Perlunya menjaga kesehatan kulit wajah

Perlunya menjaga kesekatan kulit untuk mencegah timbulnya jerawat serta kerutan sebagai dampak penuaan dini. Khususnya flek hitam bekas jerawat memerlukan perhatian khusus agar tidak menimbulkan bekas hitam yang permanen. Kulit wajah menjadi bagian yang terbuka dan selalu berinteraksi dengan kondisi sekitar kita, terpapar sinar matahari hingga terkena debu yang berdampak berbagai keluhan masalah kulit wajah, hal inilah yang perlu kita pahami untuk menjaganya tetap sehat terawat secara baik. Belum lagi usia memiliki pengaruh untuk proses peremajaan kulit yang berlangsung setiap saat. Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang paling penting untuk menunjang penampilan seseorang. Begitu pentingnya bagian tubuh yang satu ini membuat banyak orang yang melakukan segala cara untuk menjaga kesehatannya. Oleh karena itu, perlu anda pahami pentingnya memelihara kesehatan kulit wajah anda agar dapat terawat dengan baik.

kesehatan-kulit-wajahKulit wajah sangatlah perlu perhatian yang lebih dan tentunya juga harus mengetahui dengan baik cara merawat kulit, kulit rentan sekali terkena penyakit-penyakit yang beterbaran. Karena kulit berada di luar atau sebagai pelindung dari organ tubuh yang lainnya, maka sangatlah sering terjadi masalah pada kulit. Pahami karakter kulit wajah anda dengan baik, terutama kondisi kulit wajah yang cukup sensitif dengan beberapa jenis bahan perawatan wajah.

Sebenarnya cara merawat kuliat wajah tidak susah, hanya tergantung bagaimana cara kita memahami karakter kulit wajah kita sebelum merawatnya dan membersihkannya. Semua bisa dilakukan dengan mudah jika anda telah mengetahui jenis kulit dan produk kecantikan yang cocok, sesuaikan dengan karakter kulit wajah kita. Sehingga kulit wajah akan mendapatkan perawatan yang tepat dan terbebas dari komedo dan jerawat yang mengganggu.

Maka perawatan yang menggunakan bahan-bahan alami tak jarang menjadi pilihan utama. Hasilnya pun kebanyak lebih memuaskan dari pada perawatan dengan bahan kimia. Selain itu kulit wajah akan terbebas dari efek samping yang dapat merusak kulit. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai cara merawat wajah secara alami, putih dan bebas jerawat.

Artikel terkait :   Manfaat garam untuk kecantikan

Beberapa hal yang perlu anda pahami sebelum melakukan perawatan kulit wajah adalah sebagai berikut :

  1. Sebelum menyentuh daerah wajah, sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu dengan air bersih agar terbebas dari kuman dan bakteri.
  2. Sebaiknya biasakanlah untuk membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan jenis kulit sahabat, setiap pagi dan malam, atau setiap kali keluar dari rumah.
  3. Rajinlah mencuci muka setiap kulit wajah terasa kering atau saat pulang dari bepergian.
  4. Selalu pakai pelembab wajah setiap akan beraktifitas diluar rumah, agat kulit wajah tetap terjaga dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan flek hitam.
  5. Sebaiknya luangkanlah waktu sekitar 2-3 menit setiap malam, untuk memijat kulit wajah setiap sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan agar mengilangkan letih pada wajah dan memberikan warna kulit agar tetap sehat dan cerah.
  6. Biasakanlah menggunakan masker wajah minimal 2 kali dalam 1 minggu, agar kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat dan wajah akan menjadi lebih bersih dan segar.
  7. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas perhari agar kulit wajah tetap terlihat cerah dan segar.
  8. Minumlah Vitamin E setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.
  9. Olahraga secara teratur, agar kulit tetap kencang dan tubuh pun akan terbebas dari berbagai penyakit.

Setelah anda mengetahui cara merawat kulit wajah dengan benar diatas, sebaiknya anda juga dapat mencoba cara merawat secara alami berikut ini :

1. Merawat kulit wajah – Bengkoang
Bengkoang memiliki kandungan rotenon, pachyrhizon, Vitamin C dan B1 yang dapat bermanfaat untuk memutihkan wajah dan menghilangkan noda hitam yang disebabkan oleh jerawat. Anda dapat mencobanya denga cara mengupas dan mencuci bengkoang dengan bersih, kemudian parut hingga lembut. Setelah itu peras air bengkoang dengan saringan dan letakkan dalam wadah, diamkan selama setengah jam. Buang air tersebut dan pakailah sari bengkoang atau endapan bengkoang secara merata ke wajah anda dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan diikuti dengan air dingin.

Artikel terkait :   Memutihkan kulit wajah dengan masker kopi

2. Merawat kulit wajah – Jeruk Nipis
Jeruk nipis mempunyai kandungan Vitamin C dan zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Anda dapat mencoba menggunakan jeruk nipis dengan cara membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, setelah itu peras dan ambil airnya, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10 – 20 menit, kemudian cucilah wajah dengan air hangat, dan lanjutkan membasuh wajah dengan air dingin.

3. Merawat kulit wajah – Apel
Apel mempunyai kandungan zat lastin dan kolagen yang dapat mengurangi minyak pada kulit wajah. Anda dapat mencobanya dengan cara membuat masker apel seperti berikut ini, kupaslah buah apel dan haluskan dengan menggunakan blender tanpa dicampur dengan air. Setelah itu oleskan masker apel ke seluruh wajah secara merata dan biarkan selama 20-30 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan dilanjut dengan air dingin agar pori-pori kulit mengecil.

4. Merawat kulit wajah – Tomat
Tomat mempunyai zat anti oksidan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, mengurangi komedo dan mencerahkan wana kulit wajah. Anda dapat mencobanya denga cara menghaluskan 1 buah tomat, kemudian campurkan dengan 1 sendok madu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah dengan air hangat.

5. Merawat kulit wajah – Alpukat
Alpukat mempunyai kandungan Vitamin C dan E yang dapat menjaga kelembapan dan memberi asupan nutrisi serta menghaluskan kulit wajah. Anda dapat mencoba membuat masker alpukat dengan cara menghaluskan daging buah dan dihaluskan dengan sendok atau blender. Kemudian oleskan pada bagian wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.

Demikian cara merawat wajah secara alami, putih, bersih dan bebas jerawat kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan dapat membantu mencerahkan kulit wajah anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply