuk koneksi internet jika didaerah sekitarnya terdapat jaringan Wi-Fi.

Jaringan wifi dipilih karena lebih efektif dan lebih cepat. Wi-Fi dapat ditemukan hampir di mana-mana, tidak hanya di rumah namun juga diluar seperti kafe, pusat perbelanjaan, kantor dan bahkan lembaga pendidikan. Android smartphone sudah dilengkapi dengan Wi-Fi sejak awal peluncurannya.

Hanya saja ketika mengakses internet dengan menggunakan koneksi Wi-Fi pada Android juga terkadang terjadi masalah internet lemot dan lelet, namun hal ini dapat diatasi dengan cara meningkatkan sinyal Wi-Fi yang terdapat pada handphone Android.

Apa saja kemungkinan penyebab sinyal wifi sering disconnect?

Bila menemukan smartphone terkadang suka sambung putus, icon WIFI di smartphone muncul dan hilang. Dan koneksi internet putus nyambung, atau ketika layar smartphone menyala maka koneksi icon WIFI kembali muncul dan koneksi berjalan biasa. Ketika smartphone di diamkan, internet mendadak mati dan icon WIFI baru aktif kembali ketika layar smartphone dibuka.

Kejadian seperti ini hanya beberapa saat setelah smartphone aktif, smartphone mendadak tidak bisa menerima pesan chatting. Penyebabnya hardware WIFI di off untuk menghemat baterai, tetapi pengunanya tidak mengetahui bahwa hardware WIFI ikut di atur oleh management power saving dari smartphone. Bisa jadi masalahnya di setting Power Management, karena secara aktif mematikan WIFI ketika layar smartphone OFF dan dianggap smartphone dalam kondisi idle.

Artikel terkait :   Simpati loop tidak bisa internet?

Apalah sleep policy jadi sebab utama ?

Untuk mencoba mencari solusi karena WIFI mendadak mati. Matikan sistem Power saving di smartphone. Bila powersaving sudah dimatikan dan smartphone/tablet bekerja normal. Belum tentu WIFI akan akan terus aktif. Ingat di perangkat Android untuk hardware dapat diaktifkan dan di nonaktifkan pada 2 setting berbeda.

Kemungkinan masalah di Sleep Policy dari smartphone yang telah di rubah oleh aplikasi tertentu atau oleh pemiliknya sendiri. Setting ini agak tersembunyi, mungkin saja pemilik smartphone tidak mengetahui setting Default WIFI Sleep Policy tersebut.

Memperbaikinya bisa dirubah sendiri, hanya setting ini agak tersembunyi agar hardware WIFI tidak ikut di Off ketika Powersaving aktif. Khususnya mereka yang mengunakan aplikasi baterai power saving atau pernah mengunakan aplikasi Battery Saver smartphone akan mengalami hal ini. Walau aplikasi sudah di un-install, setting yang dirubah masih memiliki status yang sama seperti setting dari aplikasi sebelumnya.

Berhubungan dengan sleep policy, tentukan kebutuhan anda untuk setting tersebut. Apakah WIFI perlu terus On, atau Off untuk default dan baru aktif bila layar smartphone aktif. Informasi diatas hanya salah satu pemecahan masalah di perangkat untuk perangkat Android.

Bagaimana memperkuat sinyal wifi dengan aplikasi android?

Cara yang paling mudah dan user-friendly adalah dengan menggunakan aplikasi. Ada lusinan aplikasi yang tersedia di Google Play Store untuk men-tweak dan meningkatkan sinyal Wi-Fi, tapi satu yang di bagian atas daftar adalah Wi-Fi Booster & Analyzer by tot Mobile.

Aplikasi ini sudah terbukti diri layak untuk setiap pengguna Android yang mencari tempat untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi. Sejak saat peluncurannya, aplikasi telah berubah dan meningkat secara dramatis yang menawarkan fungsi yang relevan untuk membantu para penggunanya. Bukan hanya menawarkan untuk menganalisa sinyal Wi-Fi secara rinci, tetapi juga menyediakan opsi untuk meningkatkan itu.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini pada handphne Android kalian maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mendownload aplikasi Wi-fi Booster & Analyzer pada Google Play Store kemudian install aplikasi tersebut pada Android kalian. Setelah itu buka dan mulailah untuk menjaankan aplikasi ini.

Untuk pertama kali akan membutuhkan waktu yang sedikit lama karena aplikasi ini akan mengumpulkan semua data dan tampilan dari aplikasi ini berupa grafik. Grafik yang pertama muncul pada layar adalah kekuatan sinyal dan interval waktu yang merupakan asisten analisis kalian. Dalam artian grafik ini menunjukan kapan dan dimana kalian dapat menggunakan Wi-Fi dengan hasil yang maksimal. Kemudian dibawah grafik kalian dapat melihat berbagai informasi mengenai Wi-FiSSID, alamat IP dari Wi-Fi tersebut, serta alamat MAC.

Artikel terkait :   Cara menjual hp bekas cepat laku

Selanjutnya kalian bisa memberikan boost pada handphone Android kalian dengan pilihan yang terdapat pada aplikasi ini tentunya apabila kalian sudah selesai menganalisis Wi-Fi. Ada dua pilihan yaitu Automatic Improvement dan Manual Boost. Pada pilihan Automatic Improvement memiliki fungsi untuk memasukkan tweak ke handphone kalian, sedangkan Manual Boost fungsinya memberikan cara untuk memindahkan handphone ke pilihan Wi-Fi yang lebih baik dengan menggunakan Analyzer dalam artian meningkatkan koneksi internet ke Wi-Fi yang terbaik. Untuk mematikan dan mngaktifkan koneksi Wifi pada aplikasi ini kalian dapat melihat fitur yang bernama Connect Wi-Fi dan Disconnect Wi-Fi.

Apa perlu untuk menambah perangkat penguat sinyal wifi untuk pemakaian di rumah?

Memang dengan menambahkan alat penguat sinyal wifi, sinyal jadi stabil. Bebas dari sinyal yang naik turun. Mungil, praktis, tidak ribet, tinggal colok. Menambah daya jangkauan wifi. Main game online atau facebookan tidak akan putus-putus lagi koneksinya.

Alat penguat sinyal wifi ini berfungsi memperpanjang sinyal wifi Anda sehingga anda yang jauh di ujung ruangan tetap mendapat sinyal meskipun sudah out of range dari access point.

Apa fungsi alat penguat sinyal wifi?

Anda dapat mengganti fungsi penguat sinyal wifi ini sebagai access point atau router. Jadi seandainya router yang Anda miliki bermasalah, tidak harus beli baru. Gunakan saja penguat sinyal wifi ini dan Anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih lagi.

Perangkat ini mempunyai bentuk yang mungil dan mudah dibawa. Sehingga dapat digunakan dimana saja Anda ketika membutuhkan sinyal wifi. Tinggal cari jaringan wifi kemudian colokkan alat ini dan Anda mendapat tambahan daya jangkauan wifi.

Untuk penggunaannya juga sederhana. Tahapan yang harus dilakukan secara singkat adalah sebagai berikut :
1. Masukan perangkat ke jaringan listrik
2. Sambungkan ssid penguat sinyal wifi tersebut ke laptop
3. Setelah tersambung, buka browser dan ketik alamat IP yang disebutkan di manual book.
4. Kemudian login dengan user dan password “admin”
5. Setelah ditemukan ssid di area sekitar kemudian pilih salah satu yang hendak ditambah jarak jangkaunya.
Untuk detailnya dapat dibaca pada manual book yang disertakan.

Leave a Reply